Halo Evers! Kali ini admin bakalan sharing soal salah satu teknik pengambilan foto yang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh para fotografer profesional. Teknik ini dinamakan foto landscape yang secara sederhananya adalah fotografi mengenai ruang dunia atau terbuka. Namun, teknik ini tidak terbatas dalam pengambilan foto alam aja, tapi juga bangunan manusia. Nah, teknik foto landscape ini seenggaknya punya tiga nilai. Yakni nilai Abstrak, Impressional dan Representational.

Abstrak

Abstrak ini sama seperti abstrak pada aliran seni yang lainnya. Foto landscape abstrak mengambil gambar benda benda yang bernilai tidak beraturan, memiliki bentuk yang unik, dan terwujud dari imaji sang fotografer.

Impressional

Impresional memiliki pengertian sebagai gambar “buatan” yang diambil menggunakan teknik fotografi tertentu. Teknik fotografi landscape ini ditujukan untuk mendapatkan gambar terbaik dan menarik. Tentunya gambar yang dihasilkan dengan nilai impresional memiliki perbedaan dengan apa yang dilihat dengan mata telanjang manusia.

Baca Juga : Jenis Pekerjaan Populer Yang Paling Banyak Dimimpikan Gen Millennials

Teknik yang digunakan antara lain adalah penggunaan shutter speed yang lambat, apparture yang kecil, serta beberapa efek filter yang dapat memberikan kesan yang berbeda dari aslinya. Teknik ini sering digunakan oleh para fotografer meski berbeda dari aslinya namun dengan syarat harus mempertahankan essensi untuk disebut sebagai foto landscape.

Representational

Representasi atau penggambaran deskriptif, adalah nilai selanjutnya dari foto landscape. Berbeda dengan nilai Impressional yang merupakan “buatan”. Representational adalah penggambaran nyata dari landscape tanpa bantuan atau manipulasi menggunakan filter visual. Komposisi dan detail adalah dua hal yang perlu diperhatikan dalam mengambil foto landscape Representational.

Cara Mengambil Foto Landscape Dengan Smartphone

cara mengambil foto landscape

Nah, fotografi landscape ini bisa dilakukan dengan menggunakan kamera yang terdapat di smartphone kalian. Teknologi kamera smartphone android yang makin maju meski dengan harga yang terjangkau pun sudah bisa mendapatkan foto dengan hasil yang ciamik sekalipun. Nah berikut cara mengambil foto landscape yang telah kami rangkum untuk kalian lohh. Baca Hingga habis ya.

  1. Rule Of Third

Rule of Third atau paling sederhana adalah penggunaan box kotak kotak pada fitur kamera smartphone yang berfungsi sebagai bantuan. Hal ini perlu diperhatikan agar komposisi gambar hasil jepretan smartphone kamu bisa seimbang. Jangan serakah ketika memilih sebuah landscape yang menayangkan langit atau daratan. Tips yang perlu dilakukan adalah memilih salah satu, misalnya ingin mengambil gambar landscape langit cerah dengan sedikit padang rumput.

  1. Mencari Titik Fokus Pada Kamera

Titik fokus pada kamera bisa didapatkan dengan mengambil bantuan dengan menggunakan kotak kotak rule of third tadi. Tentukan sebuah focal point dari sebuah target foto sebelum menjepretnya. Evers bisa menggunakan bantuan dengan tap dua kali pada layar smartphone untuk menempatkan titik fokusnya.

cara mengambil foto landscape sangat berguna

  1. Foreground

Foreground adalah salah satu element penting yang tidak boleh dilupakan ketika mengambil foto landscape. Foreground adalah objek yang menjadi “latar” namun terletak dibagian depan. Misalnya rumput rumputan yang diletakkan dekat dengan kamera sementara kita mengambil focal point langit langit diatasnya.

  1. Jangan Lupa Tripod

Penggunaan tripod amat penting dalam pengambilan foto landscape karena foto landscape akan goyang dan terlihat aneh ketika seditikit miring. Dan untuk menempatkan tripod pada posisi yang benar, Evers bisa menggunakan bantuan dari kotak rule of thrid tadi.

Artikel Menarik : Hasil Jepretan yang Menawan dari Winner y Star Plus (U50A Plus)

  1. Penggunaan Aplikasi Foto

Penggunaan aplikasi foto tidak disarankan secara berlebihan pada proses finishing. Namun ketika nilai yang ingin ditonjolkan adalah nilai Impresional maka masih boleh boleh saja. Dan untuk hal ini beberapa hanya menyarankan penggunaan aplikasi foto standart dengan merubah brightness dan kontras nya saja.


Nahhh gimana nih evers Cara Mengambil Foto Landscape dari kami? bermanfaat bukan?, jangan lupa teknik yang kami rekomendasikan itu diterapkan ketika kalian mau mengambil foto landscape, atau jika kalian mempunyai teknik lainnya, kalian bisa share di kolom komentar dibawah ya.

Oh ya, jika kalian ingin melihat produk terbaru dari Evercoss, kalian bisa langsung ke Website Resmi Evercoss yaa. Terima kasih

Share This: