Kesehatan adalah salah satu hal yang sering disepelekan kalau kita sudah terlalu sibuk dengan kegiatan sehari-hari. Apalagi di bulan suci Ramadan, saat kita harus menyesuaikan pola makan dan minum sesuai dengan aturan berpuasa agar tetap sehat di bulan Puasa.

Saat berpuasa, ada banyak hal penting yang perlu EVers perhatikan agar kegiatan puasa yang kamu lakukan tetap lancar dan tidak mengganggu kesehatan. Ingin tahu kan apa saja hal yang bisa kamu senantiasa sehat di bulan puasa? Simak ulasan EVERCOSS yang satu ini, yuk!

Baca juga: 7 Aplikasi Kesehatan Android untuk Menjaga Kebugaran Fisik EVers


Tips dan Trik Agar Selalu Sehat di Bulan Puasa

1. Minum Air Mineral Saat Sahur

sehat di bulan puasa
Sumber: Pexels

Kenapa air mineral? Karena air mineral adalah cairan pelepas dahaga yang paling pas untuk mencegah dehidrasi selama kamu berpuasa. Hindari minuman kopi atau teh, karena kandungan kafein yang ada di dalamnya memiliki efek diuretik alias merangsang pengeluaran air dari kandung kemih.

Minuman bersoda, berperisa buah, atau yang mengandung susu juga wajib dihindari karena kandungan tinggi gula dapat meningkatkan potensi penyakit diabetes. Nah, jadi hindari minuman selain air mineral ya, supaya kamu tidak cepat merasa haus kembali.

2. Memerhatikan Nutrisi Penting Dalam Makanan

sehat di bulan puasa
Sumber: Pexels

Selain minuman, kamu juga perlu memerhatikan apa yang masuk ke dalam perutmu saat sahur, lho. Misalnya, hindari makan makanan yang terlalu pedas agar kesehatan lambungmu tetap terjaga. Selain itu, sebaiknya kamu menghindari sahur dengan makan goreng-gorengan karena dapat membuat kerongkonganmu terasa kering saat puasa.

Pastikan agar makanan yang kamu santap mengandung karbohidrat yang cukup agar rasa kenyang bertahan lebih lama. Jangan lupa konsumsi sayur dan buah-buahan yang dapat memenuhi vitamin dan mineral dalam tubuhmu. Terakhir dan terpenting, makanlah dengan porsi yang tidak berlebihan.

3. Sempatkan Diri Untuk Beristirahat

sehat di bulan puasa
Sumber: Pexels

Saat berpuasa, kamu harus pandai mengalokasikan energimu untuk hal-hal yang penting. Salah satu tips agar energimu tetap terjaga adalah dengan menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak di sela-sela kegiatan. Tidak harus tidur, kamu bisa beristirahat dengan duduk dan memejamkan mata sekitar 5-10 menit sehabis melakukan kegiatan selama 1-2 jam.

4. Olahraga Kecil

sehat di bulan puasa
Sumber: Pexels

Siapa bilang saat berpuasa tidak boleh berolahraga? Olahraga kecil justru dapat memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuhmu, lho. Kamu bisa berjalan santai di sore hari, bersepeda, atau sesederhana naik dan turun tangga.

Baca juga: 5 Game Android yang Bisa Membuatmu Berolahraga

5. Menghindari Minuman yang Terlalu Dingin

sehat di bulan puasa
Sumber: Pexels

Setelah menjalankan puasa dalam waktu lama, penyesuaian suhu dalam tubuh juga biasanya berlangsung lebih lama. Kondisi seperti ini menyebabkan pemulihan energi dalam tubuh menjadi lebih lambat. Minum es saat berbuka puasa dapat menimbulkan kontraksi lambung, jadi berbukalah dengan air yang hangat-hangat terlebih dahulu.

Setelah memberikan jeda sekitar 10 sampai 15 menit, barulah EVers dapat menikmati minuman dingin atau es kesukaanmu.

6. Memilih Takjil yang Sehat

sehat di bulan puasa
Sumber: Pexels

Seperti halnya sahur, berbuka puasa juga sebaiknya dengan makanan yang bernutrisi. Buah-buahan adalah menu takjil yang ideal karena banyaknya kandungan air, vitamin, dan mineral di dalamnya.

Sebaiknya, buah-buahan disantap terlebih dahulu sebelum makan makanan berat, bukan sebaliknya, agar kedua makanan dapat dicerna dengan lebih baik. Apabila ingin menyantap makanan selain buah untuk berbuka, pastikan makanan tersebut tidak mengandung terlalu banyak gula agar tidak membuat perutmu terasa begah.

7. Tidur Lebih Awal

sehat di bulan puasa
Sumber: Pexels

Agar EVers dapat menjalankan puasa dengan baik dan mengawalinya dengan sahur yang baik pula, cobalah menerapkan pola dan jam tidur yang lebih baik. Dengan tidur lebih awal, tentunya EVers tidak akan malas-malasan lagi untuk bangun sahur karena sudah mendapatkan istirahat yang cukup. Jadi, kegiatan puasamu akan lancar seharian, deh!

Baca juga: Mau Masakan Sahur dan Buka Puasamu Makin Lezat? Unduh 6 Aplikasi Belajar Masak Ini!


Nah, tadi itu tujuh tips agar EVers bisa tetap enerjetik dan sehat di bulan puasa. Meskipun kamu sudah bersusah payah dan menahan lapar selama 14 jam, ingat ya untuk tidak mengonsumsi berbagai hidangan secara berlebih. Selain itu, agar kamu tidak bosan, jangan lupa untuk meg-install berbagai aplikasi seru di smartphone EVERCOSS-mu. Selamat berpuasa EVers!

Share This: