Sebagai salah satu produsen smartphone lokal terbaik di Indonesia, EVERCOSS tentu selalu mencoba meningkatkan kualitas dari produknya. Seiring dengan TKDN yang dicanangkan pemerintah, EVERCOSS sendiri sudah sejak dulu menggunakan sumber daya lokal, termasuk dengan membangun pabrik box smartphone berdampingan dengan pabrik perakitan smartphone yang sudah berdiri sebelumnya.

Box smartphone sendiri merupakan salah satu komponen dari TKDN. Tapi, apa sebenarnya TKDN itu dan bagaimana pabrik box smartphone yang dimiliki EVERCOSS mampu meningkatkan kualitas dari smartphone EVERCOSS.

Baca juga: EVERCOSS Meraih Penghargaan Indonesia Best Brand Award Kategori Best Local Smartphone Tiga Tahun Berturut-turut!


Apa itu TKDN?

pabrik box smartphone
Sejak 2015 pemerintah memang mencanangkan peraturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk smartphone 4G yang dijual di Indonesia.

TKDN sendiri merupakan nilai persentase dari komponen produksi buatan Indonesia yang dipakai dalam produk berbasis jaringan 4G LTE. Nggak cuma dalam hal hardware, tapi komponen software, nilai investasi, hingga tenaga kerja lokal juga diperhitungkan. Tujuannya adalah untuk mengurangi defisit perdagangan akibat banyaknya barang impor yang masuk ke Indonesia.

Mengintip Pabrik Box Smartphone EVERCOSS

pabrik box smartphone evercoss

Salah satu komponen dari TKDN sendiri mencakup box smartphone. Untuk memenuhi TKDN dan meningkatkan daya saing di bidang smartphone, EVERCOSS tidak ingin kalah dalam pertumbuhan pasar dengan menyelesaikan pengembangan pabrik yang dimilikinya di kawasan Industri BSB Semarang, Mijen.

Nggak cuma dipersenjatai dengan teknologi yang lebih canggih, keberadaan pabrik lokal ini juga tentu mampu meningkatkan quality control setiap produk dan komponen smartphone sehingga mampu menghasilkan produk terbaik untuk EVers!

Pabrik box smartphone yang baru selesai dibangun menambah fungsi dari pabrik perakitan smartphone yang telah beroperasi sejak lama ini juga memanfaatkan sumber daya manusia lokal. Nggak cuma membuka lapangan kerja baru, hal ini tentu juga secara tidak langsung mampu meningkatkan kualitas dari SDM lokal yang ada.

Baca juga: EVERCOSS Winner Y Ultra Meraih Penghargaan Sebagai Smartphone Terbaik 2015

Meningkatkan Kualitas Produk dan Sumber Daya Lokal

pabrik box smartphone

Sebagai salah satu produk lokal terbaik yang telah diakui melalui berbagai penghargaan, tentu EVERCOSS ingin selalu berinovasi mengembangkan produk-produknya. Salah satunya adalah melalui pengembangan sumber daya manusia yang ada di Indonesia.

Selain itu, terdapat juga program DNA Initiative yang bekerja sama dengan lembaga pendidikan SMK sederajat untuk memberikan ruang bagi para siswa-siswi untuk magang dan terjun langsung mempelajari mengenai manufaktur smartphone.

Hal ini juga memberikan ruang untuk mempersiapkan dan membekali putra-putri Indonesia dengan kemampuan yang mumpuni, khususnya dalam bidang teknologi smartphone.

Baca juga: Yuk Intip Kegiatan Para Siswa Peserta DNA Initiative!


Mampu bersaingnya pabrik smartphone EVERCOSS membuktikan bahwa kualitas produk lokal memang nggak boleh di pandang sebelah mata! Apalagi kini EVERCOSS mulai mengembangkan pengadaan manufaktur lokal yang tidak hanya sekedar memenuhi TKDN, tetapi juga sekaligus meningkatkan kontrol akan kualitas produk yang ada.

Yuk, cintai produk Indonesia dengan menggunakan smartphone EVERCOSS!

Share This: