4 Operator 4G Terbaik untuk Kamu Gunakan

Apakah EVers sedang bimbang dalam memilih operator terbaik untuk jaringan 4G pada ponsel pintar (smartphone) kamu? Atau EVers masih bingung dan merasa asing dengan jaringan 4G? Sebelumnya, ayo kita bahas dulu mengenai apa itu jaringan 4G. 4G adalah singkatan istilah dalam Bahasa Inggris, fourth-generation technology.
Jaringan 4G merupakan pengembangan dari teknologi 2G dan 3G berbasis Internet Protocol (IP) yang menyediakan layanan internet dan kecepatan transfer data yang tinggi hingga mencapai kecepatan 100Mb/detik saat pengguna bergerak pada kecepatan tinggi serta 1 Gb/detik dalam posisi diam.

Baca juga: Apa itu 4G LTE?

Nah, setelah EVers memahami apa itu jaringan 4G, sekarang saatnya EVers menentukan operator mana yang ingin digunakan. Saat ini, sudah begitu banyak operator yang ada di Indonesia, namun operator manakah yang paling bagus untuk menggunakan jaringan 4G? Mengacu pada data survey kecepatan yang dilakukan oleh CNN Indonesia, berikut adalah daftar operator-operator jaringan 4G terbaik yang dapat EVers pertimbangkan:

1. Telkomsel

Operator 4G Terbaik

Telkomsel adalah operator seluler pertama yang melakukan uji coba teknologi jaringan 4G LTE di Indonesia pada tahun 2010. Telkomsel memiliki empat kartu SIM yang memiliki jaringan 4G LTE, yaitu SimPATI, kartuHalo, Loop, dan KartuAS. Setelah membeli kartu SIM dari operator Telkomsel, EVers perlu menukarkan Kartu SIM dengan uSIM (Kartu SIM 4G LTE) di GraPARI terdekat.

Harga paket yang disediakan Telkomsel pun beragam, mulai dari paket kuota terkecil 2GB/30 hari extra 3GB (2GB hanya di jaringan 4G+1 GB Wifi) dengan harga mulai dari Rp 65.000 sesuai zona lokasi, hingga paket kuota tertinggi 32 GB untuk 270 hari dengan harga mulai dari Rp 800.000 sesuai zona lokasi. Kecepatan internet Telkomsel telah terbukti pada lokasi di Jakarta seperti Kelapa Gading, Pulo Gadung, Trisakti, dan Monas.

2. Indosat

Operator 4G Terbaik

Indosat juga sudah dilengkapi jaringan 4G dengan pilihan kartu IM3 Ooredo, Mentari Oooredo, dan juga Matrix Ooredo. Setelah melakukan pembelian, kartu SIM perlu EVers tukar menjadi uSIM pada gerai Indosat.

Paket Super Internet 4G-LTE Indosat dimulai dari paket kuota terkecil 3GB untuk 30 hari dengan harga Rp 29.900 hingga paket kuota terbesar 18 GB untuk 30 hari dengan harga Rp 199.000. Untuk kecepatan, koneksi Indosat paling bagus di lokasi-lokasi seperti Kelapa Gading, Kampus Trisakti, pabrik-pabrik Jakarta Timur, dan Monas.

Baca juga: 5 Alasan Beralih ke 4G LTE

3. XL-Axiata

Operator 4G Terbaik

Jaringan internet super cepat dan stabil 4G pada XL-Axiata dinamakan Paket HotRod 4G. EVers bisa membeli paket internetan dengan kecepatan tinggi tanpa batas waktu di jaringan 4G pada aplikasi MyXL atau di situs Elevenia. Harga paket yang ditawarkan yaitu 8 GB (4 GB+bonus 4 GB di jaringan 4G) untuk 30 hari dengan harga Rp 120.000, kemudian 12GB (6GB + bonus 6GB di jaringan 4G) untuk 30 hari dengan harga Rp 180.000, dan juga 16GB (8GB + bonus 8GB di jaringan 4G) untuk 30 hari dengan harga Rp 199.000.

XL pun tak kalah menunjukkan performanya yang paling unggul pada kawasan Mega Kuningan di Jakarta dan juga performa yang baik pada Trisakti, Monas, Pulo Gadung, dan Kelapa Gading.

4. Smartfren

Operator 4G Terbaik

Smartfren merupakan operator selular 4G LTE Advanced yang memungkinkan kamu menikmati layanan 4G LTE lebih optimal dengan cakupan wilayah yang luas. Smartplan Limitless dari Smartfren merupakan paket 4G LTE pertama di Indonesia yang menawarkan sensasi internetan tanpa rasa khawatir. Walaupun kuota 4G LTE sudah habis, kamu tetap bisa internetan sampai akhir masa berlaku paket kamu dengan kecepatan yang disesuaikan.

Smartfren punya empat pilihan paket 4G LTE yang bisa kamu pilih, mulai dari paket kuota 2 GB untuk 30 hari dengan harga Rp 50.000, paket kuota 4 GB untuk 30 hari dengan harga Rp 60.000, paket kuota 8 GB untuk 30 hari dengan harga Rp 100.000, dan paket kuota 16 GB untuk 30 hari dengan harga Rp 150.000.

Smartfren juga menunjukkan kecepatan internetnya dan bersaing dengan ketiga operator lainnya pada kawasan Kampus Trisakti, dan Pulo Gadung.


Pada uji kecepatan 4G LTE yang dilakukan CNN Indonesia pada tahun 2015, terbukti bahwa keempat operator diatas memberikan performa yang baik dan saling bersaing pada lokasi-lokasi yang berbeda di Jakarta. Maka sekarang saatnya EVers untuk mencari tahu terlebih dahulu, apakah operator 4G yang diinginkan telah memiliki jangkauan hingga ke daerah kamu dan bagaimana performa operator tersebut di kawasanmu. Kemudian EVers bisa mencermati harga paket dari operator tersebut dan memutuskan mana yang ingin kamu gunakan. Kalau kamu masih mencari smartphone 4G dengan harga yang terjangkau, EVERCOSS punya Winner T3 dan Elevate Y3 Plus yang bisa kamu peroleh dengan harga berturut-turut Rp 999.000 dan Rp 1.499.000,-. Kalau sudah punya koneksi 4G, tidak ada lagi yang namanya internetan lemot lewat smartphone!

Baca Juga: EVERCOSS Winner T3 dan Elevate Y3+ Disambut Hangat oleh Para Kaskuser

Share This:

2 Comments

  1. Ga salah lo bikin postingan… nomer 1 dan 2 provider paling payah utk koneksi internetnya… kelebihan kedua provider itu cuma harga yg mahal, tetapi koneksinya busuk

    • Hai Guwe, untuk masalah jaringan internet, jaringan internet provider tergantung dengan lokasi, apakah tercover secara benar merata atau tidak, dan itu mempengaruhi kualitas jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2018 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑