Powerbank adalah salah satu alat yang bisa dibilang cukup essensial bagi pengguna smartphone sekarang ini. Terutama bagi mereka yang kerap kali bepergian / perjalanan, atau para pengguna yang memang menggunakan smartphone sebagai salah satu alat bantu pekerjaan. Seperti yang kita ketahui Evers, beberapa pekerjaan sekarang menuntut smartphone selalu ON, misalnya untuk kamu para driver online atau para pemilik online shop.

Banyak sekali jenis powerbank dengan berbagai merek yang telah dirilis dipasaran. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam, yang tentunya disesuaikan dengan besaran daya yang bisa disimpan. Atau bisa juga dilihat dari brand yang merilis powerbank ini. Namun, meski merek mahal sekalipun jika powerbank kurang dirawat dengan baik maka yang terjadi adalah penurunan performa secara drastis.

Merawat Powerbank Agar Tetap Awet

Nah, kali ini admin bakal ngasi beberapa tips untuk merawat powerbank kamu agar tetap awet dan tahan lama.

  1. Hindari Mengisi Powerbank Terlalu Sering

cara merawat powerbank

Powerbank memiliki baterai yang serupa digunakan di smartphone kalian yakni Li-Ion / Lithium Ion atau Li-Po alias Lithium Polimer. Kedua jenis baterai yang digunakan ini dapat kalian check pada bagian cover powerbank milik kalian. Dan kedua jenis baterai ini memiliki daya tahan yang berbeda pula.

Baca Juga : Cara Menjaga Performa Smartphone Agar Tidak Mudah Rusak

Sama seperti penggunaan pada smartphon, powerbank juga dapat mengalami penurunan daya apabila sering dicharge. Pada powerbank yang menggunakan baterai Li-Ion, hanya memiliki siklus charge sebanyak 500 kali saja. Sedangkan untuk baterai Li-Po dapat digunakan hingga 1000 kali charge.

  1. Mengisi Ulang Saat Low

merawat powerbank dengan baik

Setiap powerbank memiliki lampu indicator LED yang menandakan isi baterai sebelum digunakan. Sebaiknya kamu mencharge ulang Powerbank kamu setiap indicator power berada pada posisi low. Hal ini sangat berarti untuk menghindari Overcharge. Selain itu juga dapat menghindarkan dari potensi aus jika powerbank di charge pada posisi yang habis sama sekali.

  1. Hindari Overcharge

merawat powerbank

Overcharge seperti yang telah kita bahas sebelumnya, akan membuat baterai cepat rusak. Hal ini juga berlaku pada semua perangkat yang menggunakan rechargeable battery misalnya smartphone atau laptop. Jika kamu adalah pengguna yang sering mencharge powerbank pada malam hari dan ditinggal tidur, ada baiknya menyiapkan perangkat tambahan yakni adapter dengan timer untuk menghindari kelebihan daya charge.

  1. Jangan Gunakan Smartphone Sambil Charge

cara merawat powerbank

Ini yang agaknya sering dilakukan sama gamers atau pengguna smartphone aktif lainnya. Evers, menggunakan smartphone yang sedang di charge dengan powerbank akan membuat baterai smartphone maupun powerbank cepat aus. Arus listrik tidak akan stabil ketika digunakan sambil mencharge dengan powerbank.

  1. Hindari Terjatuh Atau Terbentur

berikut merawat powerbank lebih bagus

Powerbank yang sering terjatuh atau terbentur bisa menyebabkan beberapa resiko Evers. Yang pertama adalah robeknya body luar. Dan dari sini biasanya menimbulkan resiko lain yakni bocornya baterai powerbank kamu. Tidak hanya sekedar rusak saja, namun powerbank yang bocor juga membahayakan bagi penggunanya.

Artikel Menarik : Cara Mendapatkan Uang Melalui Smartphone

Meski powerbank kerap menjadi penyelamat bagi pengguna aktif smartphone. Namun sebenarnya penggunaan powerbank tidak begitu disarankan mengingat besaran daya yang dihasilkan belum tentu sesuai dengan kebutuhan smartphone. Sehingga hal yang paling baik dilakukan ketika baterai habis adalah mencharge langsung dari sumber listrik dengan charger bawaan smartphone kamu. Mengingat sekarang telah banyak sekali smarpthone yang dilengkapi dengan fitur fast charging. Kamu nggak perlu nunggu lama lama lagi buat ngecharge smartphone kamu yang mati.

Nah Evers, jika kamu merasa selama ini memiliki powerbank yang mudah rusak, mungkin itu bukan dari unitnya namun dari cara penggunaan dan cara merawat powerbank yang salah, sebaiknya ikuti cara diatas ya, namun jika kalian ada saran dan masukan yang lain kamu bisa tulis di kolom komentar ya guys.

Share This: