Banyak pengguna smartphone yang tidak menyadari pentingnya menghapus virus Trojan. Virus Trojan adalah salah satu virus yang cukup populer dan menyerang banyak smartphone.
Buat kamu yang masih asing dengan nama virus Trojan, virus ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi yang tersimpan dalam smartphone.

Bayangkan jika ada seseorang yang dapat mengakses informasi kartu kredit, nomor kontak, mengirim atau menerima SMS atau kejahatan lainnya. Jika tidak segera dihapus, virus Trojan tentu akan sangat merugikan.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: Review LINE Antivirus, Pelindung Smartphone yang Ringkas dan All in One

Kenali penyebab

menghapus virus trojan

Sumber Gambar: Blogtrepreneur
Sebelum membahas cara untuk menghapus virus Trojan, ada baiknya untuk mengetahui beberapa penyebab smartphone dapat terinfeksi, sebagaimana mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Virus Trojan biasanya disembunyikan oleh pembuatnya di dalam aplikasi yang keamanannya tidak bisa dipastikan. Biasanya aplikasi ini berasal situs dari luar Google Play Store.
Berhati-hati terhadap situs yang EVers kunjungi khususnya yang memiliki iklan pop-up, terkadang di balik iklan tersebut juga terdapat aplikasi yang diatur agar auto download ke smartphone.
Untuk mendapatkan aplikasi premium secara gratis, banyak pengguna yang rela melakukan root terhadap smartphone, namun di balik smartphone yang telah di root tersebutlah tersembunyi virus Trojan.
Memori eksternal yang digunakan telah terinfeksi virus Trojan. Sebelum menggunakan memori sebaiknya lakukan virus scanning terlebih dahulu

Dengan mengetahui beberapa faktor ini, EVers dapat mencegah agar virus Trojan kembali menjangkiti smartphone.

Menghapus Virus Trojan dengan Aplikasi Stubborn Trojan Killer

menghapus virus trojan

Sumber Gambar: blogtechtips
Jika smartphone EVers telah terinfeksi virus Trojan, jangan mengulur waktu untuk segera menangani virus tersebut karena akan semakin membahayakan privasi yang tersimpan di smartphone.

Salah satu aplikasi yang paling ampuh dalam mendeteksi serta menghapus virus Trojan adalah “Stubborn Trojan Killer” yang relatif ringan dan mudah untuk digunakan. Aplikasi ini diciptakan oleh developer ternama yang telah menciptakan banyak aplikasi jempolan seperti Clean Master.

Untuk menghapus virus Trojan di smartphone, yang harus EVers lakukan pertama adalah meng-install aplikasi Stubborn Trojan Killer dari Google Play Store. Tampilan aplikasi sangat sederhana sehingga EVers akan langsung memahami bagaimana menggunakan aplikasi ini, yaitu dengan menekan tombol “Scan”.

Dalam hitungan detik, hasil dari pemeriksaan dapat langsung diketahui. Jika ternyata smartphone kamu benar telah terinfeksi, aplikasi akan memberikan informasi mengenai di mana virus Trojan ini bersembunyi, dan menyarankan kamu untuk segera uninstall aplikasi yang menyimpan virus tersebut. Setelahnya, smartphone akan kembali aman dari ancaman virus.

Namun perlu diingat bahwa aplikasi Stubborn Trojan Killer tidak bersifat real time yang selalu memberi notifikasi jika smartphone telah terinfeksi. Oleh karena itu, EVers disarankan untuk melakukan pengecekan (scan) berkala agar dapat segera menghapus virus Trojan.

Aplikasi Stubborn Trojan Killer bisa EVers unduh di  sini

Install ulang

menghapus virus trojan

Sumber Gambar: Jason Howie
Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk menghapus virus Trojan adalah dengan melakukan install ulang terhadap smartphone yang telah terinfeksi virus. Dengan menghapus semua aplikasi yang ada dan membuat smartphone seolah menjadi baru kembali, virus dapat dihilangkan.

Akan tetapi, cara ini kurang disarankan karena diperlukan usaha lebih untuk melakukan install ulang, serta memindahkan atau backup data-data penting EVers ke hard disk terlebih dahulu. Setelah smartphone telah bebas dari virus, EVers harus mengembalikan data yang dipindahkan sebelumnya, sehingga kurang nyaman.


Nah, sekarang Evers sudah tahu bagaimana cara menghapus virus Trojan serta cara untuk menghindarinya. Agar smartphone EVers dapat terus terhindar dari virus, jangan lupa cek melalui antivirus secara berkala yah!

Sumber Gambar Utama: Geralt

Share This: