Hi! Avery bali lagi nih! Kali ini Avery akan membahas soal belanja online. Belanja pastinya bikin happy, apalagi kini Avery bisa belanja dari rumah dengan berbelanja online menggunakan smartphone. Tentunya, Avery akan membagikan kepada EVers berbagai tips belanja online yang seru tapi tetap aman!

Mengapa tips ini penting? Karena belanja online rawan tindak kriminal, loh! Ada saja cara-cara kriminal untuk menyusup privasi EVers. Hiii sereeem banget, kan!

Untuk itu, Avery ingin memberikan tujuh tips berbelanja di online shop dengan smartphone agar belanja jadi lebih aman dan nyaman.

Baca juga: 6 Tindakan Pertama saat Smartphone Kena Air dari Avery


Tips Belanja Online dengan Smartphone

1. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Tepat

tips belanja online
Sumber: Pixabay
Dalam berbelanja online, metode pembayaran tentu berbeda-beda tiap online shop. Bagi online shop pribadi seperti yang sering ditemukan di media sosial, pembayaran umumnya dilakukan dengan transfer di depan atau cash on delievery.

Untuk online shop pribadi ini, Avery sarankan sebaiknya jangan menggunakan metode transfer di depan, karena ada risiko barang nggak dikirim alias EVers ditipu. Kecuali dengan online shop yang sudah terpercaya, usahakan menggunakan metode COD alias pembayaran pada saat pengiriman.

Sedangkan untuk online shop bersistem market place seperti Amazon atau eBay, pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan kartu debit atau kredit. Dalam kasus ini, usahakan selalu gunakan kartu kredit.

Loh, emangnya kenapa? Soalnya bila ada risiko bila kartu di-hack atau dicuri, EVers dapat membatalkan pembelian yang tidak berizin. Lain halnya dengan kartu debit, akan sulit untuk mengembalikan uang yang digunakan melalui kartu debit. Selain itu, biasanya ada promosi khusus untuk penggunaan metode pembayaran kartu kredit. Lebih menguntungkan, kan?

2. Perhatikan URL Website Belanja Online

tips belanja online
Sumber: Pexels

Jika suatu saat EVers perlu belanja di online shop pada website, pastikan URL pada website diawali dengan https://.

https:// menandakan bahwa website tersebut secure atau aman, melindungi data-data pribadi dan rahasia pembeli saat transaksi di website tersebut. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan pencurian dan penyalah gunaan data penting dan rahasia EVers.

3. Simpan Bukti Bayar

tips belanja online
Sumber: Life of Pix
Tips belanja online dari Avery selanjutnya yang nggak kalah penting ialah menyimpan bukti bayar.

Bukti transfer atau bukti bayar wajib disimpan sampai barang sudah EVers terima. Baik saat berbelanja di online shop yang sudah EVers percaya atau pun yang masih baru.

Terkadang bukan oknum online shop yang hendak menipu, tapi bisa juga karena kesalahan teknis yang mengakibatkan hilangnya informasi pembayaran yang sudah EVers lakukan.

Baca juga: Aplikasi Diet Android untuk Hidup Sehat dari Avery!

4. Unduh Aplikasi Belanja Online dari Developer Terpercaya

tips belanja online
Sumber: Negative Space
Beberapa online shop bersistem market place memiliki aplikasi khusus untuk mempermudah pembeli melakukan transaksi.

Memang sebaiknya EVers berbelanja melalui aplikasi ketimbang dari web browser. Selain tampilan lebih rapi, belanja dari aplikasi juga lebih hemat mobile data.

Nah, yang perlu diperhatikan adalah developer aplikasi tersebut. Pastikan developer adalah developer resmi dan terpercaya. Hindari aplikasi palsu yang pastinya akan merugikan EVers.

5. Update Aplikasi Browser Kamu

tips belanja online
Sumber: Pixabay

Jika EVers hendak berbelanja online menggunakan web browser, pastikan aplikasi web browser selalu up to date.

Aplikasi web browser yang nggak di-update berarti nggak memiliki sistem keamanan terbaru, sehingga memiliki risiko lebih besar terserang virus atau di-hack.

6. Gunakan Koneksi Internet yang Terpercaya

tips belanja online
Sumber: Pixabay

Sebenarnya, tips satu ini perlu diingat bukan hanya saat berbelanja online, tapi setiap menggunakan koneksi internet. Pastikan selalu menggunakan koneksi internet yang EVers ‘kenal’ dan terpecaya.

Banyak beredar jaringan WiFi yang merupakan pancingan bagi hacker untuk mencuri data penting melalui koneksi internet yang terhubung ke smartphone. Selain itu, usahakan hindari menggunakan WiFi yang menjadi sasaran empuk hacker seperti WiFi gratis di tempat umum.

7. Belanja di Online Shop Ternama

tips belanja online
Sumber: Pixabay

Tips terakhir dari Avery, berbelanja online-lah di online shop terpercaya untuk menghindari risiko penipuan dan lain-lain. Jangan lupa baca review sebelum bertransaksi di online shop tersebut, ya!

Baca juga: 5 Game Android Terbaru Bulan Februari yang Avery Suka!


Dengan tujuh tips belanja online Avery ini, EVers pasti bisa belanja di online shop dengan smartphone dengan aman dan nyaman.

Supaya lebih asik, gunakan smartphone Elevate Y2 Power dengan kapastias baterai dan layar super besar. EVers bisa belanja searching-searching di online shop seharian loh! Seru, kan? Hihihi.

Sampai disini dulu tips dari Avery, terus tunggu tips-tips seru dari Avery selanjutnya, ya!

Share This: