Ponsel pintar (smartphone) merupakan salah satu barang yang sering hilang, tertinggal, atau bahkan dicopet ketika sedang berada di luar. Repotnya, selain kehilangan materi, data-data yang ada di dalam juga ikut terbawa. Dan akan lebih repot lagi kalau akun-akun penting seperti akun email dan akun aplikasi lain terintegrasi di ponsel tersebut, dan EVers tidak menyiapkan pengamanan seperti kunci layar atau kata sandi.

Hal terbaik yang bisa EVers lakukan adalah lebih berhati-hati lagi dan mencegah hal tersebut terjadi, karena kehilangan ponsel berawal dari kecerobohan sendiri. Tapi, jika suatu hari EVers tidak sengaja kehilangan ponsel pintar Android, lakukan beberapa hal di bawah ini secara berurutan:

1. Temukan posisi ponsel melalui Android Device Manager

 

Ponsel pintar hilang

Kalau ponsel EVers terintegrasi dengan akun Google, kamu bisa melacak keberadaan ponselmu dengan membuka Android Device Manager. Layanan ini akan melacak ponsel mana saja yang terintegrasi dengan akun Google, dan di mana saja posisi ponsel tersebut berada. Dengan begitu, jika ponsel EVers hilang karena lupa atau tertinggal, kamu bisa tahu ke mana harus pergi agar bisa menemukannya.

Jika EVers sudah berada di tempat ponsel pintar tersebut hilang tapi tidak bisa melihatnya, atau jika sebenarnya ada di tengah-tengah kamarmu yang sangat berantakan, EVers bisa membuatnya berdering melalui Android Device Manager ini dengan memilih opsi Ring. Layanan ini bisa dibuka di komputer maupun ponsel pintar lainnya. Jadi, jika ponsel pintar EVers hilang karena ketinggalan, EVers bisa meminta temanmu untuk membantu menemukannya.

2. Jika ponselnya berada di tangan yang tidak bertanggung jawab, kunci dan reset ponselnya

 

Ponsel pintar hilang

Setelah dicari, mungkin ponsel pintar EVers tidak bisa ditemukan atau entah kenapa tidak bisa dilacak posisinya. Mungkin ponsel pintarnya dicopet dan EVers tidak ingin mencari masalah atau repot mendatangi pencopetnya. Nah, jika ini terjadi, saatnya EVers menyelamatkan semua akun dan data-data yang ada di ponsel tersebut.

Cara melakukannya tetap ada di Android Device Manager. Selain opsi Ring untuk membuat ponselmu berdering keras, layanan ini punya dua pilihan lain, yaitu Lock dan Erase. Dengan opsi Lock, EVers bisa membuat sebuah kunci layar dari jauh. Kunci layar ini berbeda dengan kunci layar yang kamu pasang dari ponsel pintar, sehingga kemungkinan dijebolnya lebih kecil. Lalu, opsi Erase berfungsi menghapus semua pengaturan dan integrasi yang ada di ponsel pintar itu. Ini kurang lebih sama dengan melakukan reset pabrik ke ponsel pintar dari jarak jauh.

Dengan melakukan Erase dan Lock, akun-akun dan data yang ada di ponsel pintar EVers yang hilang bisa terhindar dari penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Dapatkan kembali nomor EVers dengan meminta kartu SIM pengganti di kantor layanan seluler

 

Ponsel pintar hilang

Oke, berkat Android Device Manager, kamu bisa mengamankan akun-akun dan data yang ada di ponsel pintar EVers yang hilang. Tapi, nomormu masih bisa digunakan seenaknya. Bentuk penggunaannya misalnya menghabiskan semua pulsa yang EVers punya di nomor tersebut. Tapi yang paling parah lagi jika nomormu digunakan untuk tindak kejahatan seperti menipu kerabat atau teman.

Nah, untuk mencegah itu, EVers harus segera mengunci kartu yang dicuri tersebut dan mendapatkan kartu SIM pengganti. Caranya, cukup datang ke kantor layanan nomor seluler EVers, lalu minta untuk mendapatkan kartu SIM pengganti.

Prosesnya juga pada umumnya singkat. Cukup ingat nomor ponselnya, lalu bawa kartu identitas yang EVers gunakan untuk mendaftarkan nomor tersebut. Dalam beberapa menit, EVers akan mendapatkan kartu baru dengan nomor lama, sementara kartu yang ada di ponsel pintar yang hilang akan dikunci dan tidak bisa digunakan sama sekali.

4. Beli ponsel pintar baru

 

Ponsel pintar hilang

Oke, akun-akun dan data digitalmu sudah diamankan, dan nomor ponsel EVers juga sudah kembali ke tangan. Saatnya untuk mengembalikan tatanan hidup EVers seperti semula dengan mencari dan membeli ponsel pengganti jika EVers punya cukup uang untuk membelinya.

Ponsel pintar apa yang menjadi pilihan EVers tergantung pada preferensi masing-masing. Tapi, jika kamu mencari ponsel pintar terjangkau dengan kualitas yang mumpuni, EVERCOSS tentu bisa menjadi pilihan EVers.

Produk-produk EVERCOSS seperti, One X, Elevate Y2, dan yang paling baru, Winner Y Ultra menawarkan ponsel pintar Android berkapasitas RAM 2 GB dengan harga yang sangat terjangkau.


Kehilangan ponsel pintar memang kejadian yang tidak menyenangkan dan cukup menyebalkan karena kamu harus repot mengurus segala sesuatunya. Tapi jika itu terjadi, asalkan berada di lokasi yang tepat, misalnya di kota besar, kamu harusnya bisa menanggulanginya dengan cepat, bahkan hanya dalam beberapa jam saja.

Baca juga: 5 Fitur Doze di Android Marshmallow yang Bikin Irit Baterai

Share This: