Di artikel sebelumnya, kita sempat membahas beberapa tips agar EVers tetap bisa konsentrasi melakukan aktivitas tanpa terganggu atau tergoda untuk melihat smartphone. Beberapa tips di artikel itu harus dilakukan dengan modal tekad sendiri. Tapi kalau kamu memang merasa tidak bisa melakukannya dengan tekad sendiri, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk membantu.

Nah, kali ini kita akan membahas semua aplikasi-aplikasi ini. Masing-masing aplikasi punya cara kerja tersendiri dalam mencegahmu melihat atau mengecek smartphone saat beraktivitas. Yang mana yang kamu suka lebih ke selera dan rasa nyaman. Tapi bagaimanapun semua aplikasi ini ingin membantumu untuk tetap berkonsentrasi melakukan apapun kegiatan yang kamu lakukan saat itu.

Baca juga: 5 Tips Menghindari Gangguan Smartphone dan Tetap Fokus Beraktivitas

1. ClearFocus: Productivity Timer (Free)

aplikasi untuk fokus kerja

Yang pertama ini bisa dibilang paling sederhana dari segi penampilan, tapi tetap menawarakan beberapa fitur yang berguna sebagai kompensasinya. Di ClearFocus, kamu hanya perlu memasang waktu mundur selama yang kamu inginkan. Ini adalah waktu yang kamu atur untuk tetap fokus tanpa membuka smartphone. Begitu mulai, waktu yang ditentukan akan dihitung mundur sampai habis, dan waktu mundur atau sesinya akan dimulai kembali dari awal.

Selain fungsi dasar itu, kamu juga bisa memasang durasi istirahat di sela-sela tiap sesi. Selain itu, kamu juga bisa mengatur supaya koneksi internet dan semua notifikasi suara di smartphone mati begitu kamu memulai hitung mundur atau sesi konsentrasimu. Terakhir, aplikasi ini jCukup berguna kan?

Sayangnya, ClearFocus ini punya satu kelemahan: meskipun menghitung mundur, bisa mematikan suara dan juga koneksi internet, aplikasi ini tidak akan mengeluarkan reaksi apapun ketika kamu membuka aplikasi di smartphone. Jadi, kamu tetap bisa curang dan melanggar aturan sendiri. Untuk menanggulangi ini, kamu perlu memasang aplikasi pelengkap ClearFocus yang akan kita bahas berikutnya.

Aplikasi ClearFocus: Productivity Timer (Free) tersedia secara gratis di Google Play Store dan bisa kamu unduh di sini.

2. Forest: Stay Focused

aplikasi untuk fokus kerja

Secara fungsi, aplikasi ini mirip dengan ClearFocus. Tapi secara interaksi dan tampilan, aplikasi ini bisa dibilang jauh lebih menarik. Di Forest kamu tetap akan menentukan durasi untuk sesi kerja atau aktivitasmu. Tapi kalau ClearFocus hanya memberikan tampilan hitung mundur biasa, Forest menampilkan sebuah pohon. Ketika memulai sebuah sesi untuk konsentrasi atau fokus, bagian tengah layarnya akan memperlihatkan sebuah benih. Seiring waktu, pohon ini akan terus bertumbuh selama waktu mundurnya terus berjalan. Lalu ketika sesimu selesai, kamu akan mendapatkan sebuah pohon baru, plus koin.

Pohon yang terbentuk akan berbeda tergantung berapa lama durasi sesi yang kamu pasang: semakin lama durasinya, pohon yang kamu tumbuhkan juga akan semakin wah. Lalu, kalau kamu berhasil mengumpulkan total koin yang cukup, kamu bisa membeli pohon baru yang tidak kalah menarik. Semua pohon yang berhasil kamu tumbuhkan akan terkumpul di sebuah lahan. Kalau terkumpul banyak, kamu bisa membentuk hutan kecil. Sebaliknya, kalau kamu menyerah di tengah sesi, pohon yang kamu tanam akan jadi pohon kering, dan tetap dimasukkan di lahanmu.

Yup, Forest ini memasukkan banyak elemen yang membuat aplikasinya terasa seperti sebuah game yang menguji seberapa lama kamu bisa fokus melakukan sebuah tugas. Sayangnya, sama seperti ClearFocus, aplikasi ini tidak bisa mencegahmu tetap mengutak-atik smartphone di tengah berjalannya durasi sesi fokus.

Aplikasi Forest: Stay Focused tersedia secara gratis di Google Play Store dan bisa kamu unduh di sini.

3. Productivity Challenge Timer

aplikasi untuk fokus kerja

Dilihat dari tampilannya, Productivity Challenge Timer terlihat sangat serius dan benar-benar ingin membuat EVers fokus bekerja. Cara kerjanya juga sedikit berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya. Di Productivity Challenge Timer, EVers bisa menentukan proyek apa saja yang sedang EVers kerjakan atau pegang saat ini. Masing-masing bisa ditentukan durasi sesi kerjanya, tapi EVers bisa memulai sesi kerja di proyek itu berkali-kali tiap harinya. Jadi jangan khawatir. Tiap proyek juga bisa diatur statusnya, antara sedang berjalan, ditunda, atau sudah selesai. Berapa lama EVers bisa fokus untuk masing-masing proyek juga akan dicatat.

Selain itu statistik per proyek, Productivity Challenge Timer juga menyediakan fitur statistik waktu fokus EVers secara keseluruhan. Lalu ada juga fitur achievements atau penghargaan jika EVers berhasil mendapat pencapaian tertentu. Terakhir, EVers juga akan mendapat pangkat di aplikasi ini, tergantung statistik dan kemampuan EVers untuk fokus bekerja menggunakan aplikasi ini. Apa pangkat yang paling rendah? Unrepentant slacker alias pemalas yang tidak tahu malu! Tidak mau kan dipanggil seperti itu.

Aplikasi Productivity Challenge Timer tersedia secara gratis di Google Play Store dan bisa kamu unduh di sini.

4. ClearLock: block distractions!

aplikasi untuk fokus kerja

Setelah menggunakan penghitung waktu, EVers mungkin masih sering mengambil smartphone dan membuka aplikasi yang menggangu produktivitas. Atau, EVers tetap perlu membuka smartphone untuk menggunakan aplikasi tertentu yang membantu pekerjaan. Kalau itu masalahnya, salah satu solusinya adalah blokir aplikasi yang mengganggu. Nah, ClearLock bisa membantu untuk urusan ini.

Versi gratis aplikasi ini cukup sederhana. Begitu dibuka, EVers akan melihat berbagai macam aplikasi yang ada di dalam smartphone EVers. Satu-satunya hal yang perlu EVers lakukan adalah mencentang aplikasi mana saja yang ingin EVers blokir selama bekerja. Setelah itu, EVers tinggal menekan tombol oranye yang ada di bagian bawah layar untuk menentukan berapa lama EVers ingin memblokir aplikasi-aplikasi tersebut. Setelah itu, mulailah bekerja. Mudah kan?

Aplikasi ClearLock: block distractions! tersedia secara gratis di Google Play Store dan bisa kamu unduh di sini.

5. AppBlock – Stay Focused

aplikasi untuk fokus kerja

Yang terakhir adalah AppBlock – Stay Focused. Secara fungsi, aplikasi ini sama dengan ClearLock, yaitu memblokir beberapa aplikasi tertentu yang kamu anggap merusak produktivitas. Tapi tidak seperti ClearLock, AppBlock punya fleksibilitas yang lebih luas.

Di aplikasi ini, kamu bisa mengelompokkan kegiatan tertentu, dan membedakan aplikasi apa saja yang akan diblokir dalam kegiatan tersebut. Jadi, apa yang kamu blokir ketika sedang kerja bisa dibedakan dengan apa yang diblokir ketika hangout dengan teman. Selain itu, kamu juga bisa menentukan jadwal pemblokira aplikasi tersebut secara otomatis. Jadi tidak perlu repot-repot memasangnya tiap kali mau beraktivitas.

Aplikasi AppBlock – Stay Focused tersedia secara gratis di Google Play Store dan bisa kamu unduh di sini.


Sama seperti yang saya sebutkan di artikel sebelumnya, meskipun dengan bantuan aplikasi, kunci untuk tetap fokus selama beraktivitas adalah kamu sendiri. Karena pada akhirnya, hal yang paling penting adalah kamu bisa mengontrol diri agar tetap fokus pada apapun yang kamu lakukan tanpa terganggu dengan smartphone.

Share This: