Perkembangan teknologi melaju kian pesat. Bila pada tahun sebelumnya jajaran produk perangkat Android masih didominasi dengan prosesor dengan arsitektur 32-bit, kita sekarang sudah melihat munculnya perangkat Android generasi berikutnya yang sudah menggunakan prosesor 64-bit.

Sebagai salah satu produsen perangkat Android terbaik di tanah air, EVERCOSS pun sudah mulai menjual berbagai perangkat Android yang mengadopsi arsitektur prosesor 64-bit dengan harga terjangkau. Berbekalkan prosesor beken besutan Intel, yakni Intel Atom X3 (SoFIA), Winner Tab S3 menjadi tablet cerdas dengan prosesor 64-bit pertama EVERCOSS yang meluncur ke pasaran pada penghujung tahun 2015.

Nah, untuk menjawab sejumlah pertanyaan EVers seputar perbedaan Winner Tab S3 dibandingkan kakaknya Winner Tab S2, kali ini EVERCOSS akan memberikan ulasan seputar spesifikasi dan fiturnya. Silakan disimak:

Baca juga: 5 Kemampuan Utama Prosesor SoFIA dari Intel

Winner Tab S2 Winner Tab S3
Harga Rp 849.000 Rp 868.000
Prosesor Mediatek quad-core 1,2 GHz Intel Atom X3 quad-core 1,0 GHz
Arsitektur Prosesor 32-bit 64-bit
RAM 1 GB 1 GB
Memori Internal 1 GB 8 GB
Versi Android KitKat 4.4 Lollipop 5.1
Ukuran Layar 7 inci 7 inci
Resolusi Layar 1024 x 600p 1024 x 600p
Kamera Belakang 3 MP 3 MP
Kamera Depan 1,3 MP 1,3 MP
Kapasitas Baterai 2.950 mAh 2.500 mAh

Secara sekilas memang tidak banyak perubahan dari spesifikasi antara Winner Tab S2 dan Winner Tab S3. Namun, ternyata terdapat tiga perbedaan utama yang harus kamu perhatikan diantara keduanya.

Pertama, ialah kemampuan prosesornya. Winner Tab S3 mengusung prosesor 64-bit besutan Intel. Dengan arsitektur 64-bit, prosesor Intel Atom X3 akan menjalankan aplikasi yang terpasang pada tablet Winner Tab S3 lebih cepat dan mulus daripada tablet pendahulunya. Hal ini terbukti dari hasil tes tolak ukur MobileXPRT yang menunjukkan prosesor Intel Atom X3 berjalan 1,5 kali lebih cepat daripada prosesor quad-core 32-bit Snapdragon dengan kecepatan 1.2 GHz.

Winner Tab S2 vs Winner Tab S3

Kedua adalah sistem operasi Android. Winner Tab S3 sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop 5.1 yang mendukung penuh kemampuan prosesor 64-bit. Pengalaman menggunakan tablet pun jadi terasa sangat gegas dan mulus. Ditambah lagi, Android Lollipop 5.1 memiliki sistem manajemen RAM yang lebih baik daripada pendahulunya sehingga pengalaman multitasking pun menjadi lebih baik.

Ketiga ialah kapasitas baterai. Di sini sang kakak tampak memiliki keunggulan dibandingkan sang adik. Bagaimana tidak, Winner Tab S2 memiliki daya baterai 2.950 mAh sedangkan Winner Tab S3 memiliki 2.500 mAh.

Tenang! EVers pun tidak perlu khawatir akan kehabisan daya baterai saat menggunakan Winner Tab S3. Hal ini dikarenakan tingkat konsumsi baterai Winner Tab S3 lebih rendah daripada Winner Tab S2 saat menjalankan proses (seperti contohnya ketika melakukan encoding dan decoding pada video). Ditambah lagi dengan fitur pintar power consumption, tablet cerdas Winner Tab S3 dapat bertahan satu hari penuh dalam pemakaian normal.

Satu lagi, Winner Tab S3 pun telah terpasang dengan ECBook, aplikasi kumpulan buku pelajaran digital bagi EVers yang cocok bagi EVers yang masih di bangku sekolah. Kami sendiri sudah sempat mengulas ECBook secara komprehensif di blog ini.


Meski demikian, bukan berarti tablet Winner Tab S2 adalah tablet yang telah usang. Winner Tab S2 tetap menjadi yang terdepan di kelasnya dalam hal performa dan harga. Namun sebagai alternatif, tak ada salahnya melirik Winner Tab S3 yang telah mengadopsi teknologi masa depan.

Beli Winner Tab S3 di Mataharimall

Beli Winner Tab S2 di Lazada Indonesia

Baca Juga: Winner Tab S3 vs 5 Tablet Pesaing Di Kelasnya

Share This: