Sekarang ini, anak-anak sudah jauh lebih familiar dengan permainan smartphone bila dibandingkan dengan permainan tradisional. Beberapa orangtua mungkin khawatir dengan hal ini, tapi game Android anak-anak pada smartphone EVERCOSS kamu bisa menjadi hal yang positif loh.

Selain menghibur anak, permainan smartphone juga bisa mendukung perkembangan kognisi. Ingin tahu video game Android apa saja yang cocok untuk anak-anak? Mari kita simak daftar-daftarnya.

Baca juga: Yuk Kita Cegah Kejahatan Digital Terhadap Anak-Anak dengan Melakukan 5 Cara Ini!


Game Android Anak-anak

1. Angry Birds

Game android anak-anak
Sumber: Angry Birds

Angry Birds adalah salah satu game android anak-anak yang paling populer di antara anak-anak. Grafik penuh warna cerah dan permainan sederhana yang mudah diikuti menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang menggandrungi permainan ini.

Bagi EVers yang belum tahu, Angry Birds memiliki physics based gameplay. Dalam setiap stage EVers harus meluncurkan para angry birds untuk mengeliminasi sejumlah piggy yang bersembunyi di dalam struktur.

Secara nggak langsung, anak-anak mempelajari pengetahuan dasar fisika dengan memainkan Angry Birds, loh! Mereka perlu tahu di mana mereka harus melempar para angry birds untuk memancing reaksi berantai kejatuhan struktur, kalau tidak, mereka pasti akan kesulitan dalam menyelesaikan stage-stage Angry Birds.

2. Cut the Rope

Game android anak-anak
Sumber: Cut the Rope wiki

Dalam permainan ini, anak-anak akan dihibur oleh Om Nom, si tokoh berwajah konyol yang jadi ikon Cut the Rope. Sama seperti judulnya, EVershanya perlu memotong tali dalam permainan ini. Pasalnya, terdapat permen yang terikat di tali tersebut dan EVers harus membantu Om Nom meraih permen tersebut dengan memotong tali.

Dengan mempertimbangkan tarikan gravitasi ataupun momentum ayunan tali, para pemain jadi harus berpikir untuk menyelesaikan puzzle yang menjadi inti permainan. Ditambah dengan tingkat kesulitan yang selalu menanjak dan pengenalan konsep penyelesaian baru pada setiap stage, kemampuan berpikir akan menjadi semakin terasah.

3. Endless Alphabet

Game android anak-anak
Sumber: Play Store

Endless Alphabet adalah permainan edukasi yang amat kaya dalam presentasi visualnya. Premis permainannya juga amat sederhana. Pemain hanya perlu menyusun alfabet sesuai dengan kata yang telah ditentukan.

Ketika pemain melakukan tap and drag pada huruf alfabet, huruf tersebut akan bergerak dan menampilkan bentuk lucu. Setelah menyelesaikan kata yang ditentukan, pemain juga akan dihadiasi dengan animasi singkat aktivitas monster-monster konyol yang menggambarkan makna kata tersebut.

Game android anak-anak ini tersedia secara gratis dan amat cocok untuk dimainkan oleh anak yang baru saja belajar alfabet dan cara mengeja.

4. Explorium: Ocean For Kids

Game android anak-anakSumber: Google Play

Explorium: Ocean for Kids adalah permainan dengan fokus pada konsep eksplorasi laut. Pada permainan ini EVers akan mengendalikan seorang anak yang menjelajahi kedalaman laut.

Petualangan bawah laut tersebut akan didukung dengan segudang entri ensiklopedia mengenai fauna, flora, dan objek laut yang dapat ditemui dalam permainan. Selain itu, ada juga permainan puzzle sederhana yang melatih memori dan kemampuan pemecahan masalah di sepanjang petualangan.

Ketersediaan aplikasi secara gratis dan ketiadaan in-app purchase juga layak mendapat acungan jempol untuk Explorium.

5. Toca Kitchen 2

Game android anak-anak
Sumber: YouTube

Kalau EVers ingin mengembangkan kreativitas anak, tapi takut mereka membuat kekacauan di dapur, maka permainan ini adalah jawabannya. Toca Kitchen 2 mendorong para pemainnya untuk menjadi kreatif dalam dapur virtualnya.

Di sini, para pemain dapat berkreasi semaksimal mungkin dengan aneka bahan mentah yang tersedia. Mereka juga bisa bereksperimen dengan berbagai proses mengolah makanan, seperti mencincang, memblender, merebus, menggoreng, dan seterusnya. Tidak hanya sampai di sana, pemain juga dapat melihat reaksi tokoh-tokoh kartun ketika mencoba hasil kreasi masakannya.

Jangan heran kalau EVers melihat tokoh kartun yang kelabakan ketika kamu memberikannya semangka yang dilumuri kecap.

Baca juga: Mengapa Kamu Harus Membeli Smartwatch J1 untuk Keselamatan Anak?


Permainan anak-anak itu memang banyak yang memberikan hiburan sekaligus pelajaran dalam satu paket. Tapi, jangan sampai mereka melupakan aktivitas outdoor juga ya. Anak-anak juga butuh bermain bebas di luar dan bersosialisasi dengan teman-teman mereka. Jadi, pastikan para adik-adik kecil memiliki hiburan, aktivitas outdoor, dan kegiatan sosial yang seimbang,

Share This: