Tutorial Menggunakan Aplikasi Dubsmash

Aplikasi Dubsmash sukses menggemparkan dunia media sosial sejak diluncurkan pada November 2014. Dalam waktu enam bulan sejak peluncurannya, aplikasi ini diunduh oleh lebih 10 juta orang di Google Play Store. Dan video yang dibuat dengan Dubsmash beredar di mana-mana.

Sekarang, Dubsmash merupakan salah satu aplikasi wajib bagi mereka yang gemar mengambil gambar selfie, tetapi dengan cara yang berbeda. Gambar yang diambil dengan Dubsmash bukan berupa foto, melainkan video selfie.

Bagi EVers yang tidak mau ketinggalan tren ini, tak ada salahnya mencoba membuat video selfie dari Dubsmash. Dan kali ini EVERCOSS akan memberi tahu langkah demi langkah memakai Dubsmash sampai mengunggahnya ke media sosial.

1. Apa itu Dubsmash?

Pada dasarnya Dubsmash adalah aplikasi video selfie yang memungkinkan kamu membuat video diri sendiri.

Tapi, di sini pengguna ditantang untuk melakukan sinkronisasi gerakan bibir dengan suara yang telah disediakan oleh Dubsmash. Suara itu bisa berupa potongan dialog dalam film, lirik lagu, kata-kata lucu, puisi, dan sebagainya. EVers dapat memilih salah satu suara dari perpustakaan besar, lalu mulai merekam video, dan sebarkan ke media sosial.

Aplikasi Dubsmash dikelola oleh perusahaan Mobile Motion GmbH yang didirikan oleh Jonas Drüppel, Roland Grenke dan Daniel Taschik, asal Berlin, Jerman. Kini Dubsmash memiliki 50 juta pengguna di 192 negara.

Dubsmash tersedia di Google Play Store dan bisa EVers unduh di sini

2. Memilih Bahasa

Setelah proses unduh dan instalasi rampung, aplikasi akan meminta pengguna untuk memilih bahasa. Dubsmash akan menyediakan paket-paket suara yang relevan dengan pilihan bahasa ini. Untuk bahasa Indonesia, secara langsung Dubsmash akan merekomendasikan kumpulan paket suara seperti Komedi Indonesia, Dangdut Indonesia, Sinetron Indonesia, sampai Film Indonesia.

 

Walau demikian, ada juga pilihan suara-suara dalam bahasa Inggris. Misalnya potongan dialog film, potongan film animasi, potongan lagu, kata-kata romantis, sampai kata candaan.

3. Pilih Suara

Untuk membuat video Dubsmash, hal pertama yang perlu EVers lakukan adalah memilih suara. Ada banyak sekali pilihan suara dalam perpustakaan Dubsmash. Kamu dapat memilih suara terbaru atau suara yang sedang tren saat itu.

Beberapa suara yang sering dipakai adalah potongan dialog film atau potongan lagu. Di sini EVers bisa berakting bak aktor dalam film tersebut atau bergaya ala penyanyi idola.

4. Buat Suara Sendiri

Jika EVers bertanya siapa yang mengumpulkan suara-suara dalam aplikasi Dubsmash? Maka jawabannya para pengguna Dubsmash lah yang menambahkan dan memperbarui suara-suara itu.

 

Jika EVers punya ide kreatif membuat guyonan yang sekiranya bakal dipakai banyak orang, EVers bisa membuatnya dengan menekan tombol add sound dan mulai merekam suara kamu sendiri.

5. Buat Soundboard Sendiri

Ini merupakan salah satu fitur penting. Ketika sedang memilih suara untuk video selfie, terkadang kita akan menemukan banyak suara lucu yang bisa dibuat video versi kita sendiri. Menu soundboard membantu EVers mengumpulkan suara-suara favorit agar mudah ditemukan suatu hari nanti.

6. Membuat Video Selfie

Setelah memilih suara, bisa berupa suara yang sudah tersedia di Dubsmash atau dari rekaman suara sendiri, kini saatnya kamu merekam video.

 

Dubsmash secara bawaan akan merekam dengan kamera depan. Tetapi jika mau pakai kamera belakang juga bisa. Cukup tekan ikon yang menggambarkan kamera belakang di sisi kanan atas layar.

Berlatih dulu sebelum merekam video. Usahakan bibir kamu bergerak dengan benar mengikuti kata-kata yang terdengar dari suara yang telah dipilih. Ini akan membuat video buatan kamu rapih dan terkesan serius dalam membuatnya.

Jika ada gerakan bibir yang kurang pas, jangan khawatir, karena EVers bisa mengulang sepuasnya sampai mendapatkan video terbaik. Cukup pilih tombol back di kiri atas layar untuk mengulang perekaman video.

7. Menambahkan Teks atau Simbol di Video

Setelah perekaman video selesai, kamu dapat menambahkan teks atau simbol pada video. Cukup pilih ikon bergambar “Aa” untuk menambahkan teks atau pilih ikon emoticon senyum untuk menambahkan simbol-simbol lucu pada video kamu.

8. Bagikan ke Media Sosial

Video selfie kamu sudah siap dan saatnya membagikan ke media sosial. Secara bawaan Dubsmash hanya menyediakan pilihan untuk membagikan video ke aplikasi Facebook Messenger dan WhatsApp.

Jika mau membagikannya ke Facebook, Twitter, Instagram, atau Path, maka EVers bisa memilih save to gallery untuk menyimpan video itu ke album video pada ponsel pintar (smartphone). Semua video yang dibuat dengan Dubsmash punya ciri khas terdapat teks “dubsmash.com” di sisi kiri bawah.


Itu tadi adalah langkah-langkah lengkap cara menggunakan Dubsmash. Jika sudah siap, langsung buat video selfie yang lucu versi kamu sendiri. Jika masih ada hal yang mau ditanyakan, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar.

Baca juga: 5 Video 360 Lainnya yang Seru untuk Kamu Tonton di EVERCOSS One X

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2017 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑