Hari raya Nyepi adalah hari besar umat Hindu ,terutama di Bali, dimana mereka melepaskan diri dari aktivitas sehari-hari. Sebagai gantinya, umat yang merayakan akan bermeditasi, merenungkan kehidupan dan memperkuat iman. Selain nggak melakukan aktivitas sehari-hari, umat yang merayakan juga dilarang menyalakan lampu atau api, bepergian, dan bersenang-senang.

Lalu bagaimana dengan yang nggak merayakan? Karena aktivitas sehari-hari libur, dan semua tempat rekreasi tutup, yang nggak merayakan pun pada umumnya berdiam di rumah.


Untuk mengusir rasa bosan di rumah, smartphone tentu menjadi salah satu pilihan. Berikut 6 hal yang dapat EVers lakukan dengan smartphone saat hari raya Nyepi.


Hari Raya Nyepi Bersama Smartphone

1. Mendengar Musik

hari raya nyepi

Sumber: The Glass Desk
Dimulai dari hal yang sederhana yaitu, mendengar musik. Bukan hari raya Nyepi pun, aktivitas mendengarkan musik sering dilakukan. Terutama buat yang hobi musik, yang nggak bisa hidup tanpa musik, atau pecandu musik.

Namun, karena aktivitas yang terbatas, dorongan bagi yang nggak merayakan Nyepi untuk mendengarkan lagu tentu semakin kuat. Mendengarkan musik sambil ngopi atau ngeteh di pagi hari nampaknya menjadi aktivitas andalan untuk menikmati libur hari raya Nyepi.

Sedangkan untuk yang merayakan Nyepi, mendengarkan musik juga penting. Musik-musik tertentu dapat digunakan untuk membantu proses meditasi. Hidup musik!

Buat EVers yang bingung mencari musik di smartphone, EVers bisa mencoba aplikasi streaming musik seperti Spotify yang bisa diunduh di sini.

Baca juga: 5 Aplikasi Streaming Musik Gratis untuk Smartphone Android

2. Bermain Game

hari raya nyepi
Sumber: 3dman_eu
Nggak ada jadwal sekolah, kursus, kerja, dan lain-lain. Puas-puasin deh main game. Yang biasa sembunyi-sembunyi main game di sekolah atau kantor, di hari Nyepi, EVers bisa main sepuasnya tanpa rasa bersalah.

Clash of Clan, Hay Day, Swamp Attack, Candy Crush, atau apa pun game EVers, hajar!

Tapi, untuk yang merayakan hari raya Nyepi, gunakan waktu sebagaimana mestinya ya. Bermeditasi dan berdoa lah dengan baik, tinggalkan sejenak game-game yang biasa kamu mainkan.

Baca juga 7 Game Online Seru buat Smartphone 4G EVERCOSS Winner Y Smart!

3. Komunikasi

hari raya nyepi

Sumber: Kaboompics
Buat EVers yang nggak merayakan, hari raya Nyepi juga adalah waktu EVers untuk libur dari rutinitas. Karena itu, ini adalah kesempatan yang baik untuk memperbanyak komunikasi dan bersosialisasi.

EVers bisa menggunakan smartphone untuk chatting, SMS, atau telepon. Hubungi kembali sahabat, teman lama, gebetan, pacar, atau mantan mungkin (dipikir dengan matang dulu kalau yang ini). Dari pada luntang lantung kurang jelas, ya kan.

4. Media Sosial

hari raya nyepi

Sumber: Jason Howie
Selanjutnya, hal yang bisa EVers lakukan dengan smartphone saat hari raya Nyepi adalah aktif di media sosial.

Yang biasanya jadi silent reader, boleh lah sekali-sekali agak ceriwis, komentar sana sini. Lalu buat EVers yang biasa aktif di med-sos, mumpung nggak banyak kerjaan, komen lebih banyak lagi. Tinggalkan komentar di setiap post timeline Instagram EVers, update status, kemukakan pendapat pribadi di Facebook atau Path.

Tips buat yang mau mengemukakan pendapat atau curhat di media sosial, jangan terlalu panjang, nanti nggak ada yang baca.

Sedangkan buat EVers yang merayakan, usahakan hindari media sosial, utamakan kekhusukan. Hindari meng-updatestatus. Bukannya, dikagumi malah bisa dikritik karena hal-hal seperti ini.

5. Jual-Beli Online

hari raya nyepi
Sumber: Geralt
Walaupun libur hari raya Nyepi, EVers yang nggak merayakan tentunya masih tetap bisa berjualan online. Bagi EVers yang bisa meraup penghasilan walaupun saat libur, bersyukur lah. Mudah-mudahan justru semakin ramai di hari besar umat Hindu ini.

Berita buruknya, buat EVers yang biasa belanja online, hari libur ini bisa jadi waktu yang rawan ‘kalap’. Punya banyak waktu untuk searching barang yang diinginkan, sehingga berpotensi semakin banyak barang yang dibeli. Alhasil, pengeluaran semakin membengkak. Hati-hati yah, ingat dompet, ingat tabungan, ingat masa depan.

Baca juga: 5 Aplikasi Belanja Online di Indonesia untuk Smartphone Android

6. Berselancar di Internet

hari raya nyepi

Sumber: Pexels
Untuk EVers yang biasa berselancar di pantai Bali, karena pantai-pantai ditutup saat Nyepi, berselancar aja di Internet. Cari tahu tentang hal-hal baru seperti penemuan yang menggemparkan.

Konon katanya, dengan banyak mengetahui fakta-fakta menarik, EVers akan terlihat jauh lebih cerdas, lho.


Nah. hari raya Nyepi memang adalah saatnya untuk menenangkan diri dan mencari kedamaian dalam diri. Namun, yang nggak merayakan hari raya Nyepi pun bisa tetap menikmati liburannya, kok.

Apapun yang terjadi, suka-duka, susah-senang, mari jalani hidup dengan damai dan bahagia. Untuk mempermudah hidup damai dan bahagia, gunakan smartphone canggih yang mendukung sinyal 4G, seperti EVERCOSS WINNER Y SMART.

Selamat hari Nyepi buat yang merayakan dan semoga hari-hari EVers menyenangkan!

Share This: