Seringkali dalam pemakaian berbagai macam benda elektronik, khususnya smartphone, kita mengeluhkan daya tahan baterai yang tidak cukup lama alias baterai smartphone bocor. Tapi sadarkah EVers bahwa hal tersebut terjadi juga karena pola penggunaan yang teledor dan asal-asalan?

Selama mengetahui penggunaan yang benar, EVers bisa menyelamatkan baterai, atau setidaknya, membuatnya hidup lebih lama dengan performa yang masih oke. Mau tahu apa saja kebiasaan yang harus diubah? Simak dulu tips dan pantangan penggunaan baterai di bawah ini!

Baca juga: 5 Smartphone EVERCOSS dengan Baterai yang Besar


Tips Anti Baterai Smartphone Bocor

1. Hindari Aktivitas Charging Berlebihan

Baterai Smartphone Bocor
Sumber gambar:FreePhotosArt
Permasalahan utama yang sering ditemui terkait dengan proses isi ulang baterai adalah saat EVers lupa mencabut bahkan tertidur saat sedang melakukan charging. Hal ini mengakibatkan pengisian baterai terjadi lebih lama daripada seharusnya.

Meskipun saat ini sudah ada fitur auto cut-off, namun jika sering dilakukan juga nggak baik karena bisa menyebabkan penggelembungan atau bahkan overheat. Pada akhirnya, baterai smartphone-pun akan cepat rusak atau bocor. Nggak mau kan?

2. Gunakan Mode Senyap Dibanding Getar

Baterai Smartphone Bocor
Sumber gambar: PC World
Tahukah EVers aktivasi mode getar akan menyerap daya yang cukup besar? Hal ini dikarenakan perlunya daya yang lebih demi mengaktivasikan vibrator pada sistem, sehingga baterai pun bekerja lebih berat.

Pada saat proses charging ada baiknya gunakan mode senyap agar kinerja smartphone nggak berat sehingga terhindar dari panas berlebih. Bahkan, bila memungkinkan, aktifkan saja mode pesawat untuk sementara.

3. Hindari Overheat

 

Baterai Smartphone Bocor
Sumber gambar: Viral Techo
Ketika asyik chatting atau main game, seringkali kita lupa waktu dan mengabaikan kondisi smartphone yang overheat. Selain memicu berbagai gangguan mata dan otak, pemakaian yang berlebihan hingga overheat pun akan menyebabkan baterai cepat rusak/bocor loh.

Jadi, gunakan secara bijak ya. Untuk mengurangi kerja baterai, EVers bisa juga menghentikan aktivitas aplikasi dari layar background.

4. Hindari Permukaan Panas

Baterai Smartphone Bocor
Sumber gambar: Gadget Gan

Gambar: http://www.gadgetgan.com/wp-content/uploads/2015/10/Penyebab-Smartphone-Kamu-Sering-Panas-dan-Overheat.jpeg

Selain penggunaan aplikasi yang berlebihan, overheat pada ponsel juga bisa dipicu oleh paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama. Efeknya pun sama akan membawa pada rusak atau bocornya baterai smartphone.

Jadi, cobalah untuk tidak membuat smartphone EVers terlalu lama terpapar sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya, ya.

Baca juga: Tanda Baterai Smartphone Android Kamu Bocor

5. Kurangi Ketergantungan pada Powerbank

Baterai Smartphone Bocor
Sumber gambar: Amazon
Meskipun dengan adanya powerbank banyak menyelamatkan kita di saat-saat genting, namun perlu diketahui bahwa terus menggantungkan diri pada powerbank juga bukan pilihan yang bijak. Hal ini karena seringkali aliran listrik yang terjadi tidak stabil sehingga merusak baterai. Apalagi kalau terus menerus dihubungkan sambil dioperasikan, dijamin deh baterai ponsel EVers pasti bocor!

Jika EVers termasuk pengguna smartphone yang sangat sibuk sehingga kadang menghabiskan banyak baterai namun tidak memiliki waktu untuk selalu charging, coba saja beralih ke smartphone dengan kapasitas baterai mumpuni seperti EVERCOSS Elevate Y Power!

6. Manfaatkan WiFi Selagi Bisa!

Baterai Smartphone Bocor
Sumber gambar: PC World
Tidak banyak yang tahu bahwa penggunaan WiFi selain menghemat paket data, hal tersebut juga secara tidak langsung berkontribusi dalam proses perawatan baterai smartphone.

Kok bisa? Pada saat menggunakan paket data, sistem akan memerlukan daya lebih karena harus mencari sinyal untuk operasional paket data. Sedangkan pada WiFi tidak memerlukan itu sehingga otomatis akan menghemat daya yang digunakan smartphone.

7. Kunci Otomatis

Baterai Smartphone Bocor 7
Sumber gambar: JuralMin
Ada beberapa jenis smartphone yang tidak otomatis off atau bahkan menampilkan animasi screen saver. Meskipun terlihat lucu atau keren, jika EVers sayang dengan baterai smartphone, sebaiknya hentikan dan beralihlah pada mode standar dan otomatis terkunci serta off saat tidak terpakai.

EVers perlu ketahui bahwa tindakan kecil ini akan menghemat cukup besar daya dan memberikan waktu untuk smartphone-mu beristirahat.

8. Gunakan Charger Original

Baterai Smartphone Bocor 7
Sumber gambar: Digital Trends
EVers, jangan membiasakan untuk asal pinjam charger smartphone orang lain untuk mengisi ulang baterai EVERCOSS-mu ya? Alih-alih baterai optimal yang didapat, justru baterai rusak/bocor sebagai akibat.

Hal ini karena setiap tipe ponsel memiliki amphere yang berbeda dan jika tidak sesuai, proses isi ulang akan mengakibatkan kerusakan baterai smartphone bocor!

9. Jangan Mainkan Smartphone Saat Charging

Baterai Smartphone Bocor 7
Sumber gambar: Tech Khoji
Seperti halnya manusia, smartphone-pun membutuhkan waktu istirahat dan makan yang dilakukan ketika proses pengisian ulang. Pada saat itu, aliran listrik akan mengalir dan mengoptimalkan kembali daya smartphone.

Jika kita menggunakannya pada saat yang sama, aliran daya akan terganggu karena sistem harus menerima dan mengeluarkan daya pada saat yang sama. Jika terus menerus dilakukan, hal ini akan mengakibatkan kerusakan atau kebocoran pada baterai. Lagipula, hal juga bisa sangat berbahaya lho. Bisa-bisa EVers kesetrum atau bahkan baterai smartphone bisa meletus dan terbakar.

Baca juga: 7 Permasalahan Umum pada Smartphone dan Cara Mengatasinya!


Dengan mengaplikasikan kebiasaan-kebiasaan sederhana saat pengisian ulang atau pengaturan aplikasi seperti yang dicontohkan di atas, EVers nggak perlu gonta-ganti smartphone kan karena performa yang masih tetap terjaga? Say “No” to baterai smartphone bocor.

Share This: