Mengenal Fitur Doze di Android Marshmallow yang Bikin Irit Baterai

Sistem operasi Android versi 6.0 atau Marshmallow telah bergulir ke sejumlah ponsel pintar (smartphone) yang berada di bawah pengawasan Google, salah satunya adalah EVERCOSS One X yang berbasis Android One.

Salah satu perubahan besar yang dilakukan Google terhadap Android Marshmallow adalah penambahan fitur Doze yang bermanfaat melakukan efisiensi konsumsi baterai. Dengan sistem operasi Android Marshmallow, sebuah ponsel pintar yang terus-menerus dalam keadaan aktif dijanjikan akan memiliki daya hidup baterai lebih panjang.

Doze bisa disebut sebagai sistem modus tidur (sleep) baru. Ia akan bekerja ketika smartphone sedang “menganggur.” Ketika kamu sedang tidak menggunakan smartphone tetapi posisi perangkat dalam keadaan menyala, Doze secara otomatis akan mendeteksi hal itu dan mengistirahatkan kinerja peranti keras (hardware), seperti radio, juga mematikan peranti lunak (software).

Pada sisi peranti lunak, ia secara otomatis akan menghentikan kerja aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) agar tak menguras baterai.

Langkah tersebut akan membuat baterai bisa hidup lebih panjang dan pada akhirnya menguntungkan pengguna. Dan yang terpenting, EVers tidak perlu melakukan apapun untuk mengaktifkan atau menggunakan fitur Doze karena ia bekerja secara otomatis pada perangkat yang telah memakai Android Marshmallow.

Kapan Doze Bekerja?

Doze akan memainkan peran ketika perangkat tidak sedang disentuh layarnya atau tombolnya. Doze tidak dapat bekerja jika ponsel pintar dalam keadaan bergerak karena sebuah gerakan akan membuat sensornya bekerja.

Itu artinya, Doze dapat bekerja ketika ponsel pintar sedang aktif, layar dalam keadaan mati, tidak terhubung ke pengisian daya, dan ketika EVers benar-benar sedang meletakannya di atas meja dan membiarkannya begitu saja.

Setelah beberapa saat, barulah Doze bekerja. Ia akan meninabobokan peranti keras dan peranti lunak pada ponsel pintar milik EVers.

Fitur Doze Android Marshmallow

Walau fitur Doze membuat ponsel pintar seakan tertidur pulas, tapi EVers tidak perlu khawatir karena Doze tetap memungkinkan notifikasi dengan prioritas tinggi masuk. Notifikasi prioritas tinggi itu antara lain panggilan telepon, SMS, serta sejumlah aplikasi yang menyatakan dirinya sebagai prioritas tinggi.

Hal lain seperti email atau notifikasi tentang tambang emas pada game Clash of Clans tidak akan membuat ponsel pintar kamu terbangun dari tidur pulas akibat Doze.

Untuk mengkategorikan sebuah notifikasi atau aplikasi masuk dalam prioritas tinggi, Google telah mengaturnya secara khusus dan wajib dipatuhi oleh pengembang aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang hendak membuat notifikasi masuk dalam prioritas tinggi itu wajib datang melalui server Google Cloud Messaging.

Itu artinya, aplikasi yang menyatakan diri sebagai prioritas tinggi wajib terhubung dengan server Google Cloud Messaging. Dengan begini Google dapat memantau dan memodifikasi apa yang sedang dikirim ke perangkat.

Perlu diingat bahwa Doze tidak bekerja saat EVers menggunakan ponsel pintar. Pengguna yang berada di lokasi yang miskin sinyal, akan tetap kehabisan daya baterai secara cepat meskipun ponsel pintar dalam “menganggur” karena Doze tidak bekerja untuk menghentikan pencarian sinyal seluler maupun internet.

Peran Doze sedikit banyak akan membantu mengirit konsumsi baterai agar EVers tidak kehilangan daya ketika ponsel pintar atau tablet tidak digunakan. Dengan adanya Doze ini, Google mengatakan waktu siaga perangkat dengan Android Marshmallow dapat meningkat dua kali lipat.


Kalau EVers ingin mencoba fitur Doze ini, kamu dapat menggunakan EVERCOSS One X yang sudah dilengkapi dengan sistem operasi Android terbaru, yaitu Marshamllow.

Baca juga: Smartphone Kisaran Rp 1 Juta yang Mendapatkan Android Marshmallow

Share This:

2 Comments

  1. Maaf saya mau nanya. Saya pakai evercoss one x . build numbernya sprout_b-userdebug 5.1 LBY29G. Saya mau coba update katanya ud keluar tapi pas ane cek gak ada… Saya coba download updatenya dari luar yang resmi habis itu saya masukin ke sd card. Habis itu saya masuk mode recovery install update from sd card -> saya pilih filenya katanya verify error.. Setelah saya cari katanya yang pakai build number yang ada userdebugnya harus ke service center untuk install LBY29G normal… Adakah cara lain agar bisa update tanpa flashing rom lain tanpa ke service center?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2020 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑