Program DNA Initiative (Device, Network, Application) kini telah memasuki periode kedua. Periode pertama sendiri selesai di awal bulan Mei, dan periode kedua baru saja dimulai pada tanggal 15 Maret 2016. Untuk selanjutnya, setiap tiga bulan akan dibuka periode magang selanjutnya dengan lama magang selama enam bulan.

EVers tentunya sudah mengetahui apa itu DNA Initiative bukan? Kalau masih belum mengetahuinya, sebaiknya EVers baca dulu artikel ini.

Seperti yang EVers ketahui, para peserta program ini adalah para siswa yang berasal dari berbagai SMK yang sebelumnya telah menjalin kerjasama dalam program ini. Meskipun bisa dikatakan bahwa program ini merupakan proses belajar bagi para siswa, tentu pembelajaran dan pengalaman yang didapat melalui program ini tidaklah sama dengan apa yang siswa-siswi ini dapatkan di bangku sekolah. Seperti apa ya rasanya menjadi peserta magang dari program DNA Initiative ini? Yuk, kita intip bersama!

Tempat Belajar Selain Sekolah

peserta dna initiative

Pada tanggal 19 April 2016, kantor EVERCOSS (baca: everkos) yang berada di kawasan Sunter Jakarta Utara medapatkan kunjungan dari siswa-siswa SMK Al-fallah Tasikmalaya yang merupakan salah satu SMK yang bekerja sama dalam program DNA Initiative Tujuan dari kunjungan ini agar para siswa mengetahui bagaimana proses kerja di dalam perusahaan dan apa saja yang perlu mereka lakukan jika menjadi bagian dari sebuah perusahaan. Kegiatan kunjungan-kunjungan dari SMK ini merupakan kegiatan yang memang bertujuan untuk mensosialisasikan DNA Initiative.

Selain itu, pada hari yang sama terdapat berbagai media yang meliput bagaimana siswa-siswa para peserta menjalani program DNA Initiative. Salah satu proses yang sempat dilihat oleh para peserta kunjungan hari itu adalah dimana para siswa peserta ini melakukan pengecekan dan memperbaiki berbagai produk mobile device EVERCOSS yang mengalami kerusakan yang diakibatkan berbagai hal. Di sini para siswa mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari di sekolah dan tentunya bisa belajar secara langsung dengan produk-produk asli. Para peserta tidak perlu merasa khawatir karena mereka akan dibekali pelatihan sebelum benar-benar diterjunkan langsung.

Jadi, kantor EVERCOSS benar-benar menjadi seperti sekolah kedua bagi para peserta program ini.

Mempelajari Disiplin Kerja

peserta dna initiative

Selain belajar mengenai hard skill dalam mengutak-atik mobile device, hal lain yang dapat diperoleh para peserta DNA Initiative ini adalah soft skill yang sangat berguna dalam dunia kerja.

Salah satu peserta program ini, Asep, yang berasal dari Tasikmalaya bahkan mengatakan bahwa ia menjadi lebih disiplin setelah berstatus sebagai peserta magang di EVERCOSS. Hal ini disebabkan oleh disiplin kerja yang diterapkan dalam keseharian kerja. Asep bahkan berpesan kepada adik-adik kelasnya yang hendak bergabung ke dalam program ini untuk juga menjadi pribadi yang disiplin selain tentu tekun dalam belajar.

Keseharian Asep sendiri selama mengikuti program ini adalah mengutak-atik mobile device untuk mengecek kerusakan dan memperbaikinya jika memang ditemukan kerusakan. Ia mengaku menyukai apa yang ia kerjakan dan tentu program ini mendatangkan banyak manfaat baginya.

Dengan mengikuti program ini, para peserta yang berasal dari berbagai SMK ini perlu beradaptasi dengan lingkungan kerja selagi mereka mempelajari hal baru selama mengikuti program ini. Hal inilah yang menjadi nilai lebih dari belajar melalui program ini.


Program yang merupakan inisiasi dari PT. Aries Indo Global (Principal Perangkat Mobile EVERCOSS) dan PT. Mervotura Rekantara/ MERUVIAN (Perusahaan IT Nasional berbasis Java & Android) tentu dapat diikuti oleh setiap SMK. Jadi jika EVers merupakan siswa SMK dan tertarik untuk bergabung dalam program ini.

SMK yang hendak bergabung dapat mendaftar melalui pendaftaran di website dna.or.id atau mengirimkan surat pengajuan untuk program DNA yang disertai dengan profil sekolah melalui email dnainitiative@evercoss.co.id. Untuk pertanyaan terkait DNA, pihak SMK juga dapat mengajukannya melalui Facebook DNA Initiative. Melalui halaman Facebook tersebut juga EVers akan mendapat berbagai informasi terkait pelaksaan program DNA Initiative ini loh, jadi segera di-klik ya.

Kalau masih penasaran gambaran kegiatan di DNA Initiative, kami punya lebih banyak gambar yang bisa EVers lihat di bawah.

View post on imgur.com

//s.imgur.com/min/embed.js

Share This: