Bagi kamu yang sering ataupun yang sudah lama menggunakan smartphone Android, cepat atau lambat pasti akan merasakan permasalahan smartphone lemot.

Smartphone lemot sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari banyaknya aplikasi yang berjalan, CPU yang terlalu panas, sampai data sampah yang membuat memori menjadi penuh.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, EVers tidak usah ambil pusing, karena EVERCOSS (baca: everkos) sudah menyiapkan lima aplikasi ampuh untuk mengatasi lemot di smartphone Android!

1. CCleaner

smartphone lemot

CCleaner cocok bagi perangkat Android yang sudah terlalu banyak dipenuhi data-data “sampah”. Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan minimalis dan mudah dipahami, dimana pengguna cukup menekan satu tombol untuk menganalisis semua data yang tidak penting. Mulai dari cache aplikasi, riwayat browser, sampai riwayat panggilan dan SMS dapat dibersihkan secara otomatis.

Selain itu, CCleaner juga menawarkan pembersihan aplikasi yang sedang tidak dipakai, sehingga smartphone kamu tidak memakan banyak memori (RAM). EVers mampu menonaktifkan ataupun menghapus aplikasi yang dilakukan secara cepat dan tanpa repot.

CCleaner awalnya merupakan salah satu aplikasi pembersih terbaik untuk PC. Oleh karena itu, EVers tidak perlu ragu lagi deh soal kualitasnya!

CCleaner tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh secara gratis di sini.

2. DU Speed Booster & Cleaner

smartphone lemot

Bagi EVers yang ingin pembersih serba komplit, ini dia aplikasinya! DU Speed Booster & Cleaner mampu menambah kecepatan smartphone, membersihkan data, cache, sampai antivirus, semua dalam satu aplikasi. Belum lagi fitur CPU cooler, yang bisa mengawasi dan menstabilkan suhu smartphone!

Lemot di smartphone Android tentunya tidak cuma soal performa aplikasi saja. DU Speed Booster & Cleaner juga menawarkan fitur network boost, untuk mengecek kecepatan internet dan mengoptimalkan performa internet di smartphone kamu!

DU Speed Booster & Cleaner tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh secara gratis di sini.

3. Clean Master

smartphone lemot

Clean Master adalah salah satu aplikasi pembersih Android terbaik, dengan jumlah total pengguna lebih dari 700 juta orang! Mirip dengan DU Speed Booster & Cleaner, Clean Master juga menawarkan berbagai macam fitur untuk membasmi lemot di smartphone Android kamu!

Selain fitur-fitur pembersih dan antivirus pada umumnya, Clean Master juga menyediakan fitur-fitur unik lainnya, seperti penguncian aplikasi menggunakan PIN atau kata sandi, serta game booster untuk meningkatkan performa smartphone ketika sedang bermain game! Cocok kan, bagi EVers yang hobi gaming di smartphone?

Clean Master tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh secara gratis di sini.

4. Greenify

smartphone lemot

Aplikasi yang satu ini punya pendekatan yang berbeda dari yang lain. Umumnya, aplikasi pembersih akan mematikan aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan. Namun, terkadang hal ini bisa berpotensi menghasilkan masalah!

Beberapa aplikasi dapat menjadi rusak apabila sering dimatikan secara tiba-tiba. Greenify bekerja dengan mengubah status aplikasi tak terpakai ke fase hibernasi, dimana aplikasi tersebut tidak dimatikan tetapi tetap dijalankan dan hanya memakan sedikit saja RAM.

Alhasil, EVers dapat mengurangi permasalahan smartphone lemot secara aman!

Greenify tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh secara gratis di sini.

5. Android Assistant

smartphone lemot

Bagi EVers yang ingin kontrol lebih, bisa coba yang satu ini. Android Assistant adalah salah satu aplikasi paling lengkap dalam hal pengaturan Android, yang memungkinkan kamu untuk mengatur agar smartphone kamu berjalan seoptimal mungkin!

Selain menawarkan fitur pembersih, Android Assistant juga menyediakan fitur monitoring sehingga kamu dapat memantau kondisi smartphone kamu dengan mudah. Ada juga task manager, file manager, app backup, dan banyak lagi lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk meminimalisir permasalahan smartphone lemot kamu!

Android Assistant tersedia di Google Play Store dan bisa diunduh secara gratis di sini.


Semua aplikasi anti smartphone lemot di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, pastikan untuk mengunduh aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan EVers!

Pastikan juga untuk tidak menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut secara sekaligus, karena belum tentu aplikasi tersebut cocok dengan satu sama lain!

Bosan? Yuk iseng-iseng bikin Meme kocak dengan 5 aplikasi smartphone Android ini!

Share This: