Sistem operasi Android 6.0 Marshmallow sudah resmi hadir di tengah-tengah kita. Apabila ponsel pintar (smartphone) EVers sudah mendukung sistem operasi terbaru ini, ada baiknya kamu segera memperbaruinya. Bagi yang belum kebagian, jangan khawatir. Kamu dapat menikmati sistem operasi terbaru dari Android ini menggunakan ponsel pintar EVERCOSS One X.

Supaya kamu lebih familier dengan sistem operasi terbaru Android ini, berikut EVERCOSS berikan empat fakta menarik seputar Android Marshmallow.

1. Rumor nama sebelum Marshmallow

 

fakta menarik android marshmallow

Google memiliki ciri khas dalam memberikan nama sistem operasi Android milik mereka. Setiap sistem operasi Android terbaru diumumkan, Google selalu memberikan nama atas makanan manis. EVers dapat melihat dari sistem operasi Android pertama yaitu Donut, Eclair, hingga terakhir sebelum Marshmallow adalah Lollipop.

Satu hal yang perlu EVers tahu, nama-nama sistem operasi Android itu pun sesuai dengan urutan abjad. Mulai dari huruf D untuk Donut, hingga L untuk Lollipop. Setelah Lollipop, huruf M adalah yang akan digunakan oleh Google untuk menamakan sistem operasi terbarunya.

Menariknya, sebelum Google resmi mengumumkan Marshmallow sempat beredar rumor bahwa M adalah untuk Milkshake, Macaroon, Muffin, bahkan Moon Pie. Apakah EVers sendiri memiliki nama yang lebih “manis” dari Marshmallow?

2. Diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2015 menggunakan video YouTube

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=Pct9Hl7l4E4&w=560&h=315]

Akhirnya Google mengumumkan kepanjangan dari huruf M pada Android 6.0 adalah Marshmallow. Kebetulan, Google mengumumkan hal ini tepat pada hari peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke 60, yaitu pada tanggal 17 Agustus 2015.

Menariknya lagi, Google mengumumkan Marshmallow ini dengan patung misterius yang ditutupi oleh kain. Patung ini diletakkan di depan kantor Google. Hingga kemudian kain tersebut dibuka dan memperlihatkan patung Android yang sedang memegang marshmallow.

Peristiwa ini diabadikan dalam bentuk video. Kemudian, kanal YouTube Android mengunggahnya. EVers dapat melihat video tersebut di atas.

3. Sistem operasi Android pertama yang mendukung USB Type-C

 

fakta menarik android marshmallow

Android 6.0 Marshmallow adalah sistem operasi pertama yang mendukung USB Type-C. Kedepannya, EVers mungkin akan melihat perangkat ponsel pintar terbaru yang memiliki lubang colokan untuk USB Type-C. Lalu, apa bedanya USB Type-C dengan USB yang biasa EVers pakai sehari-hari?

Perbedaannya jelas terlihat pada rupa kabel. USB Type-C memiliki ujung yang lebih pipih, dan kedua ujungnya memiliki bentuk yang sama. Hal ini berarti EVers tidak perlu kesulitan memutar-mutar kabel USB kamu untuk dapat masuk ke lubang USB di ponsel pintar, atau laptop.

Selain itu, USB Type-C juga memungkinkan pengisian daya baterai yang lebih cepat. Kabel USB Type-C dapat membawa daya listrik sampai dengan 100 watt dan kuat arus 3-5 ampere. Berarti, EVers dapat mengisi penuh baterai ponsel pintar kamu hanya dalam waktu 30 menit sampai satu jam saja.

4. Marshmallow diklaim lebih ramah terhadap RAM

 

fakta menarik android marshmallow

Salah satu hal yang menarik dari sistem operasi Android Marshmallow adalah fitur Memory Manager. Dengan fitur ini, EVers dapat memantau banyaknya RAM yang digunakan oleh aplikasi yang sedang berjalan.

Untuk dapat mengakses fitur ini, EVers harus membuka Settings, Apps, kemudian pilih simbol dengan tiga titik, lalu pilih _Advanced, dan akhirnya pilih Memory. Fitur ini berguna untuk memantau kebiasaan aplikasi yang EVers pasang di ponsel pintar. Apabila EVers mendapati aplikasi yang memakan terlalu banyak RAM, lebih baik untuk menghapusnya bukan?

Baca juga: 5 Hal Kecil dan Seru yang Hanya Bisa Kamu Lakukan di Android Marshmallow

Share This: