Mengenal Teknologi IPS LCD Screen

Melihat pasar smartphone (ponsel pintar) yang sangat ramai diminati belakangan ini, semakin banyak produsen yang berlomba-lomba menciptakan smartphone dengan spesifikasi terbaik agar mampu bersaing baik dari luar maupun dalam negeri. Tapi terkadang, kita seringkali tidak mengerti spesifikasi yang ditawarkan karena bahasa yang berbau teknologi tersebut terdengar asing.

Contohnya adalah teknologi IPS LCD Screen pada smartphone, yang juga terdapat di salah satu smartphone terbaru dari EVERCOSS (baca: everkos), Winner Y2+ Power. Mungkin beberapa dari EVers masih asing dengan fitur tersebut. Terkadang kita berujung hanya akan memilih berdasarkan harga dan tampilan fisik smartphone saja, padahal sebenarnya banyak keuntungan yang bisa didapat dengan harga yang lebih murah lho, pernah ga sih kamu ngalamin yang seperti ini?

Nah, untuk menghindari kejadian seperti itu, kali ini EVERCOSS mau membahas tentang apa itu teknologi IPS LCD Screen. Yuk EVers, kita simak sama-sama.

Baca juga: Spesifikasi EVERCOSS Winner Y2+ Power dan Winner Y2 Power

Definisi IPS LCD Screen

IPS LCD Screen atau yang merupakan singkatan dari istilah berbahasa Inggris In-plane Switching Liquid Crystal Display Screen adalah sebuah teknologi pada layar yang mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik dengan resolusi tinggi, warna lebih akurat, dan memungkinkan layar untuk dapat dilihat dari berbagai sudut yang lebih luas. Wah, dengan layar ini EVers bisa mengintip atau nonton diam-diam dari sudut lain lho! IPS LCD Screen biasanya ditemukan di smartphone dan perangkat portabel lainnya.

Kelebihan IPS LCD Screen

IPS LCD Screen

Kelebihan pertama pada IPS seperti yang telah disebutkan diatas, yaitu teknologi ini memberikan sudut pandang yang lebih luas. Apabila pada teknologi layar lain kualitasnya menurun jika dilihat dari sudut pandang lain, maka tidak berlaku pada layar IPS, grafis yang diberikan akan tetap terlihat baik dari berbagai sudut bahkan hingga 178 derajat. Kelebihan berikutnya IPS yaitu merupakan layar yang tahan terhadap benturan. Layar IPS juga memberikan grafis yang baik dan cocok untuk fotografi, desain grafis, video, dan lainnya karena teknologi ini dianggap terbaik dalam tingkat akurasi warna, kualitas gambar dan sudut pandangnya.

Kekurangan IPS LCD Screen

Kekurangan yang pertama pada layar IPS yaitu harganya yang cukup mahal. Seperti banyak orang biasa berkata “ada harga ada barang”, jadi wajar kan ya dengan kualitas lebih yang diberikan? IPS juga memerlukan penggunaan daya yang terbilang cukup besar. Selanjutnya, layar IPS ini juga memiliki tingkat kecerahan yang kurang sempurna karena saat digunakan dengan kecepatan tinggi, terkadang bisa meninggalkan jejak.

Perbandingan IPS LCD Screen dengan TFT dan AMOLED Screen

mengenal-teknologi-ips-lcd-screen-2

TFT atau singkatan dari Thin Film Transistor juga memberikan tampilan layar yang tergolong jernih dan tajam seperti IPS. TFT juga mampu menerima sentuhan yang sangat cepat. Yang membedakan yaitu karena tingkat produksi TFT yang tinggi membuat teknologi ini mempunyai harga yang lebih murah dari IPS. Namun, IPS tetap unggul dari TFT dalam hal tampilan layar dari berbagai sudut penglihatan.

Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) pun tak kalah dengan memberikan ketajaman yang tinggi pada layarnya. Tingkat kecerahan dan kejernihan layar tersebut bahkan dipercaya tetap terlihat jelas walaupun berada di bawah sinar matahari langsung. Layar AMOLED juga memiliki kelebihan dalam penggunaan dayanya yang lebih hemat. Dalam hal ini, IPS tetap memiliki keunggulan dalam hal kualitas berbagai sudut penglihatan dan juga penawaran harga yang masih lebih rendah jika dibandingkan dengan AMOLED.

Baca juga: Review EVERCOSS Winner Y2+ Power Smartphone dengan Big Capacity Battery

Share This:

1 Comment

  1. biaya ganti ic power A76 berapa kira2 ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2021 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑