Seperti yang kita ketahui, perubahan iklim dan pencemaran lingkungan menjadi sebuah isu global saat ini. Bahkan tahun 2016 tercatat merupakan tahun paling hangat di bumi. Berbagai upaya dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada para masyarakat di seluruh dunia. Nah, buat EVers yang mempunyai jiwa seorang enviromentalist, EVers juga bisa berkontribusi menjaga lingkungan dengan berbagai jenis teknologi go green bagi pecinta lingkungan dan alam yang bisa pastinya ramah lingkungan! Bahkan, sebagain bisa kamu gunakan menggunakn smartphone EVERCOSS kamu, lho!

Baca juga: Yuk, Ikutan Earth Hour Indonesia lewat Smartphone Kamu!


Teknologi Go Green

Produk LifeStraw

teknologi go green
Sumber : 1millionwomen.com.au

Bayangkan jika EVers sekarang bisa meminum air secara langsung tanpa campuran obat atau zat kimia apapun? Hebat banget, kan? LifeStraw adalah sebuah produk yang dibuat agar pengunanya bisa meminum air dimanapun dengan mudah.

Menggunakan teknologi micro-fiber dengan empat ruang penjernihan, produk go green ini bisa menghilangkan bakteri dan kotoran hingga 99.9999%! Dibuat oleh perusahaan asal Swiss, Vestergaard, LifeStraw mulai didistribusikan pada tahun 2011 di wilayah Kenya yang mengalami kesulitan air bersih.

Tapi, sayangnya teknologi ini tidak bisa kamu beli begitu saja, karena perusahaan ini hanya menjualnya dalam bentuk ijin emisi karbon ke perusahaan-perusahaan besar di dunia.

Aplikasi Goodguide

teknologi go green
Sumber : Penulis

Aplikasi Goodguide adalah aplikasi go green yang dibuat untuk memudahkan penggunanya mengetahui berbagai dampak dari berbagai macam produk yang ada di pasaran. Penilaian ini didasarkan kepada dampak yang ditimbulkan kepada lingkungan dan juga kehidupan sosial.

Selain di smartphone, EVers juga bisa menggunakan aplikasi ini dalam versi web di goodguide.com. Kekurangan dari aplikasi ini adalah belum banyaknya review produk yang berasal dari luar Amerika Serikat

Teknologi Groove Ecosystem

teknologi go green
Sumber : kickstarter.com

Groove Ecosystem adalah sebuah produk teknologi go green yang memungkinkan kita membuat sebuah ecosystem ramah lingkungan di dalam rumah. EVers bisa membuat kebun mini di dalam ruangan sebagai penyedia oksigen dan juga sumber makanan organik sekaligus.

Teknologi ini dikembangkan oleh Massachusetts Institute of Technology dan keseluruhan sistem ini dapat kamu kendalikan langsung melalui smartphone dengan nama Groove OS. Tapi teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan hanya bisa digunakan di Amerika Serikat.

Baca juga: 5 Game Android yang Bisa Membuatmu Berolahraga

Aplikasi Ingredio

teknologi go green
Sumber : Penulis

Aplikasi ini benar-benar sangat bermanfaat bagi para penggunanya yang ingin mengetahui bagaimana tingkat bahaya dari bahan-bahan produk yang digunakan. Cara menggunakan aplikasi Ingredio ini sangatlah mudah yaitu pengguna cukup upload foto dari kandungan zat yang dimiliki oleh produk yang akan digunakan.

Setelah upload foto, aplikasi go green ini akan menunjukkan bagaimana tingkat bahaya yang terkandung dalam produk-produk tersebut. Aplikasi ini tentu akan sangat membantu EVers mengetahui bahaya dari berbagai macam produk yang kita gunakan sehari-hari ya!

Aplikasi Udara Kita

teknologi go green
Sumber : cnnindonesia.com

Aplikasi Udara kita adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Greenpeace Indonesia. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mengetahui kualitas udara di kota-kota yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini kita tentunya akan lebih cepat mengetahui bagaimana kualitas udara di sekitar kita dengan lebih cepat.

Kalau EVers tinggal di kota-kota besar di Indonesia yang sudah terlalu banyak polusi, aplikasi go green ini wajib ada di smartphone kamu!

Aplikasi Marine Buddies

teknologi go green
Sumber : seluler.id

Aplikasi ini membantu EVers untuk mengetahui wilayah-wilayah mana saja yang menjadi kawasan konservasi wilayah laut di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh World Wildlife Fun (WWF) Indonesia.

Dengan adanya aplikasi ini, WWF berharap agar masyarakat Indonesia bisa ikut aktif dalam menjaga kekayaan alam laut di Indonesia melalui aplikasi go green yang satu ini. Buat yang senang diving dan laut, aplikasi ini pastinya cocok banget ada di dalam smartphone EVERCOSS EVers, karena selain menyalurkan hobi, kamu juga bisa menjaga kelestarian laut Indonesia.

Baca juga: 7 Aplikasi Kesehatan Android untuk Menjaga Kebugaran Fisik EVers


Nah, itulah beberapa produk teknologi go green mulai dari alat hingga aplikasi yang bisa jadi pilihan EVers sehari-hari. Beberapa produk memang belum bisa dinikmati secara luas termasuk melalui smartphone EVERCOSS kamu. Tetapi, semoga saja depan semua produk dan aplikasi yang ramah lingkungan ini dapat dinikmati secara luas agar kita bisa ikut berkontribusi menjaga kelestarian alam kita!

Share This: