Bagi kamu yang memiliki kamera depan beresolusi super seperti Winner T Selfie, pasti nggak tahan kan buat nggak selfie? Apalagi kalau dibantu aplikasi secanggih B612 yang dikembangkan oleh LINE khusus untuk penggila selfie.

Kenapa namanya B612? Menurut Antoine de Saint-Exupery, penulis buku The Little Prince, B612 mengandung arti B, 6, 1, dan 2. Huruf keenam di alfabet adalah “F”, huruf pertama adalah “A” dan huruf kedua adalah “B”. Jika digabungkan, huruf-huruf tersebut menjadi B FAB yang berarti be fabulous.

Sepertinya pengembang aplikasi B612 menginginkan aplikasi ini untuk orang-orang keren seperti EVers yang extraordinary kali ya? Nggak salah memang, karena itulah kesan pertama EVERCOSS (baca: everkos) ketika mencoba aplikasi ini. Tapi apa sih yang membuat aplikasi ini menakjubkan?

Tampilan B612 yang Sederhana

review-b612-screenshot-1

Tampilan dasar B612 seperti halnya tampilan dasar aplikasi kamera bawaan smartphone dengan tambahan tiga menu di bawah berupa stiker, shutter dan efek. Di bagian atas, pengguna dapat menemukan menu folder, rasio gambar, switch kamera dan tombol pengaturan.

Untuk mengambil gambar, EVers bisa menggunakan shutter yang disediakan, atau kamu juga bisa mengaktifkan touch to capture melalui menu pengaturan.

Filter Selfie yang Berlimpah

review-b612-picture-2

B612 menyediakan lebih dari 50 filter untuk kamu yang doyan selfie. Dijamin puas deh! EVers bisa memilih filter yang telah disediakan dan memasukkannya ke dalam daftar filter favorit. Jadi, EVers nggak usah ribet deh untuk mencari-cari yang disukai dari berjibun filter yang ada.

Perlu EVers ketahui, ketika menggunakan aplikasi B612, filter dasar akan terpasang secara otomatis. EVers cukup menggeser layar smartphone untuk menyesuaikannya dengan filter yang kamu suka.

Namun jika terlalu banyak filter yang tidak diinginkan, kamu pun juga bisa mengurangi (atau menambah) filter melalui menu rahasia di pojok kanan atas aplikasi B612.

Stiker-stiker Lucu untuk Riasan Foto

review-b612-picture-3

Salah satu fitur unggulan B612 adalah stiker. Sembari mengambil gambar, EVers bisa menambahkan berbagai stiker yang telah disediakan.

Secara bersamaan, kamu juga bisa melihat preview hasil jepretanmu. Stiker juga mampu mengenali wajah, sehingga kamu bisa memasang stiker kategori topeng tepat di wajah kamu secara otomatis. Lucu kan?

Hanya saja di Google Play Store, ditemukan banyak keluh kesah mengenai tidak bekerjanya fitur ini ketika offline, meskipun pengguna telah mengunduh stiker-stiker mereka sebelumnya. Jadi jangan lupa pastikan juga untuk tetap online supaya aktivitas selfie kamu tidak terganggu.

Video Selfie

review-b612-picture-4

Selain foto, EVers juga bisa merekam video selfie lho! EVers cukup menekan dan menahan shutter sedikit lebih lama sehingga B612 dapat merekam video selfie kamu.

Ingin mencoba berbagai merek makeup terkenal lewat smartphone kamu, yuk cobain pakai aplikasi LINE Looks!

Selain itu, EVers juga bisa menambahkan beberapa pilihan audio yang tersedia ke dalam video kamu. Kurang suka dengan pilihannya? Tambahkan saja koleksi lagu favorit atau suara merdumu. Asyik kan?

Fitur Kolase Foto

review-b612-screenshot-5

Ingin menampilkan berbagai ekspresi dan gaya dalam satu momen? Dengan fitur kolase, EVers bisa menyatukan berbagai ekspresi dari foto-foto terbaikmu dalam satu frame foto.

Untuk memanfaatkan fitur ini, EVers hanya perlu mengetuk menu kolase yang ada di bagian atas layar aplikasi. Setelah pilih blok kolase yang EVers inginkan, kamu bisa memulai mengambil gambar sesuai jumlah blok kolase yang dipilih.

Fitur Kamera

review-b612-screenshot-6

B612 juga dilengkapi dengan fitur timer seperti halnya pada aplikasi kamera pada umumnya. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu bisa wefie ria bersama teman-temanmu tanpa canggung memencet tombol shutter sendiri.

Selain timer, B612 juga menyediakan fitur Vignette dan Tilt-shift. Di mana Vignette bisa EVers manfaatkan kalau menginginkan border pada filter fotomu. Sedangkan Tilt-shift akan bermanfaat bagi EVers yang ingin mengaburkan (blur) bagian atas dan/atau bawah foto-foto yang kamu ambil.

Membagikan Foto dengan Mudah

review-b612-picture-7

Bagi penggila selfie rasanya ada yang kurang kalau foto-foto yang telah dihasilkan tidak dipamerkan kepada dunia. Nah, untuk mengakomodasi hasrat kamu ini, B612 menyediakan fitur berbagi foto ke berbagai jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, ataupun Instagram.

Selain berbagi foto, pada tinjauan hasil foto jepretan, EVers juga diberikan pilihan untuk menyimpan foto. Sehingga kamu tidak perlu bersedih jika memori penyimpanan kamu tidak terlalu besar, B612 tidak akan membuatmu otomatis menyimpan semua hasil foto kok.

Sekarang Bisa tanpa Watermark!

review-b612-picture-8

Di awal kemunculannya, B612 mewajibkan penggunanya untuk menggunakan watermark B612. Bagi sebagian orang memang tidak masalah, tapi tentu ada saja pengguna yang merasa risih dan terganggu. Sekarang, B612 telah memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memasang atau menghapus watermark B612.

Pemberian watermark di hasil jepretan B612 sudah terpasang otomatis. Sehingga untuk menghilangkannya, kamu perlu mengakses tombol di sebelah kanan atas dan menonaktifkan pengaturannya.

Selain B612, kamu juga bisa mencoba aplikasi kamera dengan beragam stiker lucu khas LINE di aplikasi LINE Camera!


Aplikasi selfie memang telah tersedia dalam jumlah banyak. Kamu tinggal memilih sesuai selera. Namun tidak ada salahnya kamu untuk mencoba aplikasi yang satu ini, mumpung masih gratis lho! Siapa tahu EVers bakal ketagihan dan menjadi senjata utamamu dalam menghasilkan foto-foto fabulous ala kamu.

Aplikasi B612 tersedia di Google Play Store dan bisa kamu unduh secara gratis di sini.

Share This: