Smartphone yang lemot adalah masalah menyebalkan yang mungkin pernah atau malah sering EVers hadapi. Tapi itu belum seberapa, toh biasanya ini bisa diatasi dengan mudah. Yang sudah termasuk kategori “menyeramkan” adalah ketika smartphone EVers mengalami hang. Di kondisi seperti ini, layar smartphone EVers diam, dan menekan tombol apapun di layar tidak menghasilkan apa-apa. Di saat itu, EVers mungkin akan sedikit panik dan takut smartphone kamu rusak.

Meskipun menyeramkan, masalah seperti ini untungnya masih bisa diatas dengan cara-cara di bawah. Tapi setelah diatasi, sebaiknya jangan diamkan masalahnya begitu saja.

Baca juga: Hindari 5 Alasan Penyebab Smartphone Lemot Ini!

Sambungkan Smartphone EVers dengan Charger

Ketika sedang hang, smartphone EVers mungkin sedang kehabisan baterai. Ini membuatnya tidak bisa menyala setelah dimatikan, tapi parahnya bisa membuat salah sangka mengira smartphone milik EVers mati total. Jadi, ketika smartphone EVers mengalami hang, sebaiknya sambungkan dengan charger dan isi baterainya selama beberapa menit, lalu coba matikan atau restart.

Jika yang Hang adalah Aplikasi, Keluar dan Matikan Aplikasi Itu

Yup, kadang, yang mengalami hang hanyalah satu aplikasi yang sedang kamu buka, mungkin karena terlalu berat. Kalau ini terjadi, cukup keluar dari aplikasi tersebut. Lalu, segera matikan aplikasi tersebut agar tidak bekerja di latar belakang.

Meskipun tidak mutlak, EVers mungkin bisa mempertimbangkan menghapus aplikasi tersebut. Tapi ini akan kita bahas lebih lanjut di poin-poin selanjutnya.

Matikan atau Restart Smartphone EVers seperti Biasa

Smartphone android hang

Jika ternyata EVers tidak bisa keluar dari aplikasi yang membuat smartphone EVers hang, coba matikan atau restart smartphone tersebut. Ini otomatis akan mematikan semua aplikasi yang saat itu sedang berjalan dan membersihkannya dari memori. Setelah menyala kembali smartphone EVers harusnya bisa berfungsi seperti semula.

Jika Tidak Bisa Dimatikan dengan Cara Biasa, Matikan Paksa

Smartphone EVers mungkin mengalami hang sampai tombol manapun sudah tidak bisa lagi ditekan atau memberikan efek apa-apa. Kalau sudah begini, matikan smartphone EVers secara paksa.

Mematikan atau restart paksa di sini bukan dengan cara mencabut baterainya! Ada cara yang jauh lebih aman daripada itu, dan hampir semua perangkat Android pasti punya cara atau fungsi mematikan atau restart paksa ini. Umumnya, fungsi ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol Power dan tombol mengecilkan volume/suara secara bersamaan, lalu menahannya selama kurang lebih 10 detik. Setelah itu smartphone EVers harusnya langsung mati atau melakukan restart, mematikan semua aplikasi yang saat itu berjalan dan membersihkan memori yang mungkin penuh.

Alternatif lain yang mungkin tidak dimiliki semua smartphone, EVers bisa mencari tombol reset dan menekannya dengan benda kecil seperti jarum. Tombol ini biasanya ada di bagian belakang smartphone setelah EVers membuka casing belakang smartphone tersebut.

Kalau Semua Cara di Atas Tidak Bisa, (Terpaksa) Cabut dan Pasang Kembali Baterainya

Smartphone android hang
Sumber: Forbes.com

Cara ini mungkin yang paling sering didengar atau bahkan dilakukan tiap kali smartphone EVers mengalami hang. Memang, dengan mencabut baterainya, EVers akan mematikan paksa smartphone. Setelah itu EVers tinggal memasang baterainya dan menyalakannya kembali. Setelah itu smartphone EVers harusnya bisa berfungsi seperti biasa.

Tapi cara ini sebenarnya tidak dianjurkan. Memang, biasanya cara ini tidak akan memberikan dampak buruk ke smartphone EVers. Tapi, di saat tertentu, mencabut baterai untuk mematikannya secara paksa bisa merusak file yang ada di dalamnya, apalagi jika smartphone itu sedang menjalankan proses yang penting.

Ada banyak argumen tentang seberapa besar risiko mencabut baterai secara paksa ini. Tapi bagaimanapun juga, sebaiknya gunakan ini sebagai cara terakhir.

Jangan Didiamkan. Cari Tahu dan Tanggulangi Masalahnya

Oke, setelah mematikan dan menyalakannya kembali, smartphone EVers kembali berfungsi seperti biasa. Tapi jangan langsung tenang begitu saja. Lakukan sesuatu agar hal yang sama tidak terjadi lagi.

Baca juga: 8 Tips Perawatan Smartphone Android

Coba reka ulang, ketika smartphone EVers mengalami hang, apa yang EVers lakukan dan bisa menjadi penyebab utamanya? Apakah aplikasi yang EVers buka saat itu terlalu berat? Kalau begitu, hapus aplikasi tersebut dan cari alternatif lain yang lebih ringan. Apakah saat itu terlalu banyak aplikasi yang bekerja di latar belakang sehingga memenuhi RAM? Kalau begitu nanti biasakan diri untuk mematikan aplikasi yang sudah tidak digunakan. Masih banyak lagi hal yang mungkin jadi penyebab, dan tugas EVers adalah mencari tahu dan menanganinya.

Kalau Masalahnya Sudah Parah, Lakukan Factory Reset atau Bawa ke Pusat Servis

Smartphone android hang

Setelah mencoba mencari tahu penyebab hang lalu mengatasinya, smartphone EVers masih sering hang? Atau setelah dimatikan, smartphone EVers malah tidak bisa menyala kembali? Atau terjadi masalah ekstrim lain yang EVers tidak bisa tahu apa penyebabnya? Kalau sudah begitu, saatnya mengambil langkah ekstrim.

Paling gampang, coba lakukan factory reset. Ini akan menghapus lalu memasang kembali sistem operasi smartphone EVers. Dengan begitu, smartphone EVers akan memiliki sistem baru menggantikan sistem yang mungkin rusak ketika terjadi hang.

Kalau tidak, atau EVers tidak mau mengambil risiko, bawa smartphone bermasalah tersebut ke pusat servis. Minta bantuan tenaga profesional di sana untuk mengatasi masalahnya. Kalau kamu menggunakan smartphone dari EVERCOSS (baca: everkos), kamu bisa menemukan pusat servis-nya di seluruh penjuru Indonesia. Kalau kamu mau tahu lokasi dan alamat lengkap pusat servis resmi EVERCOSS terdekat di kotamu, kamu bisa mencarinya di sini.


Meskipun tidak semuanya, biasanya smartphone mengalami hang karena beban kerja yang terlalu berat dan melebihi kapasitas, terutama di bagian RAM. Tidak jarang ada pengguna yang seenaknya memasang berbagai aplikasi atau mengunduh aplikasi yang berat, padahal smartphone miliknya tidak sanggup menampung beban RAM yang diperlukan.

Solusinya sih tentu saja pintar-pintar mengatur pemasangan dan penggunaan aplikasi. Tapi, kalau memang EVers perlu menggunakan banyak aplikasi sekaligus, mungkin sudah saatnya menggunakan smartphone dengan kapasitas RAM yang lebih. Di EVERCOSS sendiri, ada beberapa smartphone dengan kapasitas RAM 2 GB yang bisa EVers pilih seperti Elevate Y3+ yang dilengkapi dengan fitur konektivitas 4G, atau Winner Y Ultra yang punya harga yang miring untuk smartphone berkapasitas RAM 2 GB, yaitu hanya sekitar Rp 1 juta rupiah.

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Kamu Harus Membeli EVERCOSS Winner Y Ultra

Share This: