EVers pastinya sudah tahu dong definisi dari presentasi? Ya betul, presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin. Nah, mungkin banyak dari kamu yang sudah sering melakukan presentasi baik itu untuk tugas sekolah, rapat penting, ataupun untuk kepentingan pada pekerjaanmu.

Apakah EVers membawakan presentasi dengan menulis di papan tulis, atau membawa kumpulan kertas-kertas bergambar, ataukah dengan menggunakan aplikasi? Presentasi menggunakan aplikasi tentu akan lebih memudahkan kamu dan membantu saat kamu membawakan presentasi.

Tapi apakah EVers sudah cukup tahu aplikasi gratis apa saja yang bisa kamu gunakan untuk presentasi? Ataukah kamu cuma tahu yang itu-itu saja? Untuk lebih jelasnya, kali ini EVERCOSS (dibaca: everkos) akan membahas aplikasi gratis terbaik apa saja untuk presentasi, yuk kita simak.

1. Microsoft PowerPoint

Aplikasi Presentasi Gratis

Aplikasi presentasi yang pertama adalah Microsoft PowerPoint. Nah untuk yang satu ini EVers pasti sudah tidak asing lagi, karena ini adalah aplikasi yang pertama muncul paling dan sering digunakan saat presentasi. Selain itu, aplikasi ini memiliki cara penggunaan yang sederhana dan mudah. Saat ini Microsoft PowerPoint terbaru adalah edisi 2016, dan tahukah kamu kalau ternyata aplikasi ini juga bisa dipakai secara gratis dan online lho!

Untuk kamu yang bingung karena belum install aplikasinya, langsung saja buat online di sini. Aplikasi Android Microsoft PowerPoint sendiri juga tersedia loh di Google Play Store, dan bisa kamu unduh di sini.

2. Prezi

Aplikasi Presentasi Gratis

Aplikasi Prezi juga sudah mulai banyak dikenal dan digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Di samping lembar tampilan presentasi yang tradisional, Prezi memilih memberikan konsep baru yang unik pada tampilannya yaitu dengan satu lembar kosong yang besar.

Di sana EVers bisa memberikan gambar dan teks di berbagai titik, namun dengan pilihan yang terbatas. Ciri khas dari Prezi yaitu pada fitur “zoom-in” yaitu klik yang akan fokus dan memperbesar bagian teks yang akan dibahas sehingga kamu bisa dengan fleksibel mengganti-gantinya saat presentasi.

Aplikasi Prezi ada yang berbayar dan juga yang gratis. Untuk versi gratis, kamu bisa langsung berkunjung ke sini di sini. Aplikasi Prezi juga tersedia di Android secara gratis di sini. Tapi, aplikasi ini hanya berfungsi sebagai viewer alias tidak menyediakan fitur edit, jadi EVers harus membuat dan mengedit presentasinya di PC terlebih dahulu.

3. PowToon

Aplikasi Presentasi Gratis

PowToon adalah aplikasi web yang memiliki ciri khas untuk membuat presentasi dengan animasi. Aplikasi ini dapat dibuat dengan memasukkan gambar-gambar, memakai berbagai musik yang tersedia dan juga suara rekaman yang dapat EVers buat. Dengan tampilan animasi tersebut, PowToon akan membantu membuat tampilan presentasi kamu lebih kreatif dan juga menarik perhatian.

Karena PowToon berbasis web, maka kamu tidak perlu repot untuk mengunduh lagi, jadi langsung saja buat secara gratis di sini.

4. SlideDog

Aplikasi Presentasi Gratis

Aplikasi yang satu ini cukup berbeda. SlideDog dibuat untuk mempresentasikan suatu dokumen yang telah dibuat. Aplikasi ini sangat baik karena dapat menangani berbagai multimedia untuk membantu EVers menyajikan sebuah presentasi yang akan mengesankan. Baik itu dokumen PowerPoint, PDF, gambar, video, semuanya dapat dijadikan sebuah playlist yang nanti bisa kamu presentasikan melalui SlideDog.

Semuanya ini bisa kamu coba gunakan secara gratis dengan unduh aplikasinya di sini. Lalu kalau mau memperlihatkan hasil presentasi yang sudah dibuat, EVers bisa menggunakan aplikasi Android SlideDog yang berfungsi sebagai remot di sini.

5. Google Slides

Aplikasi Presentasi Gratis

Yang terakhir adalah yang cukup familiar dan sering kamu temui. Yup, kamu bisa mengunggah dan juga membuka file presentasi yang ada di Google Drive milik EVers. Tapi, agar bisa membuat dan mengedit file presentasi yang ada di Google Drive, kamu memerlukan aplikasi Google Slides yang harus diunduh secara terpisah. Tapi tenang saja, penggunaannya tidak ribet alias cukup mudah koq.

Aplikasi Google Slides tersedia secara gratis di Google Play Store dan bisa kamu unduh di sini.


Baca Juga: 5 Aplikasi Android untuk Membuat Kamu lebih Produktif

Share This: