Tips Keamanan: Cara Menggunakan Smart Lock pada Android Lollipop

Sistem operasi Android terbaru Lollipop memiliki sejumlah keunggulan dari versi sebelumnya; salah satunya ialah fitur Smart Lock. Fitur ini memungkinkan EVers untuk tetap menjaga keamanan ponsel tanpa perlu ribet harus selalu memasukkan kode pin atau pola untuk membuka gembok layar.

Sistem operasi Lollipop sendiri sudah tersedia di sejumlah smartphone EVERCOSS seperti One X dan Winner T. Pastikan EVers sudah memperbarui ke sistem operasi terbaru, atau tanyakan pada customer care EVERCOSS untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: EVERCOSS Winner T Dapatkan Update Android 5.1 Lollipop!

Terdapat lima mode Smart Lock yang dapat dipilih:

  • Perangkat Tepercaya: kunci layar smartphone dapat selalu terbuka apabila mendeteksi perangkat bluetooth tepercaya di dekatnya.
  • Tempat Tepercaya: kunci layar smartphone dapat selalu terbuka saat berada di lokasi yang sudah ditetapkan.
  • Wajah Tepercaya: kunci layar smartphone dapat selalu terbuka khusus untuk pengguna yang wajahnya sudah dikenal.
  • Suara Tepercaya: kunci layar smartphone dapat dibuka hanya dengan mengucapkan kalimat “Ok Google”.
  • Deteksi Pada Tubuh: kunci layar smartphone akan terus terbuka saat mendeteksi dekat pada tubuh.

Sebelum kita membahas satu per satu, mari kita lihat dua syarat yang harus dilakukan sebelum fitur Smart Lock dapat digunakan:

Syarat 1: Gunakan fitur gembok layar terlebih dahulu

Smart Lock pada Android

Pertama-tama, masuk ke halaman Keamanan dalam bagian Setelan. Apabila EVers menggunakan pilihan “tidak ada” atau “gesek” di Gembok Layar, maka fungsi Smart Lock tidak dapat diaktifkan (lihat gambar di atas).

Jadi, EVers harus memilih “pola”, “PIN”, dan “sandi” di Gembok Layar untuk mulai menggunakan Smart Lock.

Syarat 2: Pastikan Agen Tepercaya Smart Lock aktif

Smart Lock pada Android

Kembali ke halaman Keamanan dalam bagian Setelan. Di bagian paling bawah, di seksi Lanjutan, kamu bisa menemukan pilihan Agen Tepercaya. Silakan dipilih dan pastikan bahwa Smart Lock (Google) berada dalam keadaan aktif.

Oke, sekarang kalian sudah siap menggunakan fitur Smart Lock!

Cara menggunakan Smart Lock Perangkat Tepercaya di Android Lollipop

Smart Lock pada Android

Untuk menggunakan fitur ini, EVers harus memiliki perangkat lainnya yang dilengkapi dengan koneksi bluetooth, contohnya jam tangan pintar, atau sistem bluetooth pada mobil.

Pertama-tama, EVers harus mengaktifkan koneksi bluetooth di perangkat terlebih dahulu. Masuk ke halaman Bluetooth dalam bagian Setelan. Lalu geser ikon ke kanan untuk mengaktifkannya. Setelah itu, sambungkan dengan perangkat tepercaya yang juga sudah aktif koneksi bluetooth-nya.

PERHATIAN: Perangkat smartphone lain tidak dapat dijadikan sebagai perangkat tepercaya. Ini dikarenakan koneksi bluetooth antar smartphone tidak akan terus terhubung. Keduanya secara default hanya akan terhubung untuk aktivitas sementara saja seperti transfer data dan musik. Di lain hal, koneksi bluetooth antara smartphone dan smartwatch contohnya, akan terus terhubung.

Smart Lock pada Android

Apabila koneksi bluetooth ponsel sudah tersambung ke perangkat tepercaya lainnya (yang bukan merupakan smartphone), EVers bisa kembali ke halaman Keamanan dalam bagian Setelan. Lalu pilih Smart Lock, dan Perangkat Tepercaya. Di bagian paling bawah, tinggal pilih “Tambahkan Perangkat Tepercaya”. Lalu pilih koneksi bluetooth mana yang tepercaya.

Cara menggunakan Smart Lock Tempat Tepercaya di Android Lollipop

Untuk menggunakan fitur ini, smartphone EVers harus memiliki koneksi internet (bisa dengan sambungan 3G atau Wi-Fi) dan mengaktifkan fitur lokasi.

Smart Lock pada Android

Untuk mengaktifkan fitur lokasi, masuk ke pilihan Lokasi di bagian Setelan. Lalu geser ikon menjadi aktif. Agar akurasi pelacak lokasi bisa semakin akurat, EVers juga bisa memilih Mode Akurasi Tinggi. Perlu diingat bahwa mode itu memakan lebih banyak baterai.

Smart Lock pada Android

Setelah melakukan semua itu, EVers bisa masuk ke halaman Keamanan dalam bagian Setelan. Lalu pilih Smart Lock, dan Tempat Tepercaya. Pilih “Tambahkan tempat tepercaya”, tentukan lokasi yang ingin dipilih dalam fitur Google Maps dan tekan “Pilih lokasi ini”.

Selesai! EVers dapat menambahkan berbagai Tempat Tepercaya seperti rumah, tempat kerja, sekolah, dan lainnya.

Baca juga: 5 Aplikasi untuk Melacak Lokasi Keluarga dan Anak

Cara menggunakan Smart Lock Wajah Tepercaya di Android Lollipop

Fitur ini menggunakan kamera depan smartphone untuk mengenali wajah.

Smart Lock pada Android

Masuk ke halaman Keamanan dalam bagian Setelan. Pilih Smart Lock, lalu pilih Wajah Tepercaya. Di sini kamu akan langsung diminta untuk melihat ponsel untuk memulai fase pengenalan wajah. Langsung saja pilih “Siapkan” dan “Berikutnya”.

Smart Lock pada Android

Lalu pasangkan wajah kamu di depan layar smartphone hingga prosesnya selesai. Agar akurasinya bisa lebih tepat, kamu dapat mengambil sebanyak mungkin “versi” wajah kamu seperti wajah saat menggunakan kacamata, saat sedang berjenggot dan berkumis, bahkan saat botak. Untuk melakukan ini tinggal masuk ke halaman Wajah Tepercaya lagi dan pilih “Tingkatkan pencocokan wajah”.

Cara menggunakan Smart Lock Suara Tepercaya di Android Lollipop

Fitur ini menggunakan microfon dalam ponsel.

Smart Lock pada Android

PERHATIAN: Fitur ini tidak berlaku untuk bahasa Indonesia. Jadi untuk mengaktifkannya, EVers perlu masuk ke halaman Bahasa & Masukan di bagian Setelan terlebih dahulu. Lalu mengubah bahasanya. Sebagai contoh, kami memilih “English (United States)”.

Smart Lock pada Android

Masuk ke halaman Keamanan dalam bagian Setelan. Pilih Smart Lock, lalu pilih Trusted Voice (Suara Tepercaya). EVers harus mengaktifkan ikon pertama terlebih dahulu yaitu “From the Google App”, setelah itu aktifkan ikon kedua “From Any Screen”.

Saat mengaktifkan ikon kedua, kamu akan langsung masuk ke halaman baru, pilih “Get Started”. Di sini EVers harus mengatakan “Ok Google” tiga kali untuk disimpan sebagai referensi. Tekan “Finish”.

Smart Lock pada Android

Kembali lagi ke halaman Trusted Voice, dan kali ini EVers dapat menggeser ikon ketiga yang bernama “Trusted Voice”.

Selesai. Sekarang EVers dapat membuka gembok layar hanya dengan mengatakan “Ok Google”. Bila lancar, EVers akan langsung masuk ke halaman pencarian Google.

Kamu dapat mengambil kembali suara “Ok Google” dengan memilih “Retrain Voice” di bagian paling bawah pada halaman Trusted Voice.

Cara menggunakan Smart Lock Deteksi Pada Tubuh di Android Lollipop

Fitur ini ingin menerka apakah ponsel berada dekat tubuh pemiliknya.

Smart Lock pada Android

Masuk ke halaman Keamanan dalam bagian Setelan. Pilih Smart Lock, lalu pilih Deteksi Pada Tubuh. Setelah itu kamu tinggal menggeser ikonnya untuk mengaktifkan fitur ini.

Selesai, ponsel akan terus terbuka kuncinya selama ponsel masih merasa berada dekat tubuh kamu, seperti saat kamu memegangnya atau saat ditaruh di dalam kantong celana.

Ponsel akan kembali terkunci saat merasa tidak lagi di tubuh kamu, contohnya saat diletakkan di atas meja selama satu menit. Ponsel juga akan terkunci saat kamu berada dalam kendaraan seperti mobil, motor, dan bus selama lebih dari 10 menit.

Baca juga: Tips Keamanan: Cara Mengunci Aplikasi dengan Fitur Screen Pinning

Sumber gambar: Flickr

Share This:

7 Comments

  1. kok di winner t ga ada pilihan smart lock padahal agen trusted sudah saya aktifkan smart locknya

  2. Hi mas Lukman,

    Akan coba kami selidiki ya.
    Nanti akan kami update secepatnya.

    Terima kasih atas masukannya.

  3. di A75A juga gak ada quick lock screen atau smart wake up, dimana kalo double tap di layar bisa membuka atau mengunci layar

  4. Woy,di evercoss winner y2 gak ada pendeteksi wajah tuh,update ke os lollipop yg lebih tinggi donk

  5. Woy,di evercoss winner y2 gak ada pendeteksi wajah tuh,update ke os lollipop yg lebih tinggi donk

  6. Cara mematikan nnya gimana nihh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2019 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑