Selamat Datang Android 6.0 Marshmallow!

 Sistem operasi mobile Android yang baru telah diketahui sejak Mei 2015, dan Google akan mengawalinya dengan huruf “M”. Melalui sebuah patung, akhirnya terungkap kode nama lengkap untuk Android versi berikutnya.

Android versi 6.0 itu diberi nama Marshmallow. Google memperkenalkan patung robot hijau terbaru di kantor pusatnya, di Mountain View, California, Amerika Serikat, pada 17 Agustus 2015.

Pemrogram senior di Google, Brandon Jones, mengungkap nama Marshmallow itu dalam kicauannya di Twitter pada 18 Agustus 2015. “Dan kami memiliki Marshmallow. Ulangi, kami memiliki Marshmallow,” demikian kicauan Brandon yang dibarengi dengan publikasi foto robot Android memeluk makanan marshmallow.

Sekarang, EVers tinggal menunggu tanggal peluncuran Marshmallow ke perangkat ponsel pintar Android. Google sejauh ini belum mengungkapkan tanggal peluncurannya.

Buat EVers yang memiliki ponsel pintar Evercoss One X yang berbasis Android One, kamu bakal mendapatkan pembaruan sistem operasi menuju Marshmallow ini dalam waktu cepat. Karena Google menjanjikan ponsel berbasis Android One, yang pengembangannya diawasi langsung, akan mendapatkan pembaruan sistem operasi terlebih dahulu ketimbang ponsel pintar Android lainnya.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=Pct9Hl7l4E4&w=560&h=315]

Fitur Terbaru di Android Marshmallow

Di versi Marshmallow ini, Google menambahkan sejumlah fitur baru agar Android semakin cerdas. Ada fitur baru bernama Doze yang berguna dalam mengelola daya baterai pada perangkat. Jika ponsel dalam keadaan siaga tetapi tidak digunakan dalam waktu lama, fitur Doze secara otomatis mematikan aplikasi yang aktif berjalan di latar belakang. Langkah ini bisa membuat baterai lebih awet.

Google juga memperkuat sistem keamanan untuk meningkatkan privasi pengguna. Aplikasi pihak ketiga tidak bisa begitu saja mengetahui informasi lokasi, foto, sampai daftar kontak. Jika aplikasi pihak ketiga ingin mengetahui informasi pengguna, mereka wajib memunculkan notifikasi dan meminta izin. Di sini EVers bisa menolak atau menerima permintaan akses informasi lokasi itu.

Pada aplikasi pihak ketiga yang berhubungan dengan kamera, misalnya, mereka tidak bisa sembarangan mengambil informasi lokasi pengambilan gambar yang EVers potret. Aplikasi tersebut harus meminta izin dari pemilik perangkat untuk bisa mengakses lokasi.

Masih pada fitur keamanan, Google membawa perbaikan dalam hal pembayaran berbasis Near Field Communication (NFC) dan menyempurnakan fitur pemindai sidik jari untuk membuka akses ponsel pintar bagi perangkat yang mendukung.

Yang hebat lagi, kini Android Marshmallow juga mendukung USB Type C yang memungkinkan satu lubang koneksi dapat dipakai untuk mengisi daya baterai sampai penghubung antara perangkat ponsel pintar atau tablet dengan komputer pribadi. Tentu saja, USB Type C ini lebih canggih dari konektivitas generasi sebelumnya karena telah dilakukan pembaruan teknologi.

Android 6.0 Marshmallow

Sejarah Android

Sistem operasi Android mulanya dikembangkan oleh Android Inc., yang didirikan pada Oktober 2003 di Palo Alto, California, AS, oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White.

Google mengakuisisi perusahaan Android Inc. senilai USD 50 juta pada Agustus 2005. Versi Android yang dirilis ke publik selalu menggunakan kode nama yang berasal dari nama kue atau makanan penutup agar mudah diingat. Kode nama Android ini dimulai dari versi 1.5 atau Cupcake. Berikut ini sejarah kode nama Android dari masa ke masa:

  • Android 1.1 (Februari 2009)
  • Android 1.5 Cupcake (April 2009)
  • Android 1.6 Donut (September 2009)
  • Android 2.0 Eclair (Oktober 2009)
  • Android 2.2 Froyo (Mei 2010)
  • Android 2.3 Gingerbread (Desember 2010)
  • Android 3.1 Honeycomb (Mei 2011)
  • Android 4.0 Ice Cream Sandwich (Oktober 2011)
  • Android 4.1 Jelly Bean (9 Juli 2012)
  • Android 4.4 KitKat (Oktober 2013)
  • Android 5.0 Lollipop (November 2014)
  • Android 6.0 Marshmallow (Belum dirilis)

Baca juga: 5 Developer Anak Bangsa yang Wajib Kamu Ketahui

Share This:

14 Comments

  1. Wah…selamat datang marshmallow….. sayangnya sebagian besar vendor masih stuck dengan OS Lollipop, bahkan masih sangat banyak sekali device yang baru dirilis masih menggunakan OS Kitkat.

    Bagaimana dengan Evercoss? apakah sudah ada list product terbaru dengan OS Marshmallow ini. Ditunggu kabar baiknya ya…

  2. Kabarnya sih evercoss One x dapet upgrade ke android marshmallow

  3. Kabarnya sih evercoss One x dapet upgrade ke android marshmallow

  4. This comment has been removed by the author.

  5. meskipun sudah ada Nexus 5. Jujur saya sangat suka ponsel ini (Ever One X)
    Berasa pakai Nexus 4!

  6. one x ku gagal update ke android 6… seteleah beberapa kali capek download.. ujung ujung errorr… ada solusi ?

  7. one x ku belom dpt update..

  8. Bisa bantu one x ku gagal verifikasi terus ,,,kouta data ku abis terus

  9. Bisa bantu one x ku gagal verifikasi terus ,,,kouta data ku abis terus

  10. Kapan evercoss winner y max dapet update marshmallow. Update please:D

  11. Kapan evercoss winner y max dapet update marshmallow. Update please:D

  12. This comment has been removed by the author.

  13. Evercoss A75A ada pembaruan, tetapi setelah di download, selesai, gagal di instal.. bagaimana ya?

  14. Evercoss a75a kok gk ada pembaruan sistemnya sih mohon pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2017 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑