Google Play Store memang penuh dengan beragam jenis aplikasi, baik yang gratis maupun yang berbayar. Namun dari seluruh aplikasi berbayar tersebut, ada beberapa aplikasi yang tidak memiliki edisi percobaan (trial version) sehingga ada kemungkinan bahwa aplikasi yang telah dibeli tidak sesuai dengan harapan.

Namun, EVers tidak perlu khawatir merasa dirugikan jika ternyata aplikasi yang telah dibeli tidak sesuai harapan kamu. Google cukup berbaik hati dengan memberikan fitur pengembalian uang (refund) untuk aplikasi yang telah dibeli dalam rentang waktu dua jam. Jadi untuk dua jam pertama, jika merasa aplikasi yang dibeli tidak sesuai harapan, EVers bisa meminta uang kembali dan juga menghapus aplikasi tersebut dari smartphone EVers.

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Android Berbayar dengan Potong Pulsa di Google Play

Caranya pun sangat mudah. EVers cukup mengikuti dua langkah singkat berikut ini:

Pertama, buka Google Play, lalu buka menu “Akun Saya” dari menu samping kemudian turunkan layar EVers sampai menemukan bagian “Riwayat Pemesanan”. Pada bagian tersebut akan terlihat aplikasi berbayar apa saja yang pernah dibeli oleh EVers selama ini.

Cara Refund Aplikasi Android

Kedua, tekan tombol “Kembalikan Dana” yang terdapat pada aplikasi yang baru saja terpasang. Akan muncul pop-up konfirmasi. jika EVers yakin ingin mencopot aplikasi ini dan meminta pengembalian dana, maka tekan tombol “YA”.

Cara Refund Aplikasi Android

Google Play Store akan langsung menghapus aplikasi tersebut dan mengembalikan dana EVers secara otomatis. EVers pun akan mendapatkan e-mail yang berisikan notifikasi pengembalian dana yang telah berhasil. Status pada bagian riwayat pemesanan pun akan berubah menjadi “Dibatalkan”.

Cara Refund Aplikasi Android

Namun, perlu diingat agar jangan menunggu hingga lebih dari tenggat waktu pengembalian dananya, yakni dua jam. Jika EVers tidak melakukan pengembalian dana dalam dua jam, maka kamu tidak dapat meminta pengembalian dana dengan mudah lagi.

Jika EVers punya alasan kuat untuk meminta pengembalian dana setelah aplikasi tersebut dipakai lebih dari dua jam, EVers dapat menghubungi pihak pengembang aplikasi untuk meminta pengembalian dana melalui e-mail.

Untuk mengetahui e-mail dari pengembang aplikasi, EVers dapat menemukan tombol “Kirim e-mail pada bagian menu pengembang pada laman aplikasi. Dalam e-mail tersebut EVers perlu mencantumkan alasan jelas mengapa pihak pengembang perlu mengembalikan uang yang telah dibelanjakan untuk membeli aplikasi tersebut.

Cara Refund Aplikasi Android

Perlu diketahui, pihak pengembang aplikasi pun memiliki kebijakan sendiri yang berbeda dengan Google Play Store. Bisa saja pihak pengembang tidak akan mengembalikan dana yang telah dibelanjakan untuk alasan apapun jika memang itu kebijakan mereka. Jadi, sebaiknya EVers berhati-hati dengan tenggat waktu pengembalian dana otomatis.

Ada baiknya juga jika EVers menggunakan koneksi yang stabil dan kencang, seperti koneksi 4G, saat ingin melakukan pembelian dan pengembalian dana aplikasi berbayar. Jangan sampai karena koneksi yang tidak bersahabat jadinya EVers kelewatan masa tenggat dua jam tersebut.

Untuk menikmati kenyamanan konektivitas 4G, jangan lupa untuk menggunakan smartphone yang telah mendukung konektivitas 4G seperti EVERCOSS Elevate Y3+ atau Winner T3.


Bagaimana, mudah bukan cara mengembalikan dana dari aplikasi yang ternyata tidak sesuai harapan EVers setelah dibeli? Mulai sekarang, EVers tidak perlu lagi khawatir untuk mencoba terlebih dahulu aplikasi berbayar. Selamat menikmati aplikasi orisinal dari Google Play Store!

Baca Juga: Mencari Layanan 4G LTE yang Tepat untuk EVERCOSS Elevate Y3+ dan Winner T3

Share This: