7 Permasalahan Umum pada Smartphone dan Cara Mengatasinya!

Sebagai penunjang aktivitas sehari-hari, smartphone menawarkan banyak kemudahan. Tapi bagaimana jika smartphone EVers tiba-tiba bermasalah? Selain waktu, tenaga dan pikiran EVers pasti juga jadi terkuras memikirkan permasalahan pada smartphone-mu.

Untuk mengatasinya, berikut ini permasalahan umum pada smartphone dan mau tahu dan cara untuk mengatasinya?

Baca juga: 6 Tindakan Pertama saat Smartphone Kena Air dari Avery


Permasalahan pada Smartphone dan Cara Mengatasinya

1. Hang

permasalahan pada smartphone
Sumber: Expect Best

Masalah pada smartphone paling umum adalah hang. Ketika hang terjadi, smartphone EVers akan menjadi macet, layar sentuh nggak responsif, dan proses apapun tiba-tiba stuck.

Hang sering terjadi kalau memori internal EVers sudah hampir penuh. Selain itu, Random Access Memory (RAM) sebagai tempat penyimpanan data sementara yang hampir penuh juga menjadi salah satu penyebab masalah pada smartphone satu ini.

Cara mengatasinya mudah saja, hapus saja beberapa aplikasi yang dirasa kurang penting untuk menghindari memori internal yang kepenuhan. Jika semua aplikasi ternyata penting dan harus ada di smartphone, EVers bisa memasang memori ekternal guna menambah ruang untuk aplikasi-aplikasi tersebut.

Selain itu, EVers bisa menambah kapasitas RAM dengan SMAP memory untuk mengurangi masalah hang pada smartphone.

2. Bootloop

permasalahan pada smartphone
Sumber: Android Data Recovery

Berbeda dengan hang, bootloop adalah masalah pada smartphone ketika smartphone tiba-tiba macet lalu restart dengan sendirinya.

Berasal dari gabungan kata boot yang berarti menghidupkan perangkat dan loop yang berarti berulang atau pengulangan, bootloop sendiri mempunyai arti proses reboot dengan sendirinya tanpa memasuki sistem secara kontinyu.

Umumnya, masalah pada smartphone yang satu ini terjadi saat kamu mengutak-atik sistem smartphone tak sesuai dengan prosedur. Selain itu, cache yang penuh dan penggunaan aplikasi yang terlalu lama hingga smartphone kesulitan melakukan booting juga dapat menyebabkan bootloop

Solusi untuk mengatasi bootloop adalah dengan mematikan smartphone dan mencabut baterai selama beberapa saat. Jika setelah baterai dipasang dan dihidupkan kembali tetap nggak berhasil, EVers bisa melakukan factory reset atau mengembalikan ke pengaturan awal atau pabrik melalui sistem recovery.

3. Lemot

permasalahan pada smartphone
Sumber: ihsc notebook repair

Lemot merupakan masalah yang sering sekali terjadi pada smartphone. Apalagi jika smartphone EVers sudah digunakan dalam periode waktu tertentu.

Penyebab dari masalah pada smartphone yang ketiga ini adalah memori internal dan RAM yang terlalu penuh hingga menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat.

EVers bisa mengatasi masalah ini dengan menyeimbangkan penggunaan dengan memori yang tersedia di smartphone. Selain itu, kamu harus rajin membersihkan cache atau sisa data penyimpanan berkelanjutan agar kinerja smartphone semakin ringan dan lancar.

4. Layar Menjadi Putih

permasalahan pada smartphone
Sumber: Digital Trends

Masalah pada smartphone ini adalah ketika smartphone EVers berjalan seperti biasa dengan mode getar dan suara yang masih berfungsi, namun layarnya hanya berupa warna putih polos.

Masalah ini umumnya terjadi karena baterai smartphone yang terlampau panas hingga merusak bagian LCD atau layar. Karena tergolong sebagai masalah yang cukup berat, EVers bisa membawa smartphone ke tempat service dan mengganti LCD-nya.

Untuk mencegahnya, hindari penggunaan smartphone secara berlebihan. Jika EVers merasa smartphone mulai terasa hangat, cobalah untuk mengistirahatkannya terlebih dahulu dengan mematikan atau tidak menggunakannya untuk beberapa saat.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Smartphone Android Jatuh di Permukaan Keras

5. Daya Baterai Menyusut dengan Cepat

permasalahan pada smartphone
Sumber: thetechnews.com

Daya baterai yang menyusut dengan cepat ini menjadi momok bagi setiap pengguna smartphone.

Solusi untuk masalah yang satu ini adalah dengan mematikan aplikasi yang nggak terlalu penting melalui fitur pengaturan dan baterai. Selain itu, EVers juga bisa mengunduh aplikasi battery saver untuk membantu penghematan daya baterai smartphone.

Hindari juga menggunakan smartphone secara gila-gilaan dan men-charge smartphone tanpa kenal waktu, karena hal ini juga akan merusak baterai dan membuatnya jadi “bocor”.

6. Brick

permasalahan pada smartphone
Sumber: CashAdvice.com

Brick adalah keadaan dimana smartphone EVers sudah nggak dapat menyala sama sekali. Masalah pada smartphone yang keenam ini terbagi dua menurut tingkatan masalahnya yaitu soft brick dan hard brick.

Kondisi soft brick adalah ketika EVers tidak bisa masuk ke recovery mode maupun download mode. Penyebab umum dari masalah ini adalah gagal flashing ataupun overclock.

Jika smartphone dalam keadaan seperti ini, cobalah mengisi daya dan mengamati tanda-tanda kehidupan pada smartphone. Jika ada, EVers bisa melakukan factory reset dengan bantuan komputer ataupun membawanya ke tempat service.

Selanjutnya, masalah hard brick yang terjadi ketika smartphone tercebur air ataupun terjatuh dari ketinggian tertentu sehingga mengakibatkan mesin smartphone rusak total. Satu-satunya solusi adalah dengan membawa smartphone tersebut ke tempat service untuk diganti hardware yang rusak.

7. Smartphone Sering Mati dan Restart Sendiri

permasalahan pada smartphone 3
Sumber: 뉴스줌

Permasalahan pada smartphone yang terakhir ini biasa terjadi pada smartphone dengan kualitas hardware yang rendah ataupun smartphone yang sudah cukup lama digunakan.

Penyebab utama dari smartphone yang sering mati dan restart sendiri adalah karena motherboard yang mengalami kerusakan. Solusinya adalah dengan membawa smartphone tersebut ke tempat service dan mengganti motherboard yang rusak dengan yang baru.

Disamping itu, EVers bisa menghindari smartphone yang sering restart sendiri dengan menghindari penggunaan charger yang berbeda-beda.

Baca juga: Cara Jitu Menghapus Virus Trojan di Smartphone Android


Nah, itulah 7 masalah yang umumnya terjadi pada smartphone dan berbagai cara untuk mengatasinya. Selain itu, gunakanlah smartphone yang kompatibel dan sesuai kebutuhan kamu sehingga permasalahan-permasalahan pada smartphone ini bisa dihindari.
Untuk EVers yang gemar bersosialmedia dan online misalnya, kamu bisa mencoba EVERCOSS Winner Y Smart yang dilengkapi RAM besar dan juga konektivitas 4G yang anti lemot!

Yuk, bagikan berbagai permasalahan pada smartphone atau tips mencegahnya yang EVers ketahui!

Share This:

1 Comment

  1. nice info min, thanks ya min..

    visit website kita juga ya Advertising Palembang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2017 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑