Smartphone berbasis Android kadang bisa menghadapi satu penyakit umum, yakni gejala lemot atau tidak responsif/lambat yang membuat penggunanya merasa kesal. Semakin lama digunakan, performa yang diberikan oleh smartphone EVers pasti terasa mengalami penurunan. Namun tahukah kamu? Gejala lemot pada ponsel pintar Android EVers sebenarnya dapat dihindari! Yang perlu dilakukan adalah tahu apa saja hal yang bisa menyebabkannya.

Mau tahu apa saja penyebab utama smartphone EVers menjad lemot berikut cara menghindarinya? Simaklah berikut ini:

1. Terlalu Banyak Memasang Aplikasi

Penyebab Smartphone Lemot

Sistem operasi Android memang menawarkan segudang aplikasi menarik melalui Google Play Store. Namun memasang aplikasi terlalu banyak akan memakan memori smartphone EVers. Ini tentunya membuat sisa ruang penyimpanan terlalu sedikit untuk ponsel pintar kamu dapat beroperasi dengan lancar. Umumnya sistem operasi Anroid memerlukan ruang kosong sekitar 20 persen dari total memori internal agar bisa beroperasi dengan mulus.

Ditambah lagi, semakin banyak aplikasi yang dipasang, semakin banyak pula aplikasi yang akan menggunakan RAM secara sia-sia pada background atau latar belakang. Semakin sedikit RAM yang tersedia, semakin sulit pula bagi aplikasi yang benar-benar EVers pakai untuk dapat berjalan dengan mulus.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menghindari hal ini?

EVERCOSS menyarankan agar EVers menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi atau sangat jarang dipakai. Sebagai contohnya, aplikasi sejenis game yang sudah tidak dimainkan lagi sebaiknya dihapus karena pada umumnya aplikasi game memakan ruang memori internal yang cukup besar.

Baca juga: 7 Game Ringan untuk Hiburan Cepat di Smartphone Android

Selain itu, cobalah untuk membersihkan cache dan junk files. EVers dapat membersihkan cache dengan masuk pada menu Pengaturan dan memilih menu Penyimpanan. Carilah tulisan Cached Data lalu tekanlah tulisan tersebut untuk membersihkan cache yang memenuhi memori internal smartphone kamu.

2. Jangan Terlalu Percaya Pada Aplikasi Peningkat Performa

Penyebab Smartphone Lemot

Banyak aplikasi third party pada Google Play Store yang menawarkan peningkatan performa ketika digunakan. Aplikasi sejenis pun biasanya menawarkan kemampuan untuk membersihkan cache dan junk files agar performa smartphone EVers dapat meningkat dan juga menghemat baterai. Bahkan beberapa aplikasi sejenis pun menawarkan fitur anti-virus.

Namun, jangan mudah termakan promosi. Justru aplikasi sejenis ini juga memakan memori internal dan RAM sehingga pada akhirnya juga menurunkan performa smartphone EVers. Ditambah lagi, aplikasi sejenis ini pasti selalu menyala pada background untuk mendeteksi junk files dan memantau sisa RAM. Hal tersebut pun mengakibatkan jumlah RAM yang tersedia semakin sedikit.

Jadi, janganlah mudah percaya pada tawaran aplikasi third party sejenis ini dan gunakanlah menu membersihkan RAM dan cache bawaan pada ponsel pintar EVers!

3. Memasang Widget Berlebihan

Penyebab Smartphone Lemot

Widget memang bermanfaat untuk akses cepat terhadap informasi yang disediakan oleh aplikasi tertentu seperti aplikasi informasi cuaca atau pemutar musik. Namun, memasang terlalu banyak widget akan menurunkan kinerja dari ponsel pintar EVers karena seluruh widgets tersebut tentu memakan RAM dan selalu berjalan.

Jika EVers merasa smartphone yang digunakan terasa lemot dan memasang banyak widgets, sebaiknya bijaklah dalam memilih widgets yang benar-benar penting untuk dipasang.

4. Memasang Launcher

Penyebab Smartphone Lemot

Memasang launcher memang mempercantik tampilan antarmuka smartphone Android EVers. Apalagi beberapa pengembang launcher menawarkan modifikasi yang keren dan bebas sesuai selera penggunanya.

Namun sayangnya, karena launcher tergolong aplikasi third party yang tidak dikembangkan dalam environment pengembangan resmi, launcher pun tidak akan 100 persen cocok untuk ponsel pintar EVers dan malah akan menurunkan performanya. Apalagi jika launcher yang EVers pakai mengedepankan fitur animasi yang keren pada setiap kegiatan yang dilakukan. Hal tersebut tentu akan sangat memakan daya prosesor dan RAM dari ponsel pintar EVers.

Jadi sebaiknya EVers tetap menggunakan tampilan dan pengaturan bawaan dari smartphone EVers untuk mempertahankan performa yang prima dari smartphone tersebut!

5. Perawatan Smartphone Yang Buruk

Penyebab Smartphone Lemot

Rawatlah smartphone yang EVers gunakan sehari-hari dengan baik. Jangan biarkan ponsel pintar kamu terlalu sering terjatuh ataupun terkena air. Hal tersebut tentu akan mengganggu kinerja ponsel pintar kamu karena setiap kerusakan fisik yang terjadi akan menurunkan performanya.

Jangan lupa untuk sering melakukan restart karena biasanya kinerja smartphone akan lebih baik.


Mudah bukan untuk menjaga performa ponsel pintar Android EVers? Jika EVers menjaga ponsel pintar kamu dengan baik seperti tips di atas, maka ponsel pintar tersebut pun akan awet dan berumur lebih panjang!

Jika EVers adalah seorang pengguna smartphone yang membutuhkan banyak fitur, maka smartphone EVERCOSS Winner Y Ultra boleh kamu lirik karena memiliki kapasitas RAM yang besar, yakni 2 GB. Ditambah lagi, dengan berbekalkan sistem operasi Android Lollipop, tampilan antarmukanya pun sudah manis tanpa perlu menggunakan launcher. Harganya pun sangat terjangkau, yakni Rp 1.099.000 saja untuk segala macam kemampuan unggulannya!

Baca Juga: 8 Alasan Mengapa Kamu Harus Membeli EVERCOSS Winner Y Ultra

Share This: