Apa sih hal yang paling menyebalkan yang pernah terjadi di smartphone EVers? Layar tergores? Lensa kamera tergores? Baterai rusak? Uhmm, ternyata banyak juga ya hal menyebalkan yang bisa terjadi ke smartphone kamu, Hihihihi. Di sini, yang Avery akan bahas adalah saat smartphone kena air. Cukup menyebalkan, bukan?

Bagi EVers yang smartphone-nya basah dan sekarang kebingungan, tenang saja. Smartphone yang terkena air bukan berarti nggak bisa diselamatkan. Ikuti langkah – langkah berikut untuk pertolongan pertama saat smartphone kamu terkena air.


Saat Smartphone Kena Air

1. Langsung Keluarkan Smartphone

smartphone kena air

Sumber: DariuszSankowski

Langkah pertama, tentu saja keluarkan smartphone dari baskom, toilet atau tempat basah yang lainnya. Jadi, EVers harus gercep alias gerak cepat saat smartphone jatuh ke air supaya nggak terendam terlalu lama yang mengakibatkan kemungkinan bagian dalam smartphone sudah rusak total dan nggak bisa diselamatkan lagi.

Jika sudah terlanjur terendam, coba saja lanjutin ke langkah berikutnya. Siapa tahu smartphone kamu masih bisa diselamatkan.

2.Jangan Nyalakan Dulu Smartphone-nya

smartphone kena air

Sumber:Phone Lane

EVers, walaupun smartphone sudah kamu lap kering ataupun kelihatannya kering, jangan dinyalakan dulu. Jika masih ada sisa air didalamnya, menyalakan smartphone bisa mengakibatkan korslet yang very very berbahaya karena akan merusak smartphone.

Jika baterai bisa dilepas, lepas sekarang juga supaya aman. Setelah itu, lepaskan semua yang bisa dilepaskan, casing, cover baterai, sim tray, pokoknya semuanya. Lepaskan dan biarkan beberapa saat sampai EVers yakin semua komponen kering.

3. Jangan Menggunakan Blowdryer

smartphone kena air

Sumber:The Lifestyle Library

Beberapa dari kalian biasanya akan terpikir untuk mengeringkan smartphone menggunakan blowdryer. Ide ini very very berbahaya! Nyatanya, panas dari blowdryer bisa merusak perangkat elektronik smartphone kamu. Jadi, jangan sampai EVers kepikiran untuk menggunakan alat satu ini, ya.

4. Pakai Penghisap Debu untuk Menghisap Airnya

smartphone kena air

Sumber:Smart Vacuums

Dari pada memakai blowdryer, pakai saja penghisap debu. Tapi hati – hati. Jika penghisap debu terlalu dekat dengan smartphone, ini akan mengakibatkan listrik statik yang pasti akan merusak smartphone kalian.

Avery menyarankan untuk memakai penghisap debu khusus komputer yang bisa dibeli di toko komputer. Jika tidak ada atau tidak yakin,coba saja langkah selanjutnya.

5.Letakkan di dalam beras semalaman

smartphone kena airSumber:Lightluna94

EVers, sekali lagi, walaupun merasa smartphone sudah kering, tetap jangan dinyalakan. Timbun smartphone ke dalam beras (yang penting smartphone-nya terkubur didalamnya). Beras akan menyerap semua air dari lingkungannya, termasuk air-air yang tersisa di smartphone kamu.

Menggunakan silagel yang biasa didapat saat membeli sepatu baru juga bisa jadi alternatif mengganti beras! Benda kecil ini punya kemampuan untuk menyerap air dan udara lembab.

6. Pastikan smartphone kering, baru dinyalakan

Sumber:niekverlaan

Setelah 6 jam lebih, keluarkan smartphone kamu. Pastikan sudah benar – benar kering. Jika EVers merasa masih ada air di dalamnya, timbun balik ke dalam beras. Jika sudah pasti, nyalakan smartphone kamu. Jika bisa nyala, selamat! EVers nggak perlu membeli smartphone baru! Hihihi


Tentu tips Avery ini adalah tips lima jempol untuk pertolongan pertama saat smartphone kamu kena air! Tapi bukan berarti nggak ada kemungkinan smartphone kamu tidak bisa diselamatkan. Ada banyak faktor lain yang bisa membuat smartphone kena air jadi nggak bisa diselamatkan. Ya, kalau gitu tidak bisa di apa – apain lagi. Bawa saja ke pusat servis smartphone atau beli yang baru. Hihihihi

Share This: