Merasa kurang dengan penghasilan sekarang sehingga terlintas keinginan untuk mencari penghasilan tambahan? Atau mungkin Anda merasa masih memiliki banyak waktu luang di luar kesibukan Anda bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan? Mungkin solusi yang paling tepat untuk memenuhi keinginan Anda akan penghasilan tambahan adalah dengan memanfaatkan waktu luang Anda untuk mengasah keterampilan atau hobi Anda untuk dijadikan macam-macam usaha sampingan untuk para karyawan yang menguntungkan. Namun dengan catatan, jangan sampai mengganggu pekerjaan utama Anda.

Berikut Macam-Macam Usaha Sampingan

contoh macam-macam usaha sampingan tami

Fotografer

Bagi Anda yang memiliki kamera DSLR atau mirrorless di rumah dan memang memiliki hobi fotografi, manfaatkan saja hobi sekaligus keahlian Anda tersebut untuk meraup pundi-pundi uang. Caranya, manfaatkan waktu luang Anda untuk menjadi fotografer freelance atau bisa juga dengan hunting foto di berbagai lokasi kemudian diunggah ke situs web fotografi atau menjualnya pada rekan media yang membutuhkan dokumentasi pada lokasi tertentu atau sebagai korespondensi.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi fotografer untuk prewedding atau bahkan wedding party pada saat hari libur Anda. Bisa juga setelah Anda pulang kerja apabila masih sempat dan tidak terlalu lelah.

Artikel Lainnya: 7 Mitos dan Fakta Smartphone yang Perlu EVers Ketahui

Berjualan pulsa

Dari macam-macam usaha sampingan, usaha ini dapat dibilang sebagai bisnis yang sudah dicoba oleh banyak orang sebab mudah dan simpel. Anda pun tidak memerlukan keterampilan khusus untuk menjalankan bisnis ini, hanya perlu gadget saja namun hasilnya cukup menguntungkan apalagi jika di daerah lingkungan tempat tinggal maupun kantor Anda masih belum ada saingannya. Meski demikian, hasil berjualan pulsa tidaklah seberapa sehingga mungkin Anda perlu menyiasatinya dengan berjualan pulsa listrik, voucher game, bahkan kartu perdana.

macam-macam usaha sampingan tami

Desainer grafis freelance

Sayang sekali jika Anda punya keterampilan dalam bidang graphic design (desain grafis) namun tidak dimanfaatkan karena Anda bekerja pada bidang yang lain. Oleh karena itu, manfaatkanlah saja untuk mengasah kemampuan Anda dalam graphic designing, baik dengan Corel Draw maupun Photo Shop dan software grafis lainnya. Selain Anda dapat menjual jasa Anda melalui online, Anda juga bisa menawarkan jasa Anda pada perusahaan yang membutuhkan desainer grafis freelance.

Membuka katering kecil-kecilan atau jual makanan ringan

Usaha ini memang banyak didominasi oleh kaum Hawa namun bukan berarti para pria tidak berhak mencobanya sebab saat ini ada banyak sekali kaum Adam yang keterampilan memasaknya tidak kalah dengan para wanita. Anda bisa sesekali menjajal kemampuan Anda dalam membuat aneka kue basah atau masakan-masakan katering untuk arisan, pengajian dan acara-acara lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat beraneka jenis jajanan pasar yang mengenyangkan lalu dijual kembali di kantor maupun dititipkan di warung-warung maupun minimarket. Namun hal itu berarti, Anda harus rela untuk bangun lebih pagi untuk mempersiapkan dagangan Anda.

Baca Juga: Yuk, Intip Canggihnya Pabrik Box Smartphone EVERCOSS

Agribisnis

Agribisnis atau agrobisnis merupakan bisnis yang berbasis usaha dalam bidang pertanian maupun peternakan. Selain dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan utama, agribisnis ini dapat juga dijadikan sumber penghasilan tambahan sekaligus untuk mengisi waktu luang. Macam-macam usaha sampingan dalam bidang agribisnis ini bisa berupa bisnis tanaman maupun hewan. Bisnis tanaman misalkan menanam dan menjual tanaman hias dan bunga-bungaan, jual beli bibit tanaman, hingga budidaya tanaman obat serta bonsai. Manfaatkan saja lahan pekarangan atau teras belakang rumah. Selain itu, Anda juga bisa bisnis di bidang peternakan seperti memelihara burung kicau, kelinci, hingga kucing angora yang mana bisa dijadikan komoditi jual.

Share This: