Komunikasi baik menjadi syarat penting yang harus dimiliki oleh sebuah tim, terutama dalam pekerjaan. Namun disadari atau tidak, setiap tim memiliki kebutuhan dan masalah yang berbeda dalam komunikasi. Misalnya seperti topik pembahasan yang terkadang tidak perlu melibatkan semua anggota tim atau seseorang yang melewatkan informasi penting karena terlalu banyak pembahasan yang tidak relevan dalam diskusi.

Penggunaan aplikasi komunikasi menjadi jawaban bagi tim untuk dapat berkomunikasi secara optimal. Buat kamu pengguna tablet PC, tersedia banyak opsi yang bisa dicoba lho, yuk simak artikel berikut!

1. Slack

aplikasi komunikasi 1Sumber Gambar: slack
Slack menjadi pilihan favorit bagi perusahaan kecil, khususnya start-up, karena fiturnya yang super komplit namun tanpa biaya berlangganan. Dengan Slack, kamu bisa menciptakan channel yang berhubungan dengan divisi, project, atau topik pembahasan tertentu dan mengundang anggota yang relevan.

Selain itu, kamu bisa memanggil anggota tim menggunakan fitur mention agar ia mendapatkan notifikasi secara langsung (konsep yang serupa pada Facebook). Pengaturan terhadap notifikasi yang real time juga dapat kamu atur sesuai keinginan. Terakhir, jika kamu ingin mencari informasi dari percakapan sebelumnya dapat menggunakan fitur search yang ada pada bagian atas layar.

2. Bitrix24

aplikasi komunikasi 2Sumber Gambar: bitrix24
Mirip seperti Slack, Bitrix24 juga cocok digunakan oleh perusahaan kecil maupun startup, namun dengan tampilan dan penggunaan yang lebih sederhana. Hal menarik yang dapat kamu lakukan di Bitrix24 adalah membuat rencana tim ke platform.

Adanya fitur kalendar, group chat & video call, dan file sharing memudahkan pengelolaan projek yang sedang digarap bersama rekan lainnya.

3. Glip

aplikasi komunikasi 3Sumber Gambar: glip
Glip menawarkan pengalaman kolaborasi pekerjaan yang menyenangkan. Bagaimana tidak, hampir semua kebutuhan komunikasi tersedia di sini. Glip memiliki fitur penjadwalan, pengelolaan tugas, dan file sharing. Semuanya dilakukan dalam Glip, sehingga tidak perlu berganti-ganti ke aplikasi lain dan membuang waktu.

Hanya melalui beberapa langkah sederhana, projek kelompok langsung dibuat dengan kemampuan tracking terhadap segala progress yang ada. Menarik bukan? Selain itu, kamu juga bisa melakukan pencarian terhadap pekerjaan yang dibahas dalam chat room.

4. Skype

aplikasi komunikasi 4Sumber Gambar: skype
Berbicara soal aplikasi komunikasi untuk mempermudah pekerjaan, Skype tentunya wajib diperhitungkan. Aplikasi ini menjadi pilihan bagi banyak perusahaan karena dilengkapi dengan fitur group video call. Jika kamu membutuhkan fitur komunikasi yang lebih komplit, Skype juga menyediakan Skype Business yang dapat berintegrasi dengan Office, mengatur jadwal online meeting, dan fitur menarik lainnya.

5. Redbooth

aplikasi komunikasi 5Sumber Gambar: redbooth
Redbooth dirancang khusus untuk kebutuhan kerjasama tim dan manajemen projek secara online. Mulai dari informasi tentang tugas, durasi, atau batas waktu pengerjaan dan siapa saja anggota tim yang terlibat dalam tugas tertentu.

Buat kamu yang penasaran, Redbooth cukup mudah untuk digunakan karena tampilan dan desain yang sederhana. Setiap user akan mendapatkan informasi mengenai tugas apa saja yang dimiliki serta notifikasi ataupun komentar pada pekerjaan yang diberikan oleh rekan kerja.

6. Microsoft Lync

aplikasi komunikasi 6
Sumber Gambar: Wikimedia
Sebagai aplikasi komunikasi yang dibesut oleh Microsoft, Microsoft Lync dapat diintegrasikan ke puluhan aplikasi yang memudahkan pekerjaan, seperti Office 365, One Drive, Skype Business, dan lain sebagainya. Produktivitas tim menjadi lebih tinggi dengan adanya fitur video dengan resolusi HD 1080, telepon, dan juga pesan singkat.

7. Campfire

aplikasi komunikasi 7Sumber Gambar: campfirenow
Campfire adalah aplikasi komunikasi berbasis web yang memungkinkan pengguna untuk memasangkan proteksi pada chatdalam bentukpassword. Tidak perlu khawatir soal produktivitas pekerjaanmu karena Campfire sangat responsif dan cukup sering melakukan update, sehingga menghindari ketidaknyaman saat menggunakannya.

Registrasi yang mudah, mendukung multiple chatroom hingga 100 pengguna, serta adanya fitur file transfer dalam Campfire memastikan kemudahan kolaborasi tim kamu.


Well, demikian kumpulan aplikasi komunikasi yang dapat mempermudah kolaborasi pekerjaan bersama tim. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang akan cocok untuk jenis pekerjaan tertentu. Jadi, yang mana pilihanmu?

Share This: