Halo Evers! Siapa diantara kalian yang punya hobi fotografi kamera hp? Siapkan gadget Evercoss milik kalian, dan ikuti tips admin kali ini sampai tuntas karena ulasan kali ini cocok untuk Evers yang ingin mempertajam skill fotografi dengan smartphone.

Ketahui Kelebihan dan Kekuatan

fotografi dengan smartphone

Fotografi kamera “normal” misalnya DSLR, Manual, atau Kamera Digital tentunya berbeda jika disandingkan dengan fotografi dengan smarpthone. Selain karena lensa bawaannya yang tidak sekuat gadget kamera yang admin sebutkan tadi. Smartphone juga memiliki keterbatasan pada daya tangkap cahaya, sehingga gambar yang dihasilkan pun kadang lebih gelap jika dibandingkan dengan kamera besar.

Hal ini karena bukaan lensa yang ada pada smarpthone cukup terbatas. Mengingat, smartphone memang tujuannya adalah sebuah perangkat yang bisa menyambungkan pengguna satu dan lain melalui jaringan seluler. Berbeda dengan kamera yang memang bertugas untuk menangkap gambar atau foto.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan kamera smartphone bawaan perlu dilakukan untuk menghindari hasil foto yang berantakan. Cek kemampuan gadget kalia pada fitur kamera, dengan cara yang paling mudah mencoba mengambil gambar sample dibeberapa tempat dengan kekuatan cahaya yang berbeda.

Tips Fotografi dengan Smartphone Melalui Pencahayaan 

fotografi dengan smartphone

Pencahayaan adalah faktor utama dalam menghasilkan sebuah foto yang baik. Hal ini karena foto pada dasarnya adalah sebuah representasi dari cahaya cahaya yang ditangkap dengan lensa. Pencahayaan bukan hanya berarti tempat yang digunakan untuk pemotretan gelap atau terang.

Baca Juga : Cara Mengambil Foto Landscape Dengan Smartphon

Namun juga mencakup dari mana arah penerangan itu datang. Hal ini penting karena “spot light” dan “fill light” akan menentukan dimana bayangan akan jatuh. Tentunya bayangan akan menghasilkan mood yang berbeda juga pada setiap hasil fotografi. Misalnya Evers mengambil foto seseorang dengan pencahayaan dari kiri atas, maka akan dihasilkan bayangan pada bagian kanan bawah. Bayangan tersebut juga akan berada pada bagian cekungan mata, dan sisi luar dari hidung orang tersebut. Sehingga orang tersebut akan memiliki “kesan” tersendiri dari hasil foto Evers.

Menghindari Flash yang Tidak Perlu

fotografi dengan smartphone

Hal ini yang paling sering dilupakan para fotografer smarpthone pemula, penggunaan lampu flash!

Lampu flash memang ditujukan untuk menerangi objek yang ingin diambil fotonya. Namun, bukan berarti disetiap sesi foto ditempat yang remang-remang atau gelap membutuhkan lampu flash ini. Lampu flash malah akan “merusak” hasil foto itu sendiri.

Penggunaan lampu flash sebaiknya dilakukan ketika ada cahaya yang cukup terang dari arah belakang objek dengan kondisi sekitar cukup terang, bukan ketika cahaya sekitar remang remang. Lampu flash yang digunakan ketika terang dan object mengalami kondisi back light akan sempurna. Mengingat lampu flash akan menerangi sebagian sisi gelap pada object namun tidak membuatnya seakan tersorot secara vulgar.

Artikel Menarik : Jenis Pekerjaan Populer Yang Paling Banyak Dimimpikan Gen Millennials

Lampu flash juga baiknya digunakan untuk medium shot untuk menghindari over exposure pada object. Dan selain itu, lampu flash juga kurang baik untuk digunakan pada object yang memantulkan cahaya. Misalnya Evers ingin mengambil foto buah apel yang memiliki permukaan mengkilap, maka alih-alih terlihat menggiurkan, apel itu akan menampilkan pantulan cahaya dibagian yang terkena lampu flash.

Hindari Penggunaan Zoom

Zooming memang telah ada pada setiap kamera smartphone maupun kamera lainnya. Namun, pada dasarnya penggunaan Zoom pada kamera smartphone tidak dianjurkan. Mengingat zoom bawaan smartphone tidak cukup baik untk menghindari flickr (buram kesemutan). Untuk mengambil gambar detail, Evers ada baiknya menggunakan lensa kamera external atau mendekatkan kamera kepada object untuk hasil yang lebih sempurna.


Nah gimana nih evers? Menarik untuk dicoba bukan?

Demikianlah artikel mengenai Tips Fotografi dengan Smartphone, Jika ada yang ingin kalian tanyakan atau bahkan kalian ingin menambahkan tipsnya, kalian bisa memberikan komentar di kolom komentar di bawah ya guys.

Share This: