Sekarang ini, mulai banyak bermunculan smartphone dengan fitur dual-SIM. Fitur seperti ini memungkinkan EVers untuk memasukkan dua kartu SIM ke dalam satu smartphone, yang berarti membuat smartphone itu punya dua nomor yang bisa dihubungi. Tapi tidak hanya dihubungi, masing-masing nomor juga bisa digunakan untuk koneksi internet, dan sebagainya. Bisa dikatakan itu merupakan salah satu manfaat smartphone dual sim

Tapi apa sih yang kelebihan smartphone dengan dual-SIM ketimbang smartphone dengan satu sim yang biasa? Nah, kali ini, kita akan membahas beberapa manfaat dan hal yang bisa EVers lakukan dengan menggunakan dua nomor dalam satu smartphone.

1. Lebih Praktis Kalau Pergi dan Tinggal ke Luar Negeri

manfaat smartphone dual sim

Kalau EVers adalah orang yang suka pergi ke luar negeri dan tinggal di sana dalam waktu yang tidak sebentar, urusan komunikasi kadang bisa jadi masalah. Supaya tetap bisa dihubungi oleh orang-orang dekat di negara asal, EVers harus tetap menggunakan nomor Indonesia. Tapi kalau begitu ketika harus berkomunikasi dengan masyarakat setempat menggunakan telepon, EVers akan dikenakan biaya roaming yang tentu tidak murah.

Tapi kalau EVers malah mengganti nomor bahkan untuk sementara, berarti teman, keluarga, dan rekan di negara asal tidak akan bisa menghubungi EVers. Kan tidak lucu kalau ternyata kamu melewatkan sesuatu yang penting hanya karena nomor yang kamu biasanya gunakan dicabut. Memang, ini bisa diatasi dengan mengumumkan bahwa untuk sementara kamu akan menggunakan nomor luar negeri. Tapi itu tentunya akan merepotkan, belum lagi kalau EVers adalah orang yang suka atau sering bepergian ke berbagai negara yang berbeda.

Daripada membuat orang bingung karena mengganti nomor ketika sedang di luar neger (apalagi kalau sering), lebih baik gunakan dual-SIM, satu untuk nomor utamamu di Indonesia, dan satu lagi untuk berjaga-jaga jika perlu memasukkan nomor baru ketika di luar negeri.

2. Memisahkan Urusan Kerja dengan Hal Lain

manfaat smartphone dual sim

Komunikasi dalam kantor, baik itu sesama rekan kerja atau dengan klien atau entitas luar adalah sesuatu yang sangat penting. Tugas itu juga sebenarnya sudah ditangani dengan baik oleh smartphone. Tapi di saat yang bersamaan, smartphone ini juga merupakan alat untuk berkomunikasi dengan orang lain di luar kantor seperti keluarga, teman, dan lainnya.

Baca juga: Aplikasi Produktivitas Android Terbaik 2015 versi Google Play Store

Nah, masalahnya, kalau hanya menggunakan satu nomor, EVers bisa saja bingung memisahkan dan membedakan mana yang urusan kantor, mana yang bukan. Contohnya, di tengah jam kerja yang super sibuk, EVers menerima telepon dari nomor tidak dikenal. Kalau yang menelepon adalah orang-orang di luar kantor, EVers mungkin akan menolak telepon itu sementara. Tapi bagaimana kalau itu adalah rekan kerja atau klien? Bagaimana membedakan keduanya kalau EVers menggunakan hanya satu nomor?

Nah, dengan fitur dual-SIM EVers bisa memisahkan dan membedakan mana urusan kantor mana yang bukan. Smartphone dengan dual-SIM biasanya dilengkapi fitur-fitur yang membantu EVers membedakan di antara keduanya. Ketika menerima telepon, EVers bisa tahu sedang menerima telepon di nomor yang mana? Bahkan EVers juga bisa membedakan deringnya. Dengan begitu, kamu bisa tahu apakah panggilan telepon yang masuk perlu diangkat atau tidak.

Contoh penggunaannya tidak cuma untuk memisahkan urusan kerja dan teman/keluarga. Bisa juga untuk memisahkan urusan komersil dan bukan. Gunakan satu nomor untuk keperluan sehari-hari, lalu gunakan nomor yang lain untuk urusan komersil seperti mendaftar kartu kredit, undian, dan sebagainya. Lalu di saat sibuk, non-aktifkan nomor untuk urusan komersil itu agar EVers terhindar dari telemarketer yang biasanya menelepon di jam kerja.

3. Lebih Hemat Biaya dengan Memaksimalkan Tarif dan Promo

manfaat smartphone dual sim

Semua operator seluler punya penawaran harga yang menarik. Ada yang memberikan tarif telepon gratis sesama operator, bonus SMS yang sangat banyak, paket data yang lebih murah, dan masih banyak lagi. Tapi, kalau punya satu nomor, EVers hanya bisa memanfaatkan promo yang disediakan oleh satu operator seluler saja.

Nah, dengan dual-SIM, EVers bisa memanfaatkan promo yang lain sesuai dengan keinginan EVers. Misalnya, kamu menggunakan satu operator seluler karena tarif teleponnya yang sangat murah, tapi paket datanya mahal dan tidak bisa diandalkan. Kalau begitu, gunakan operator lain yang memiliki penawaran paket data yang lebih menarik serta bisa diandalkan kapanpun. Kesannya sepele, tapi percayalah, EVers akan merasakan pengeluaran bulanan untuk biaya smartphone akan berkurang.

4. Terhindar dari Masalah Kehilangan Sinyal

manfaat smartphone dual sim

Selain memanfaatkan semua promo yang ada, ada satu lagi manfaat dari menggunakan dual-SIM. Masing-masing operator seluler punya jangkauan jaringan dan sinyalnya sendiri. Beberapa operator mungkin punya sinyal yang bagus di satu daerah, tapi tidak di daerah lain. Untuk mengatasi masalah sinyal seperti ini, kamu cukup memasang dua operator yang punya jangkauan sinyal yang berbeda di smartphone dual-SIM. Dengan begitu, kamu tidak harus takut akan kehilangan sinyal dan jaringan ketika sedang berada di daerah atau wilayah tertentu. SIM kedua siap menutupinya.

Baca juga: Melihat Kondisi Terkini 4G LTE Di Indonesia

5. Tidak Perlu Repot Membeli Dua Handphone

manfaat smartphone dual sim

EVers mungkin sadar, kalau semua manfaat di atas sebenarnya juga bisa dilakukan kalau kamu membeli dua handphone. Memang benar. Tapi, itu berarti kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli handphone baru. Selain itu, kalau kamu bukan tipe orang yang suka membawa tas, bayangkan ketika kamu sedang jalan-jalan dan harus mengantongi dua handphone di saku celana. Selain itu, kamu juga harus mengawasi kondisi baterai keduanya dengan baik, dan akan lebih repot lagi kalau dua handphone tersebut punya charger baterai yang berbeda.

Nah, daripada repot-repot dan mengeluarkan biaya besar, lebih baik menggunakan smartphone dengan dual-SIM. Kamu tidak perlu repot-repot mengurus dua handphone, tapi tetap bisa menggunakan dua nomor yang berbeda.


Itulah beragam manfaat smartphone dual-SIM dalam keseharian EVers. Kalau EVers mencari smartphone dengan dual-SIM, di luar sana sudah ada banyak pilihan yang EVers bisa peroleh. EVERCOSS sendiri juga punya banyak smartphone dual-SIMdengan performa yang oke. mulai dari Winner T Combo yang punya audio oke, Elevate Y3+ yang memiliki jaringan 4G, sampai Winner Y Ultra yang punya RAM 2 GB. Semuanya juga punya harga yang sangat terjangkau.

Temukan Smartphone Dual-sim dengan Harga Terjangkau Dari EVERCOSS Di Sini!

manfaat smartphone dual sim

Share This: