Laporan Q2 2015: EVERCOSS Memimpin Klasemen Merek Smartphone Lokal

Laporan terbaru dari perusahaan riset asal Hong Kong Counterpoint Technology Market Research kembali mengukuhkan posisi EVERCOSS sebagai merek ponsel pintar (smartphone) lokal nomor satu di tanah air. Berikut ialah tiga poin penting dari hasil penelitian Counterpoint untuk kuartal kedua (April hingga Juni) tahun 2015 (Q2 2015):

1. EVERCOSS pimpin pasar ponsel Indonesia

Akhirnya posisi perusahaan ponsel nomor satu di Indonesia diraih oleh merek lokal!

EVERCOSS dengan pangsa pasar sebesar 18,2 persen berhasil menyalip posisi nomor satu dari Samsung untuk pasar ponsel secara keseluruhan (gabungan antara feature phone dan smartphone). Advan juga menggeser posisi Smartfren untuk menjadi vendor ponsel kelima terbesar di Indonesia.

Merek Smartphone Lokal

2. Pasar smartphone Samsung tergerus

Selain jatuh ke posisi dua di klasemen ponsel keseluruhan, pangsa pasar Samsung di ranah smartphone tergerus sangat besar dari 32,9 persen di Q1 2015 menjadi 24.2 persen di Q2 2015. Menurut Counterpoint, hal ini terjadi karena semakin maraknya merek-merek Asus, Vivo, Oppo, dan Xiaomi yang mengambil segmen smartphone kelas menengah Samsung.

Walau begitu, Samsung masih bertahan sebagai merek smartphone terpopuler di Indonesia, diikuti oleh EVERCOSS, Advan, dan Smartfren. Oppo yang sebelumnya mengisi posisi kelima di klasemen ini disalip oleh Asus.

Merek Smartphone Lokal

Baca juga: 5 Strategi EVERCOSS Bersaing dengan Rival Internasional

3. Pasar smartphone masih sehat

Merek Smartphone Lokal

Counterpoint mencatat bahwa walaupun pasar ponsel keseluruhan tidak bertumbuh signifikan, namun pasar smartphone dari tahun ke tahun meningkat sebesar 30 persen. Tarun Pathak selaku Analis Senior Counterpoint menjelaskan bahwa tren selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah pertumbuhan pasar smartphone 4G LTE di Indonesia.

“Untuk memanfaatkan momentum ini, hampir semua operator Indonesia mencoba berbagai strategi yang berbeda mulai dari menawarkan paket 4G LTE yang murah hingga memberikan paket bundling perangkat untuk memimpin pangsa pasar yang penuh potensi ini,” jelas Tarun.

EVERCOSS sendiri sedang mempersiapkan produk 4G LTE untuk menjawab kebutuhan konsumen di tahun ini.

Kualitas sebagai kunci utama

Merek Smartphone Lokal

Ricky Tanudibrata, Chief Marketing Officer EVERCOSS, menjelaskan bahwa kualitas merupakan salah satu kunci utama perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat. Oleh sebab itu, EVERCOSS tidak akan berkompromi dalam melakukan tes uji coba pada semua produknya sebelum dijual ke publik.

Konsumen akan mendapatkan garansi produk selama satu tahun. EVERCOSS pun menyediakan pelayanan purna jual melewati jalur SMS dan email.

Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa perusahaan berhasil sejumlah penghargaan seperti The Best Local Tablet untuk Elevate Tab V danMost Valuable Smartphone untuk One X.

Baca juga: Inilah 3 Penghargaan Yang EVERCOSS Raih Tahun 2015

(Sumber gambar: Pixabay)

Share This:

3 Comments

  1. aih. gak keren om, masak evercoss pake blog gratisan? blogspot.com.. cuma pake domain parking doang.. hehe

  2. Halo bro, saya salah satu tim penulis di blog ini.

    Terima kasih banyak atas masukannya 🙂
    Kami sendiri memang sedang mempersiapkan tampilan blog baru yang lebih keren nanti di tahun 2016!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2017 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑