RAM (Random Access Memory) adalah komponen yang berfungsi menjalankan proses-proses di dalam smartphone kamu. Semakin besar kapasitas RAM, maka semakin banyak hal yang bisa dilakukan di smartphone, seperti bisa membuka banyak tab di browser internet atau menjalankan beberapa aplikasi bersamaan.

Namun, RAM tidak bisa selalu berjalan optimal, karena ada sejumlah aplikasi yang kerap memakan kapasitas RAM meski tidak sedang digunakan. Setelah beberapa lama, EVers akan merasakan smartphone menjadi lambat dan sering mengalami hang.

Untuk mencegah terjadinya lemot, berikut adalah empat hal mudah yang bisa EVers lakukan guna memaksimalkan kinerja RAM smartphone.

1. Batasi Penggunaan Widget dan Live Wallpaper

cara memaksimalkan kapasitas RAM

Widget adalah versi mini suatu aplikasi yang terletak di home screen atau layar utama smartphone. Widget ini membantu EVers menggunakan fitur dari aplikasi tersebut secara langsung tanpa harus membuka aplikasi aslinya. Meskipun aplikasi ini memudahkan kita, namun sangat mengonsumsi RAM karena selalu aktif berjalan di belakang layar.

Hal yang sama juga terjadi pada live wallpaper dan tampilan animasi-animasi lainnya. Meski terlihat keren, namun fitur tersebut memakan RAM yang cukup banyak. Di samping RAM, dua hal tersebut juga sangat mengonsumsi baterai, lho!

Untuk mematikan widget, tahan kemudian geser widget yang ada di home screen ke bagian atas layar seperti “membuangnya”. Kemudian, kamu bisa mengganti live wallpaper dengan menahan jari di homes creen selama beberapa detik, pilih menu wallpaper, dan ubahlah ke gambar baru yang statis atau tidak bergerak.

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

cara memaksimalkan kapasitas RAM

Selain aplikasi yang sedang EVers gunakan, ada juga aplikasi yang tetap mengonsumsi RAM meskipun sudah ditutup. EVers bisa mengurangi jumlah pemakaian RAM dengan mengatur aplikasi mana saja yang tidak ingin kamu aktifkan terus menerus di belakang layar.

Untuk benar-benar mematikan aplikasi yang tidak diinginkan, buka menu Setelan, pilih Aplikasi, dan lihatlah bagian Menjalankan. Di situ EVers bisa melihat sederet aplikasi yang sedang mengonsumsi RAM smartphone. Pilihlah aplikasi yang ingin dihentikan dan tekan Berhenti.

Namun, berhati-hatilah ketika menghentikan aplikasi yang tidak dikenal. Salah-salah, EVers bisa membuat sistem smartphone menjadi terganggu.

3. Update Aplikasi yang Terdapat di Smartphone

cara memaksimalkan kapasitas RAM

Adanya update terbaru di aplikasi dan yang terdapat di smartphone EVers bukan hanya memberikan fitur baru, melainkan juga beberapa perbaikan performa. Aplikasi yang kita download cenderung masih memiliki banyak bug (eror) dan belum optimal sehingga memperlambat kinerja smartphone dengan memakan banyak RAM.

Untuk melakukan update, buka Google Play Store dan pilih menu yang terletak di bagian sudut kiri atas layar (berbentuk tiga garis). Pilih Aplikasi & Game Saya, kemudian tentukan aplikasi yang diinginkan dan pilih Perbarui. Jika ingin update semua aplikasi sekaligus, EVers bisa memilih Perbarui Semua.

4. Gunakan Aplikasi “Pembersih” RAM

Kamu juga bisa memaksimalkan kinerja RAM dengan aplikasi “pembersih”. Aplikasi ini berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan RAM oleh smartphone serta membersihkan file yang sudah tidak berguna. Bahkan, ada beberapa aplikasi yang juga mengombinasikan fitur keamanan dan anti virus lho!

Kamu bisa download aplikasi “pembersih” ini di Google Play Store, namun hati-hati karena ada aplikasi yang justru memperlambat kinerja smartphone. Beberapa contoh aplikasi populer yang dapat EVers coba adalah Clean Master, 360 Security, dan DU Speed Booster. Dengan sekali tekan saja, smartphone EVers bisa langsung membersihkan sistemnya secara otomatis. Praktis, bukan?


Selain tip-tip di atas, cara paling sederhana untuk melowongkan RAM adalah melakukan reboot atau restart. Mirip dengan manusia, smartphone juga butuh tidur setelah bekerja selama seharian penuh. Dengan reboot, aplikasi yang bekerja akan dimatikan sehingga smartphone akan kembali ke kondisi “segar” dan kinerja RAM pun menjadi ringan.

Selain kapasitas RAM yang besar, EVers bisa menemukan daftarsmartphone EVERCOSS dengan kapasitas baterai yang besar di sini.

Share This: