10 Sistem Operasi Android Yang Kamu Perlu Tahu (dan Fitur Unggulannya!)

Seberapa tahukah kamu sejarah perkembangan sistem operasi Android dari masa ke masa? Sejak diluncurkan pada bulan Februari 2009, sekarang Android sudah memasuki versi ke-13 dengan nama kode Marshmallow. Nama kode makanan manis ini pun baru dimulai pada versi ke-3, setelah melewati fase “Alpha” dan “Beta”, Android menamakan versi selanjutnya “Cupcake”.

Berikut ialah 10 versi sistem operasi Android selanjutnya yang kamu perlu ketahui:

Android 1.6 Donut

Sistem Operasi Android

Versi ini memperkenalkan fitur quick search box, dimana pengguna dapat mencari konten di website dan dalam ponsel dalam satu tempat.

Sebelum ada Google Play, ada Android Market. Dan di versi Donut, Android Market mendapatkan rancangan desain baru yang menampilkan aplikasi gratis dan berbayar terbaik.

Tidak hanya itu, Donut juga mempelopori kemampuan agar Android bisa digunakan pada berbagai ponsel dengan ukuran layar berbeda.

Android 2.1 Eclair

Sistem Operasi Android

Bagi kamu yang setiap harinya selalu menggunakan fungsi navigasi Google Maps, berterima kasihlah kepada Eclair sebab versi Android ini memungkinkan fitur tersebut bekerja dalam smartphone.

Eclair juga mempelopori kemampuan live wallpaper pada layar berkekuatan 854x480p. Di sini juga Android memperkenalkan fitur Speech-to-Text dimana suara pengguna dapat muncul dalam bentuk tulisan dalam ponsel.

Android 2.2 Froyo

Sistem Operasi Android

Froyo meningkatkan kemampuan suara Android ke level berikutnya: dengan suara pengguna dapat memerintahkan smartphone untuk menjalankan fungsi tertentu seperti pencarian, mengatur alarm, dan mendapatkan arah.

Froyo juga menggunakan sistem back-end baru yang berhasil meningkatkan performa pada kode berbasis CPU hingga lima kali lebih baik. Performa JavaScript pada aplikasi browser Android juga bekerja hingga tiga kali lebih cepat.

Tidak kalah pentingnya, Froyo memberikan kemampuan agar semua smartphone Android bisa menjadi portable Wi-Fi.

Android 2.3 Gingerbread

Sistem Operasi Android

Gingerbread membuat pengalaman bermain game menjadi lebih seru dan mudah untuk pengguna dan developer. Ini semua terjadi berkat akses yang lebih mudah untuk kemampuan audio, layar, kontrol perangkat, dan ruang penyimpanan.

Di Gingerbread, pengguna juga sudah bisa melihat bagaimana baterai mereka digunakan; aplikasi dan fitur apa saja yang menggunakan daya baterai besar. Gingerbread juga melahirkan dukungan Near Field Communication (NFC) dimana pengguna dapat mengirimkan data antar perangkat smartphone hanya dengan mendekatkan kedua perangkat saja. Fitur ini menjadi bibit untuk sejumlah fungsi Android kedepannya.

Android 3.0 Honeycomb

Sistem Operasi Android

Honeycomb menggiring era tablet dengan desain antarmuka fleksibel yang memaksimalkan tampilan layar Android. Hal ini membuat pengalaman membaca buku, menonton video, dan lainnya menjadi lebih seru.

Di sini pula Android memperkenalkan tombol digital untuk tombol Kembali, Beranda, dan Menu. Honeycomb juga meluncurkan fitur Quick Settings (Pengaturan Cepat) yang memberikan pengguna kemudahan untuk mengecek informasi penting seperti tanggal, waktu, daya baterai, dan status koneksi perangkat dalam satu tempat.

Baca juga: Cara Update Android 6.0 Marshmallow di EVERCOSS One X

Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Sistem Operasi Android

Ice Cream Sandwich membuat pengalaman kostumisasi Android menjadi lebih baik – pengguna sekarang bisa menyimpan sejumlah aplikasi di dalam Folder, serta memasang aplikasi favorit mereka di bagian beranda.

Pengguna juga sekarang bisa melacak seberapa besar penggunaan data internet mereka, serta mengatur seberapa banyak data yang ingin dipakai bulan itu. Dan di sini fitur NFC disempurnakan. Kali ini para pengguna Ice Cream Sandwich dapat berkirim data antar perangkat hanya dengan menyentuhkan perangkat mereka.

Android 4.1 Jelly Bean

Sistem Operasi Android

Google Now lahir! Serasa memiliki asisten pribadi, sekarang pengguna bisa mendapatkan laporan cuaca serta waktu perjalanan sebelum keluar rumah.

Pengguna juga sekarang bisa memberikan respon langsung pada notifikasi. Fitur Jelly Bean penting lainnya ialah penggunaan beberapa akun pengguna di dalam satu perangkat yang sama.

Android 4.4 KitKat

Sistem Operasi Android

Dengan nama yang terinspirasi dari sebuah merek coklat internasional, sekarang pengguna dapat menjalankan fungsi apapun hanya dengan mengatakan “Ok Google” terlebih dahulu.

Dengan kemampuan buku telepon yang lebih pintar, KitKat akan mencarikan info penelepon di internet saat pengguna menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Lalu, perangkat Android akan menyembunyikan tombol dan notifikasi saat kamu membuka sejumlah aplikasi seperti video, buku, dan game.

Android 5.0 Lollipop

Sistem Operasi Android

Hadir dengan desain material, penampilan Android terasa sangat segar. Dan semua desainnya juga membantu pengguna melakukan navigasi yang lebih efektif.

Pengguna sekarang bisa berinteraksi dengan lebih banyak layar Android seperti jam tangan pintar, tablet, maupun Android TV. Dan fitur notifikasi dimasukkan ke dalam halaman kunci, jadi pengguna bisa langsung mengakses notifikasi lebih cepat dan efisien.

Android 6.0 Marshmallow

Sistem Operasi Android

Dengan fitur Now on Tap, sekarang pengguna tidak lagi harus keluar dari aplikasi mereka untuk mendapatkan bantuan. Cukup menekan tombol Home (Beranda)!

Di versi Marshmallow, kemampuan baterai pun menjadi semakin pintar berkat fitur Doze dan App Standby. Pengguna pun bisa merasa lebih aman karena setiap smartphone akan menelaah izin atas fungsi apa saja yang diberikan kepada masing-masing aplikasi.

Baca juga: Fitur Terbaru yang Terdapat di Android Marshmallow


Android terus menjadi semakin canggih hari demi hari. Bagi kamu yang ingin menjadi pengguna pertama Android Marshmallow, buruan beli EVERCOSS One X sekarang juga!

Share This:

1 Comment

  1. indeed increasingly sophisticated technology, and thanks to this site has been displaying real-time information
    Thank you very much

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2017 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑