Dengan kemajuan teknologi, smartphone sekarang sudah menjadi benda praktis yang bisa membantu kita dalam berbagai macam keperluan. Tapi di sisi lain smartphone juga bisa menjadi benda yang memecah konsentrasi atau fokus di saat penting, misalnya di dua aktivitas ini:
  • Ketika kerja atau belajar, kamu sering kehilangan fokus karena berkali-kali mengambil smartphone, entah untuk membalas pesan tidak penting, membuka media sosial, main game, atau malah tidak cuma melihat-lihat tanpa tujuan jelas.
  • Ketika sedang bertemu atau berkumpul bersama teman-teman, bukannya ngobrol dengan teman yang ada di depan mata, kamu malah sibuk dengan smartphone sendiri.

Salah satu atau malah kedua hal di atas mungkin pernah terjadi pada EVers. Masalahnya, kadang itu sudah menjadi kebiasaan dan dilakukan tanpa sadar. Begitu ada bunyi atau getaran dari smartphone, kamu refleks mengambilnya. Mematikan smartphone mungkin bisa jadi solusi, tapi kamu juga harus mengaktifkannya. Jangan sampai ada yang menelepon karena urusan yang penting.

Kali ini, kita akan memberikan beberapa tips untuk tidak kehilangan fokus akibat smartphone.

Baca juga: Aplikasi Produktivitas Android Terbaik 2015 versi Google Play Store

1. Pasang Smartphone ke Mode Do Not Disturb

Menghindari Gangguan Smartphone

Ketika sedang kerja, EVers mungkin memasang mode getar pada smartphone. Ini mungkin efektif untuk beberapa orang. Tapi, ada juga yang tetap merasa greget ketika mendengar getaran dari smartphone di atas meja. Meskipun tidak langsung diambil, kalau sudah bergetar sampai berkali-kali, kamu mungkin akhirnya “kalah” dan mengambil smartphone itu dan membuka semua notifikasi, meskipun itu tidak penting.

Yup, kalau EVers merasa mode getar sudah tidak lagi efektif, sebaiknya pasang mode Do Not Disturb atau pengaturan lain yang dikhususkan untuk kerja. Aturlah agar smartphone milikmu tidak akan bunyi ataupun bergetar ketika ada notifikasi baru yang masuk. Tapi ketika ada panggilan masuk, pastikan kamu tetap akan bisa mendengar nada deringnya, karena biasanya seseorang punya keperluan penting ketika harus meneleponmu.

2. Balik atau Tutup Layar Smartphone, atau Masukkan ke Dalam Tas

Menghindari Gangguan Smartphone

Ketika ada notifikasi baru yang masuk, layar smartphone biasanya akan menyala. Tujuannya tentu saja untuk memperlihatkan notifikasi apa yang masuk, dengan harapan EVers melihatnya. Dari situ EVers harusnya memutuskan apakah notifikasi yang masuk itu penting atau tidak. Tapi ada juga yang kebiasaan tetap mengambil smartphone ketika layarnya menyala entah sekali atau beberapa kali, padahal dia tahu tidak satupun notifikasi yang penting di dalamnya.

Kalau EVers merasa sering mengalami ini, balik smartphone agar layarnya tidak terlihat sama sekali. Atau tutup layarnya dengan casing atau benda lain yang ringan. Dengan begitu EVers tidak akan terganggu dengan layar smartphone yang kadang menyala, seolah meminta untuk dicek. Tapi kalau EVers memang punya kebiasaan buruk sering mengambil dan mengecek smartphone setiap beberapa saat selama berada dalam jangkauan tangan, jauhkan smartphone itu dari meja. Simpan dalam tas dalam mode Do Not Disturb agar EVers masih bisa mendengar kalau ada panggilan telepon yang masuk.

3. Kalau Perlu, “Minta Izin” Sebelum Beraktivitas

Menghindari Gangguan Smartphone

Sebelum kerja, sekolah, atau bertemu dengan teman, EVers mungkin sedang chatting dengan seseorang. Atau EVers mungkin punya pacar dan sering ngobrol dengannya entah lewat telepon atau chatting. Beberapa orang mungkin akan marah kalau pesannya tidak dibalas dalam waktu lama, tapi di saat yang bersamaan EVers juga tidak bisa terus menerus membalas pesan ketika sedang kerja atau bertemu dengan orang lain.

Kalau EVers memang mau merasa lebih aman, sebelum bekerja atau bertemu teman, katakan ke teman chatting kalau EVers akan bekerja atau akan bertemu dengan teman. Dengan begitu teman chatting itu harusnya lebih paham dan tidak terlalu mengganggumu dengan mengirimkan pesan, atau tidak marah ketika EVers tidak lagi membalas pesannya selama beberapa jam.

4. Gunakan Aplikasi yang Bisa Membantumu

Menghindari Gangguan Smartphone

Kalau EVers ternyata masih perlu sedikit bantuan untuk tetap fokus, cobalah menggunakan aplikasi dari Google Play Store. EVers harusnya bisa menemukan sangat banyak aplikasi yang bisa membantu EVers untuk tidak mengambil dan menggunakan smartphone di saat kerja.

Selain banyak, masing-masing aplikasi juga membantu dengan cara yang berbeda. Misalnya, ada AppBlock yang membantu dengan cara memblokir aplikasi tertentu sesuai piliah EVers. Lalu ada juga aplikasi Forest: Stay Focused yang menambahkan elemen game dengan memberikanmu pohon tiap kali kamu tidak menyentuh smartphone selama waktu yang ditentukan. Ada juga ClearFocus: Productivity Timer yang lebih sederhana. Pilihannya ada di tangan EVers.

5. Kalau Bekerja dengan PC atau Laptop, jangan “Memindahkan” Sumber Gangguan Ke Sana

Menghindari Gangguan Smartphone

Beberapa aplikasi smartphone yang bisa memecah fokus saat bekerja bisa diakses di layar PC atau laptop. LINE punya aplikasi sendiri untuk PC. Facebook dan Twitter bisa diakses melalui browser, begitu juga dengan WhatsApp. Nah, kalau EVers memang bekerja menggunakan PC atau laptop, hindari membuka aplikasi atau situs tersebut. Membuka dan menggunakannya untuk hal yang tidak produktif tidak ada bedanya dengan mengambil smartphone dan menggunakan semua aplikasi dan layanan tersebut.


Pada akhirnya, kunci utama untuk tetap bisa fokus dalam beraktivitas tanpa mengambil dan menggunakan smartphone adalah EVers sendiri. Kalau memang berniat untuk beraktivitas dengan upaya dan hasil maksimal, EVers harusnya bisa tetap fokus tanpa mempedulikan smartphone EVers sama sekali.

Share This: