Menjaga Performa Smartphone – Evers, meski smartphone yang telah banyak diluncurkan pada zaman now memiliki kekuatan baik software maupun hardware. Namun bukan berarti smartphone-smartphone tersebut betul-betul tahan banting. Meskipun memiliki kekuatan yang cukup baik, namun dengan pemakaian yang kurang bijak oleh user, maka bisa dipastikan semakin lama smartphone kamu akan mengalami penurunan performa.

Penurunan performa ini bisa bermacam-macam Evers. Mulai dari lambatnya boot smartphone, super lemot ketika digunakan menjalankan beberapa aplikasi tertentu, boot loop, lcd pecah atau retak, atau yang paling sering adalah dropnya daya baterai. Tentunya penurunan performa atau baca: (kerusakan), akan membuat kalian jadi ogah ngapa-ngapain, atau bahkan memilih membeli smartphone yang baru. Padahal, mending uang Evers ditabung buat modal nikah kan? Hehe.

Cara Menjaga Performa Smartphone

Nah, berikut ini admin bakalan ngasi informasi soal beberapa kerusakan hp yang umum terjadi dan bagaimana cara mencegahnya. Sekaligus cara menjaga performa smartphone Evercoss kalian.

  1. Booting Super Lemot / Lemot Ketika Membuka Apps

 

menjaga performa smartphone

Booting Evercoss M55 Cepat dan Ringan

Beberapa smartphone memang dirancang memiliki keterbatasannya sendiri untuk menjalankan beberapa applikasi Android. Hal ini berdasarkan jumlah RAM atau juga jenis mesin yang disematkan kedalam smartphone kalian. Memang tidak semua smartphone mampu menjalankan beberapa applikasi yang “berat” untuk smartphone yang sedagn digunakan.

Artikel Menarik : Cara Mendapatkan Uang Melalui Smartphone

Untuk mencegah terjadinya hal ini, pastikan Evers mendownload aplikasi sesuai yang direkomendasikan oleh Google Play. Karena, setiap kali Evers login pada Google Play, secara otomatis akan membaca smartphone apa yang sedang digunakan. Dan aplikasi yang dinilai berat untuk smartphone kalian secara otomatis pula akan “disembunyikan”. Jadi Evers lebih baik menghindari menginstall manual melalui APK yang banyak tersedia di Internet.

Ada baiknya pula Evers secara rutin membersihkan cache aplikasi kalian pada bagian setting > installed apps (aplikasi terinstal) agar tersedia cukup space pada RAM menjalankan aplikasi lain. Evers juga lebih baik men-uninstall aplikasi yang memang dirasa kurang perlu atau sudah tidak digunakan. Dan ketika smartphone mulai lemot, bisa juga diatasi dengan mengembalikan pada settingan pabrik (reset) pada halaman setting.

  1. LCD Pecah / Retak

menjaga performa smartphone

Permasalahan selanjutnya yang sering terjadi pada pengguna smartphone adalah LCD pecah / retak. Padahal beberapa smartphone sudah memiliki teknologi LCD yang diklaim tahan banting, namun mengapa masalah ini tetep terjadi?

Terkadang user seringkali termakan iklan dengan melihat teknologi LCD yang tahan banting tanpa memahami bahwa kekuatan tersebut juga memiliki batasan dan masa berlaku sebelum mulai rapuh. LCD pecah seringkali terjadi karena keteledoran user ketika menjatuhkan smartphone, dan sialnya titik jatuh berada pada bagian tepi smartphone yang cenderung “lemah”.

Baca Juga : Evercoss U60, Smatphone Full Screen dan Dual Kamera Paling Murah

Kenapa bisa dibilang lemah? Karena pada bagian ujung ketika jatuh akan menghasilkan daya dorong dan tolak yang lebih kuat karena permukaan yang lebih kecil. Berbeda ketika jatuh dalam kondisi smartphone terlungkup karena daya tolak terbagi ke permukaan yang lebih luas. Namun, daripada menyibukkan cara menjatuhkan yang benar, lebih baik menjaga dengan melengkapi dengan hardcase atau screen guard bukan?

  1. Baterai Drop

menjaga performa smartphone

Sama seperti baterai pada umumnya, baterai smartphone juga memiliki masa berlaku sebelum daya nya semakin lemah. Meski memiliki masa berlaku, namun paling tidak baterai smartphone pada umumnya memiliki kekuatan hingga tiga tahun untuk pemakaian normal. Namun juga perlu diperhatikan bagaimana penggunaannya sehari hari oleh user.

Baterai drop sering dialami oleh smartphone yang dimiliki para gamers, atau orang yang cukup aktif menggunakan smarphone hingga harus bolak-balik men-charge smartphone nya. Nah, yang sering dilupakan oleh user adalah, men-charge semalaman sementara user tidur. Meski beberapa smartphone sudah mampu “menghentikan” daya masuk ketika baterai smartphone sudah penuh.

Namun ada bijaknya tidak meninggalkan smartphone semalaman dalam kondisi charging. User juga perlu untuk menghindari penggunaan sambil memainkan game atau menggunakan smartphone.

Nah Evers, Cara-cara di atas sangat efektif loh untuk menjaga performa smartphone, jadi kalian tidak perlu khawatir mengalami kerusakan atau kendala terhadap smartphone kalian jika kalian mengukuti saran dari Every.

Demikianlah Artikel Mengenai Cara Menjaga Performa Smartphone Agar Tidak Mudah Rusak, Jika kalian ada cara lain, kalian bisa tulis di kolom komentar ya. Terima Kasih

Share This: