Idealnya, butuh waktu minimal 6 bulan pemakaian sebelum memutuskan untuk mengganti smartphone. Akan tetapi banyak pengguna yang hobi gonta-ganti smartphone karena tergoda seri keluaran terbaru.
Tapi, kapan sebenarnya saat paling tepat untuk ganti smartphone? Jawabannya adalah saat EVers menemukan kesembilan tanda ini di smartphone!

Baca juga:  Rekomendasi Smartphone EVERCOSS Sesuai dengan Kebutuhanmu!


9 Tanda Saatnya Ganti Smartphone

1. Baterai Cepat Drop

ganti smartphone
Sumber: How Stuff Works

Pernahkah EVers merasa jengkel karena smartphone yang baru saja di-charge penuh tiba-tiba berkurang secara drastis? Apalagi, saat EVers lagi melakukan hal penting di smartphone atau berada di luar rumah sehingga tidak punya akses ke colokan, pasti nyebelin banget.

Tenang saja, kejadian ini memang sering terjadi kalau baterai smartphone sudah mulai rusak. Meski untuk kasus baterai yang bisa dilepas EVers bisa mengganti baterainya, nggak ada salahnya juga hal ini dijadikan momen untuk ganti smartphone baru!

Nah, bias nggak ada lagi masalah baterai habis sebelum waktunya, ganti smartphone EVers dengan smartphone baru berkapasitas baterai tinggi seperti EVERCOSS Elevate Y Power!

2. Model Ketinggalan Zaman

ganti smartphone
Sumber: Gizmodo

Walaupun terkesan kurang penting, tapi model smartphone yang ketinggalan zaman juga bisa menjadi alasan ganti smartphone, loh! Sederhana saja, nggak cuma desain saja yang kuno, jika smartphone sudah dipakai dalam jangka waktu lama, pasti spesifikasi yang ditawarkan tidak se-canggih keluaran smartphone tahun ini.

Nah, kalau smartphone EVers saat ini belum mendukung internet 4G ataupun masih menggunakan keypad daripada layar sentuh, mungkin ini saatnya EVers mengganti smartphone baru!

3. Tidak Bisa Update Sistem Operasi

ganti smartphone
Sumber: Android Headlines

Smartphone yang EVers gunakan seringkali tidak menerima update sistem operasi terbaru padahal vendor sudah beberapa kali melakukan update pada OS-nya? Kalau ya, sudah sewajarnya ini menjadi alasan ganti smartphone baru!

Smartphone yang tidak bisa update OS kemungkinan besar disebabkan oleh umur smartphone yang sudah lama serta spesifikasi yang tidak memadai sehingga vendor memutuskan untuk berhenti memberikan update pada sistem operasi smartphone EVers. Tentunya, EVers nggak mau dong ketinggalan berbagai fitur terbaru dari OS terkini.

Baca juga: Yuk, Simak 9 Fitur Baru di Android 7.0 Nougat!

4. Layar Tidak Responsif

ganti smartphone
Sumber: vk.wgg.company

Layar yang responsif pada smartphone tanpa keypad sangatlah penting. Contohnya saja, jika EVers sedang bermain Angry Birds dengan layarnya kurang responsif, besar kemungkinan untuk kalah di awal permainan.

Selain itu, pengguna mengakses seluruh hal yang terdapat di smartphone seperti aplikasi dan pengaturan melalui sentuhan di layar smartphone. Nah, kalau layar EVers sudah mulai kurang responsif terhadap sentuhan, segera perbaiki. Namun, biaya memperbaiki layar sentuh nggak murah-murah banget, loh! Jadi, nggak ada salahnya jika EVers beli saja smartphone baru dengan spesifikasi layar yang lebih canggih.

5. Sudah Sering di Servis

ganti smartphone
Sumber: prolabsmobile.com

Alasan ganti smartphone kali ini sangatlah logis. Setiap kali EVers membawa smartphone ke tempat servis, EVers harus mengeluarkan biaya mulai dari biaya perbaikan hingga biaya bensin. Belum lagi kalau masalah pada smartphone muncul kembali walaupun sudah diservis.

Maka dari itu, lebih baik ganti smartphone baru, kan? Banyak kok sekarang kualitas smartphone dengan spesifikasi tinggi yang dibanderol dengan harga yang cukup murah. Contohnya saja Winner Y Smart yang sudah didukung jaringan 4G namun bisa dibawa pulang dengan harga sejutaan saja!

6. Memori Sering Penuh

ganti smartphone
Sumber: Gadget Hacks

Ketika aplikasi kesukaan EVers seperti Instagram melakukan update tapi Instagram di smartphone EVers tetap berada di versi lama karena terkendala memori, pasti menyebalkan banget, bukan? Belum lagi jumlah aplikasi yang bisa diunduh juga terbatas karena ruang memori yang sedikit.

Selain itu, terbatasnya memori membuat smartphone sering nge-lag sehingga menurunkan kinerja smartphone. So, untuk menghindari hal-hal tersebut, segera ganti smartphone baru dengan memori internal yang besar!

7. Sering Nge-lag

ganti smartphone

Mulai dari kapasitas random access memory (RAM) yang tidak memadai hingga terserang virus, banyak sekali hal yang bisa menyebabkan smartphone EVers jadi nge-lag. Hal seperti ini bisa menjadi tanda-tanda bahwa smartphone EVers sudah minta diganti.

Bagaimana nggak? Seiring waktu, EVers makin membutuhkan smartphone untuk kepentingan yang lebih banyak. Hal ini membuat smartphone dengan RAM yang mungkin dulunya memadai menjadi nggak kompatibel lagi. Solusinya? Ganti smartphone baru, dong!

Baca juga: 4 Cara Mudah Memaksimalkan Kapasitas RAM Smartphone Supaya Tidak Lemot

8. Kamera Kurang Oke

ganti smartphone
Sumber: Kim Komando

Kini, media sosial lebih diramaikan oleh gambar dan foto ketimbang teks. Hal ini menandakan jika memiliki kamera smartphone yang mumpuni itu penting. Apalagi kalau EVers ingin eksis di media sosial serta punya hobi foto-foto.

Akan tetapi, kalau smartphone EVers sudah tergolong lama dan punya kamera yang kurang memadai, artinya sudah saatnya ganti smartphone baru dengan kamera yang lebih mumpuni seperti resolusi yang lebih tinggi dan mode-mode kamera baru yang kece!

9. Cepat Panas

ganti smartphone
Sumber: AndroidPIT

Smartphone EVers sering panas saat bermain games, membalas chat bahkan saat sedang bertelepon? Smartphone yang cepat panas bisa disebabkan oleh baterai yang rusak serta perangkat seperti RAM dan CPU keras yang bekerja terlalu keras.

Nah, itulah mengapa smartphone dengan spesifikasi rendah cenderung mudah panas saat digunakan terus menerus. Makanya, kalau smartphone EVers mengalami hal ini, segera ganti smartphone dengan yang baru! Membiarkan hal ini berlarut-larut bisa berakibat fatal, loh!

Baca juga: 7 Permasalahan Umum pada Smartphone dan Cara Mengatasinya!


Dari berbagai alasan ganti smartphone diatas, manakah yang pernah dialami oleh EVers?
Yuk, ceritakan pengalaman EVers dalam mempertimbangkan ganti smartphone di kolom komen dibawah!

Buat yang masih bingung mau ganti smartphone jenis apa, EVers bisa kunjungi situs resmi EVERCOSS untuk memilih berbagai jenis smartphone sesuai kebutuhan. EVERCOSS Winner Y Star yang baru saja dirilis juga bisa jadi alternatif yang baik mengingat banyak fitur terbaru mulai dari fingerprint hingga USB OTG yang disematkan pada smartphone ini!

Baca juga: Intip Spesifikasi Rising Star Baru EVERCOSS Winner Y Star!

Share This: