Sekarang akses untuk mendapatkan smartphone atau tablet sudah sangat mudah. Berkat penetrasi yang cukup tinggi, smartphone sudah dimiliki oleh hampir seluruh kalangan mulai dari tingkat pemula. Karena ketersediaannya ini, rasanya siapapun bisa dengan mudah menggunakan smartphone untuk melakukan banyak hal, termasuk anak-anak.

Kecanggihan smartphone Android bukanlah tanpa bahaya lho. Jika digunakan secara sembarangan dan tanpa pengawasan dari orang tua, anak-anak bisa belajar hal-hal negatif dari smartphone lho!

Oleh karena itu, kali ini EVERCOSS ingin membagikan tip bagaimana sebagai orang tua yang baik, bisa menjaga anak kita tetap aman dan nyaman ketika menggunakan smartphone.

1. Batasi Transaksi atau Pembelian Online

cara-menjaga-anak-anak-aman-menggunakan-smartphone-screenshot-1

Tahukah EVers kalau produsen smartphone Apple hingga saat ini, telah mengembalikan uang sejumlah lebih dari US$ 30 juta (sekitar Rp 404 miliar) kepada developer aplikasi? Pasalnya, pembelian tersebut dilakukan oleh anak-anak dan tidak di bawah pengawasan orang tua.

Bayangkan jika ketika anak-anak EVers sedang meminjam smartphone, lalu mereka tidak sengaja membeli Gems di dalam permainan Clash of Clans? Pastinya EVers tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Oleh karena itu, EVers bisa mengatur untuk otorisasi password setiap kali ada transaksi yang terjadi di smartphone kamu. Pengaturan ini bisa dengan mudah EVers temukan ketika mengatur metode pembayaran di Google Play Store.

2. Jaga Aplikasi yang Terdapat di Smartphone

cara-menjaga-anak-anak-aman-menggunakan-smartphone-screenshot-2

Memiliki banyak aplikasi menarik di smartphone adalah hal yang seru dan menyenangkan. Namun sayangnya, tidak semua aplikasi tersebut cocok untuk yang masih di bawah umur.

Salah satu contohnya adalah aplikasi pencari kenalan baru seperti Tinder atau OkCupid. Meskipun terlihat “tidak berbahaya”, namun terkadang ada saja orang-orang tidak bertanggung jawab yang memasang foto tidak pantas dilihat bagi anak kecil.

Selain itu, ada baiknya EVers tidak membiasakan anak-anak untuk bermain dengan aplikasi chatting “rahasia” seperti Snapchat misalnya untuk bertukar rahasia. Meskipun pesan di dalamnya akan terhapus, namun bisa saja ada orang tidak bertanggung jawab yang mengabadikannya dengan cara melakukan screenshot atau memotretnya dengan kamera lain.

3. Buatlah Smartphone EVers Lebih Aman

cara-menjaga-anak-anak-aman-menggunakan-smartphone-picture-3

Di era serba teknologi ini, apalagi smartphone yang sudah marak digunakan, cukup banyak tindak kejahatan yang memakan korban pengguna ponsel pintar. Tidak hanya perangkatnya yang dicuri, namun terkadang data sensitif seperti akun media sosial ikut diambil.

Oleh karena itu, ada baiknya EVers memberikan keamanan ekstra bagi anak-anak ketika menggunakan smartphone Android. EVers bisa memasangkan aplikasi pelacak seperti Android Device Manager yang juga bisa menyimpan data-data pribadi dengan aman.

Selain itu, tidak ada salahnya juga EVers membelikan smartphone kelas pemula dengan harga yang sangat terjangkau untuk digunakan oleh anak-anak. Misalnya smartphone seperti EVERCOSS Winner T 4G yang bisa ditebus hanya dengan Rp 799.000 saja.

4. Meminimalkan Location Sharing

cara-menjaga-anak-anak-aman-menggunakan-smartphone-picture-4

Supaya anak-anak EVers tetap aman dalam menggunakan smartphone, ada baiknya menganjurkan mereka untuk tidak terus menerus membagikan posisinya secara online. Hal ini termasuk hal-hal seperti melakukan check in di berbagai media sosial.

Mengapa cukup berbahaya? Jika EVers membagikan lokasi di media sosial, konten di dalamnya bisa dengan mudah dilihat oleh orang lain, termasuk orang-orang yang tidak dikenal. Tentu EVers bisa bayangkan kalau ada orang tidak bertanggung jawab yang terus mengikutimu karena lokasi yang dibagikan secara umum lewat media sosial.

Bahkan, tidak ada salahnya juga untuk menonaktifkan GPS dalam penggunaan sehari-hari. Hal ini akan lebih aman, karena smartphone akan menjadi lebih sulit untuk dilacak oleh pihak tidak bertanggung jawab. EVers bisa mengaktifkan kembali GPS jika memang perlu, seperti menggunakan peta.

5. Jalin Terus Komunikasi dengan Anak

cara-menjaga-anak-anak-aman-menggunakan-smartphone-picture-5

Nah meskipun menggunakan smartphone Android memiliki risikonya sendiri, namun bukan berarti kita sebagai orang tua harus melarang penggunaannya. Sebagai orang tua yang lebih bijak dalam mengambil keputusan, ada baiknya kita untuk terus menjalin komunikasi yang sehat dengan anak dalam hal penggunaan smartphone.

Misalnya, kita bisa memberikan nasihat untuk tidak sembarangan mengambil sekaligus membagikan foto-foto yang tidak sepantasnya di media sosial karena bisa disalahgunakan. EVers juga bisa membuat akun media sosial dan berteman dengan anak-anakmu di sana. Oh iya, berbicara dengan anak-anak mengenai aktivitas online mereka juga hal yang sangat bijaksana lho!


Semoga saja lima tips ini bisa membantu EVers dalam menjaga anak-anak tetap aman dan cermat meskipun diberi kebebasan menggunakan smartphone.

EVers punya beberapa akun media sosial yang sama? Aplikasi ini bisa membantumu memantaunya dan mengurusnya sekaligus!

Share This: