Di jaman sekarang, smartphone merupakan suatu benda yang sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Bahkan, banyak perusahaan-perusahaan dengan brand-brand tertentu yang terus bersaing untuk bisa memasarkan smartphone buatannya agar laris di pasaran dunia.

Berbagai upaya pun mereka lakukan untuk bisa meraup pangsa pasar yang banyak, misalnya saja mengkalim dengan harga smartphone termurah, menonjolkan beberapa fitur tertentu seperti kamera atau fitur selfie, body dan layar yang luas dan lain sebagainya.

Baca Juga : Game Battle Royal Terbaik di Android

Namun sebelum anda memutuskan untuk membeli suatu smartphone, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan anda ingat terlebih dahulu. Jangan sampai anda mudah terkecoh dengan harga yang murah, namun ternyata kualitasnya kurang baik dan tidak mampu bertahan lama. Anda harus menjadi konsumen yang cerdas.

Perhatikan ini, Sebelum Membeli Smartphone Termurah

membeli smartphone murah

Membeli Smartphone Android baru, tentunya sah-sah saja karena memang itu adalah hak anda sebagai pembeli. Namun, sebelum anda membelinya anda harus mengetahui dan mencari tahu dulu mengenai spesifikasi lengkapnya. Jangan hanya tergiur karena ponsel tersebut tergolong ke dalam smartphone termurah.  Dan beberapa hal yang perlu anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Baterai

Baterai merupakan bagian yang penting dan memiliki peran agar smartphone anda tetap bisa terus beroperasi dan berjalan dalam keadaan hidup.  Lihatlah terlebih dahulu kapasitas baterainya, karena daya tahan dan kekuatan baterai pada suatu Smartphone adalah salah satu faktor yang perlu anda pertimbangkan. Karena biasanya, Smartphone yang memiliki harga bandrol yang cukup murah dikenal memiliki baterai yang boros. Tentunya anda tidak ingin kan jika sampai terus menerus melakukan charge padahal baru memakai beberapa jam.

  1. Operasi System (OS)

Setiap android atau Smartphone tentunya dilengkapi dengan suatu Sistem Operasinya masing-masing, misalnya saja, Kitkat, Nougat, Marshmellow dan lain sebagainya. Setiap Sistem Operasi atau OS pada suatu android tentu memiliki tingkatan dan kelebihan yang berbeda.

Artikel Menarik : 4 Mitos Tentang RAM yang Masih Dipercaya Banyak Orang

Semakin tinggi tingkatan OS nya, maka semakin berpengaruh pula pada sistem yang dijalankan di dalam smartphone anda. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membeli Smartphone yang baru, lebih baik anda memilih Smartphone dengan OS yang memiliki tingkat lebih tinggi.

membeli smartphone murah

  1. Prosesor

Perlu anda ketahui, jangan sampai anda terjebak ke dalam Smartphone dengan harga murah namun hanya memiliki prosesor single core yang cenderung payah. Setidaknya anda harus memilih smartphone dengan prosesor dual core, quad core atau lebih.

  1. Kualitas Kamera dan layar

Hindarilah Smartphone yang masih memiliki kualitas kamera VGA, sebab foto yang akan dihasilkan akan memiliki kualitas yang tidak begitu baik. Oleh sebab itu, pilihlah kulaitas yang bagus, apalagi jika anda pecinta selfie. Dan satu hal lagi, pilih juga layar smartphone yang berkualitas baik, misalnya sudah dilengkapi gorila glass agar tidak mudah tergores.

membeli smartphone murah

  1. RAM

Dan poin penting yang harus anda lihat adalah mengenai spesifikasi besaran atau kapsitas RAM yang dimilikinya. Perlu anda ketahui, ukuran RAM yang besar sangat bermanfaat bagi anda yang hobi menginstal berbagai aplikasi agar tidak lemot, menyimpan berbagai file, ataupun bermain game.


Melihat dari beberapa poin penting di atas, tentu kita bisa mengetahui bahwa jangan mudah terkecoh hanya karena memiliki klaim sebagai smartphone termurah. Harga murah dan terjangkau memang keinginan kita, tapi pahami terlebih dahulu spesifikasinya agar tidak mengecewakan yaa. Untuk Smartphone yang berkualitas, Tentunya Smartphone Evercoss pilihannya, karena selain harga yang terjangkau dan tentunya mempunyai kualitas yang bagus.

Share This: