Android Marshmallow

Kehadiran sistem operasi Marshmallow disambut meriah oleh seluruh pengguna Android di dunia. Bagaimana tidak? Terdapat banyak sekali perubahan yang tentu saja membuat sistem operasi Android ini lebih baik dari yang sebelumnya.

Dalam artikel sebelumnya, EVers telah mengetahui empat fitur besar yang menjadi keunggulan Android Marshmallow. Namun, tahukah EVers kalau sistem operasi Android terbaru ini juga memiliki lima hal kecil yang tidak boleh kamu sepelekan?

Yuk kita intip lima hal kecil yang seru di Android Marshmallow ini!

1. Pengaturan volume yang lebih baik

 

Android Marshmallow

Pada sistem operasi Android sebelumnya, terutama Lollipop, pengaturan volume menjadi salah satu isu. Rasanya, Lollipop mempersulit penggunanya dalam mengatur volume untuk notifikasi yang berbeda. Menghilangnya fitur Do Not Disturb juga dinilai negatif oleh banyak orang.

Di Android Marshmallow, Google kembali menghadirkan fitur Do Not Disturb. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memilih antara mode sunyi total, alarm saja, atau notifikasi prioritas.

Selain itu, kalau EVers menekan tombol volume pada ponsel pintar (smartphone) kamu dan menekan tanda panah di layar, kamu dapat mengatur volume untuk tiga hal berbeda yaitu nada panggilan, notifikasi, dan media seperti musik dan game.

2. Cut, copy, paste, and share

 

Android Marshmallow

Salah satu fitur terbaru Android Marshmallow yang tergolong minor namun berguna adalah cut, copy, paste, dan share yang baru. Dalam sistem operasi Lollipop, apabila EVers memilih sebuah kata, kalimat, paragraf, hingga tautan, kamu akan diberikan pilihan berupa gambar-gambar yang cukup membingungkan di bagian atas layar ponsel pintar kamu.

Namun, hal tersebut berubah di Android Marshmallow dan terbukti menjadi lebih baik. Google telah merubah gambar-gambar yang membingungkan tersebut menjadi tulisan sederhana cut, copy, paste, dan share. Pilihan tersebut akan muncul langsung di atas atau bawah teks yang sudah EVers pilih.

  • Cut: Memotong teks yang EVers pilih untuk kemudian ditempel kembali
  • Copy: Menggandakan teks yang EVers pilih
  • Paste: Menempel teks yang telah EVers potong dengan cut atau gandakan dengan copy
  • Share: Membagikan teks yang EVers pilih melalui aplikasi lain

3. Mencari aplikasi dengan search bar

 

Android Marshmallow

Apabila EVers baru saja memperbarui sistem operasi kamu ke Marshmallow, mungkin akan kaget dengan tampilan menu yang baru. Namun, EVers tidak perlu khawatir karena Google telah memberikan fitur search bar pada sistem operasi terbaru ini.

EVers dapat mencari aplikasi dengan mudah menggunakan search bar. Hal ini tentu saja berguna apabila EVers memiliki banyak sekali aplikasi dan game yang terpasang di ponsel pintar kamu maupun di toko aplikasi Google Play Store. Tepat di bawah search bar, juga terdapat satu baris daftar aplikasi yang penting dan paling sering EVers gunakan.

4. Fitur share yang lebih ramah pengguna

 

Android Marshmallow

Tanpa EVers sadari di sistem operasi Android sebelumnya, apabila kamu ingin membagikan gambar ke aplikasi lain misalnya WhatsApp melalui fitur share, kamu harus mencari logo WhatsApp dari puluhan aplikasi yang ada. Hal ini tentu saja memakan waktu dan menyulitkan EVers bukan?

Di sistem operasi Android terbaru, Google ingin mengatasi masalah ini melalui Marshmallow. Kini, daftar aplikasi yang muncul pada pilihan share akan diurutkan berdasarkan frekuensi EVers menggunakannya. Misalnya, EVers sering sekali membagikan gambar melalui aplikasi WhatsApp. Logo WhatsApp akan muncul di urutan pertama pada daftar aplikasi yang terdapat di pilihan share.

5. System UI Tuner

 

Android Marshmallow

Menurut EVERCOSS, ini adalah hal terkeren yang terdapat di Android Marshmallow. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur pilihan apa saja yang terdapat di quick setting. Bagi yang belum familier, quick setting adalah menu yang muncul apabila EVers melakukan gerakan swipe dua jari dari bagian atas layar ponsel pintar kamu.

Untuk mengakses System UI Tuner ini, buka menu quick setting. Kemudian, tekan tombol bergambar gerigi beberapa saat. Lalu, Marshmallow akan memberitahu kalau fitur System UI Tuner sudah dapat EVers akses. Buka fitur tersebut untuk mengatur tampilan quick setting pada ponsel pintar EVers. Fitur ini jelas berguna untuk menempatkan pilihan yang lebih berguna dan sering dipakai pada quick setting.


Itulah dia lima hal kecil namun memiliki manfaat besar di Android Marshmallow. Bagi yang belum sempat mencoba sistem operasi Android terbaru ini, ponsel pintar EVERCOSS One X sudah kebagian pembaruan Marshmallow lho.

Yuk, gunakan One X untuk menikmati praktisnya sistem operasi Android Marshmallow ini!

Baca juga: 4 Fakta Menarik Seputar Android Marshmallow

Share This: