Bermain game merupakan hal yang menyenangkan. Sebagian besar orang memainkan game untuk melepas kepenatan. Tapi siapa sangka kalau ada beberapa game yang dibuat tidak sekedar sebagai hiburan, tetapi juga untuk menguji kemampuan otak kita dalam berpikir.

Beberapa game puzzle berikut ini contohnya. Kemampuan berpikir EVers benar-benar akan diuji, dikarenakan untuk menyelesaikan game-game berikut diperlukan strategi-strategi dan kemampuan berpikir otak yang cukup tinggi. Yuk, kita coba game-game berikut satu per satu!

Baca juga: 10 Game Android Buatan Indonesia yang Wajib Kamu Download

1. Cut the Rope

Game Puzzle Android

Game satu ini sangat populer hingga telah muncul dalam beberapa sekuel. Cara memainkannya cukup sederhana. Yang EVers perlu lakukan adalah memastikan permen yang terikat pada tali (rope) bisa jatuh tepat pada monster hijau kecil yang sudah menunggu untuk memakan permen tersebut.

Untuk membuat permen bisa bergerak, EVers harus memotong tali tersebut. Tentu diperlukan strategi karena akan ada beberapa rintangan dan juga posisi-posisi yang menjebak. Jadi pastikan EVers memotong tali pada titik yang tepat.

Cut the Rope tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh di sini.

2. Where’s My Water?

Game Puzzle Android

Muncul hingga sekuel ke-2 membuktikan bahwa game ini memang cukup populer. Game produksi Disney ini memiliki karakter buaya yang memerlukan bantuan kita karena ia tengah kehabisan air untuk mandi.

EVers akan menemukan bahwa air tersebut sebenarnya berada di bagian lain namun terhambat oleh lapisan tanah. EVers perlu mengeruk bagian tanah tertentu agar air dapat mengalir memasuki pipa sehingga sang buaya bisa melanjutkan mandinya. Tapi EVers juga harus berhati-hati karena selain akan terdapat banyak rintangan, tidak semua air bisa digunakan untuk mandi. Jika air tersebut terkontaminasi racun dan berubah menjadi hijau, maka air tersebut tidak bisa lagi digunakan untuk mandi.

Where’s My Water? tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh di sini.

3. Candy Crush Saga

Game Puzzle Android

Candy Crush Saga merupakan game seru yang sangat digandrungi sejak kemunculannya. Saking serunya, game satu ini bahkan muncul dan dapat dimainkan juga di Facebook. Dengan cara bermain yang sederhana yaitu menggeser deretan permen sehingga membentuk deretan dengan warna yang sama, game ini membuat EVers harus berpikir dikarenakan ada beberapa misi yang harus EVers selesaikan seperti menghabiskan permen dengan warna tertentu hingga memastikan semua blok yang tersegel menjadi terbuka.

Candy Crush Saga tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh di sini.

4. Brain it On! – Physics Puzzles

Game Puzzle Android

Diperlukan kemampuan berpikir yang cukup tinggi dalam memainkan game satu ini. Pada setiap level akan ada misi-misi berbeda yang harus EVers selesaikan. Cara memainkan game ini sebenarnya tidaklah sulit. EVers cukup menggambar objek apapun pada layar smartphone EVers, kemudian objek tersebutlah yang akan membantu EVers dalam menyelesaikan misi.

Tapi ingat, EVers tidak bisa menggambar objek sebanyak yang EVers inginkan karena terdapat batasan jumlah objek yang bisa digunakan pada setiap misi.

Brain it On! – Physics Puzzles tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh di sini.

5. Roll the Ball – Slide Puzzle

Game Puzzle Android

Cara memainkan game ini adalah dengan menyusun blok-blok yang berisikan jalur-jalur yang bisa dilewati bola menuju tujuan akhirnya. Meskipun cara memainkannya sangat sederhana, namun untuk menyelesaikan semua level tidak sesederhana kelihatannya. Jika EVers ingin mencoba menguji kemampuan otak EVers, coba saja game satu ini.

Roll the Ball – Slide Puzzle tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh di sini.

6. Flow Free

Game Puzzle Android

Menghubungkan titik yang memiliki warna yang sama tanpa bertabrakan dengan garis warna lainnya adalah cara memainkan game satu ini. Diperlukan kemampuan dalam menyusun jalur dalam menyatukan titik-titik tersebut sehingga semua titik bisa dapat terhubung dengan pasangannya.

Meski pada level awal game ini terasa mudah, namun EVers harus mencoba game ini hingga level-level atas karena jumlah titik warna menjadi semakin banyak dan jalur yang diperlukan juga semakin luas.

Flow Free tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh di sini.

7. 2048

Game Puzzle Android

2048 adalah salah satu puzzle game yang digandrungi sejak di rilis pada awal tahun 2014. Cara bermain game ini adalah dengan menggabungkan dua kotak angka yang serupa yang kemudian akan menjadi angka baru hasil penambahan kedua angka. EVers baru bisa memenangkan game ini jika EVers berhasil menggabungkan angka-angka tersebut dan membuat satu kotak yang punya nilai 2048.

2048 tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh di sini.

Baca juga: 7 Game Gratis Ringan untuk Smartphone Android – Part 2


Jadi, apakah EVers siap menggunakan kemampuan otak EVers untuk memecahkan semua puzzle game tersebut? Dengan memainkan berbagai puzzle game tersebut pastinya EVers tidak hanya mendapatkan hiburan di sela-sela waktu luang, melainkan juga meningkatkan daya pikir dalam memecahkan setiap misi yang ada. Dan yang paling terpenting adalah semua game tersebut bisa EVers unduh secara gratis di Google Play Store!

Dan untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik, ada baiknya EVers menggunakan smartphone Android dengan performa yang mumpuni. Seperti salah satu smartphone EVERCOSS Winner Y Ultra yang memiliki RAM 2 GB, tapi tetap dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 1.099.000. Layarnya juga bagus, sehingga memang cocok digunakan untuk bermain game.

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Kamu Harus Membeli EVERCOSS Winner Y Ultra

Share This: