Tanggal 21 April sudah di depan mata. EVers pasti sudah tahu bahwa pada tanggal tersebut kita akan memperingati lahirnya R.A. Kartini sekaligus bentuk perayaan besar bagi kaum wanita, khususnya para Kartini modern masa kini.

R.A. Kartini sendiri merupakan sosok pahlawan Indonesia yang memperjuangkan hak-hak perempuan Tanah Air. Tanpanya, mungkin perempuan masa kini masih terbelenggu dalam kebodohan.

Sepeninggal Kartini, Indonesia tak begitu saja kehilangan para pejuang wanitanya. Di masa kini lahirlah sosok-sosok Kartini modern yang menginspirasi. Siapa sajakah mereka? Yuk, kita simak artikel ini sampai habis!

Baca juga: 7 Aplikasi Android Khusus Untuk Kamu Para Perempuan


Para Kartini Modern

1. Martha Tilaar

kartini modern
Sumber: Muhammad Syafii

Bagi EVers yang gemar merias wajah dan merawat tubuh, pasti nggak asing lagi dengan Martha Tilaar, sebuah brand produk kecantikan ternama. Siapa sangka, di balik nama besarnya, sosok ibu berusia 79 tahun, telah berhasil membuat ratusan wanita Indonesia menjadi cantik menawan.

Dengan kerja kerasnya selama bertahun-tahun, Martha Tilaar telah sukses mengembangkan berbagai bahan alami menjadi bahan baku kosmetik. Martha Tilaar sendiri telah melahirkan Mustika Ratu dan Sari Ayu yang juga menjadi merk kosmetik Indonesia nomor satu! Hebat sekali, bukan?

2. Sri Wahyuni Agustiani

kartini modern
Sumber: vidio

Sosok Sri Wahyuni Agustiani seakan membuktikan bahwa kekurangan seseorang bukanlah halangan yang menjadikannya lemah dan menyerah. Justru dengan memaksimalkan bakatnya, Sri Wahyuni mampu membuahkan prestasi yang mengagumkan.

Keberhasilannya dalam meraih medali perak angkat besi untuk Indonesia di Asian Games 2014 lalu, membuat dunia olahraga Indonesia harus berbangga.

3. Anna Avantie

kartini modern
Sumber: femmeindonesia

Sosok Kartini modern selanjutnya adalah Anne Avantie, perempuan yang berjuang di bidang fashion. Anne berfokus dalam mengembangkan fashion khas Indonesia, khususnya batik. Anne memulai karirnya sebagai perancang kostum tari, sebelum akhirnya membuka modiste dan menjadi perancang gaun pesta sampai pengantin.

Berkat kerja kerasnya, karya Anne Avantie bahkan nggak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun juga hingga mancanegara. Hingga kini, nama dan karyanya nggak lekang ditelan kemegahan zaman. Keren, ya.

Baca juga : Cari Inspirasi Hijab? Follow 10 Akun Instagram Hijabers Ini!

4. Susi Pudjiastuti

kartini modern
Sumber: Malang Today

Siapa sih yang nggak kenal Susi Pudjiastuti? Beliau adalah seorang menteri kelautan yang hanya menamatkan pendidikannya sampai bangku SMA. Sempat menuai kontroversi saat diangkat menjadi menteri, namun akhirnya Indonesia mengakui kehebatan perempuan yang lahir di Pangandaran ini.

Sebelum menjadi seorang menteri, Susi dikenal sebagai sosok pengusaha yang turut berjasa dalam perputaran roda ekonomi Indonesia. Dirinya memiliki perusahaan penerbangan ternama seperti PT ASI Aviation dan PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

5. Merry Riana

kartini modern
Sumber: profilbos

Sosok Kartini masa kini berikutnya adalah seorang wanita muda yang meraih sukses berkat kegigihan dan sikap pantang menyerahnya. Merry Riana namanya, ibu dari 2 anak yang kini menjadi inspirasi bagi para pemuda pemudi di Indonesia.

Wanita kelahiran 29 Mei 1980 ini adalah seorang penulis buku dan motivator wanita terhebat. Ia berhasil membuktikan kesulitan ekonomi yang dihadapinya pada saat menuntut ilmu di Nanyang Technological University Singapura tidak membatasinya untuk meraih kesuksesannya dalam bidang perencanaan keuangan saat itu.

6. Dian Sastrowardoyo

kartini modern
Sumber: Darin Rania

Tahun ini, sebuah film berjudul Kartini yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo menghadirkan Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran utamanya. Bukan tanpa alasan, menurut Hanung, Dian mampu mewakili sosok Kartini masa kini dengan sikap mandirinya sebagai ibu, seorang feminis hingga menjadi publik figur sekaligus ikon Tanah Air.

Di sisi lain, prestasi Dian sebagai seorang aktris juga nggak perlu diragukan lagi! Kepiawaiannya dalam seni peran berhasil menjadikan film-filmnya masuk jajaran box office tanah air!

7. Ibu

kartini modern
Sumber: Sherief Mursjidi

Sosok Kartini modern yang terakhir tentu saja ibu kita sendiri. Meski nggak memberikan kontribusi yang besar terhadap negara, setidaknya setiap Ibu di rumah selalu pantang menyerah dan nggak pernah lelah dalam merawat dan mendidik EVers untuk menjadi sosok yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Beliaulah sosok Kartini modern sejati yang sesungguhnya. Beliau-lah yang berjuang agar kita semua mampu meraih cita-cita kita. Beliaulah guru dari Kartini-Kartini masa kini!

Baca juga: Kisah Menarik tentang NXA Ladies, Tim Gamer Profesional Wanita dari Indonesia


Itulah sosok para Kartini modern yang dapat EVers teladani. Ketujuh wanita super tangguh diatas membuktikan bahwa emansipasi wanita memang patut diperjuangkan hingga akhir hayat. Tanpa mereka, tidak akan pernah ada perubahan untuk masa depan yang lebih baik. So, tunggu apa lagi? Kitapun sudah bisa mulai untuk berkarya dan melakukan yang terbaik untuk bangsa!

Share This: