Keamanan orang-orang terkasih seperti anggota keluarga dan anak merupakan hal yang paling penting. Memang kita tidak dapat selalu memprediksi apa yang akan terjadi, namun kita akan selalu berusaha melakukan hal yang maksimal untuk memberikan perlindungan terbaik kepada orang yang kita cintai.

Salah satu solusi untuk melakukan hal itu ialah dengan melacak lokasi mereka; apakah sang anak sudah sampai di sekolah tepat waktu dan apakah mereka membutuhkan perhatian segera dari orang tua. Berikut ialah lima aplikasi smartphone yang dapat membantu orang tua untuk memantau keadaan dan lokasi keluarga mereka:

1. Life360

aplikasi untuk melacak lokasi

Ini bisa dibilang merupakan aplikasi yang paling populer di daftar ini. Kamu dapat mengatur zona aman (seperti sekolah, tempat les, dan rumah), berkirim pesan dengan keluarga yang terhubung di dalam aplikasi, dan melacak sejarah lokasi mereka hingga 30 hari di versi gratis.

Orang tua akan otomatis mendapatkan notifikasi di dalam aplikasi bila sang anak baru saja masuk atau keluar dari zona aman. Sayangnya di versi gratis, kamu hanya dapat mengatur hingga dua zona aman. Aplikasi ini juga menyediakan tombol SOS untuk keperluan darurat, dimana seluruh anggota keluarga yang terhubung akan segera mendapatkan notifikasi dan dapat melacak keberadaan anak.

Aplikasi Life360 memiliki beberapa fitur tambahan seperti “daftar” untuk seluruh anggota keluarga (cocok untuk memasukkan daftar hal yang perlu dibeli di supermarket contohnya) dan alarm pengingat.

Life360 tersedia di Google Play Store secara gratis dan bisa EVers unduh di sini.

2. Family Locator by ZoeMob

aplikasi untuk melacak lokasi

Aplikasi ini memiliki fungsi yang cukup lengkap. Kamu dapat melacak lokasi anak yang sudah terhubung dengan aplikasi, berkirim pesan di dalamnya, mengatur zona aman bagi mereka, serta kemampuan notifikasi SOS.

Dua fitur pelengkap Family Locator by ZoeMob ialah kemampuan untuk mengontrol batas kecepatan berkendara dan filter SMS. Orang tua akan mendapatkan notifikasi bila sang anak sedang berada di kendaraan yang sedang ngebut, serta saat anak mendapatkan atau mengirimkan SMS yang berisikan kata yang dilarang.

Satu fitur yang keren di Family Locator by ZoeMob ialah kemampuan untuk melihat status anak dalam aplikasi. Orang tua dapat memonitor berbagai informasi seperti kekuatan sinyal ponsel, kapasitas baterai, hingga jaringan WiFi yang sedang digunakan mereka.

Family Locator by ZoeMob tersedia di Google Play Store secara gratis dan bisa EVers unduh di sini.

3. Family Locator by Sygic

aplikasi untuk melacak lokasi

Sebagai salah satu alternatif aplikasi pelacak lokasi anak di daftar ini, Family Locator by Sygic memiliki sejumlah fungsi yang diharapkan seperti pelacak lokasi, penetapan zona aman, tombol SOS, dan berkirim pesan.

Dua fitur yang menarik di aplikasi ini ialah penambahan grup baru dan Augmented Reality (AR). Penambahan grup baru merupakan fitur yang cocok bagi mereka yang memiliki lebih dari satu keluarga (ahem!) atau ingin menjaga keamanan lebih dari satu kelompok teman. Sedangkan di fitur AR, kamu dapat melacak lokasi anggota keluarga lainnya menggunakan layar kamera.

Di versi premiumnya, EVers akan dapat melacak sejarah lokasi anggota keluarga hingga tujuh hari.

Family Locator by Sygic tersedia di Google Play Store secara gratis dan bisa EVers unduh di sini.

4. Familo

aplikasi untuk melacak lokasi

Familo juga memiliki sejumlah fungsi aplikasi pelacak lokasi keluarga umumnya seperti pelacak lokasi, tombol SOS, berkirim pesan, dan penetapan zona aman. Namun, bisa dibilang fitur notifikasi yang dimiliki Familo sedikit lebih detil; orang tua bisa mengatur untuk menerima notifikasi bila anggota keluarga tiba atau meninggalkan zona aman tertentu saja.

Di dalam aplikasi, orang tua bisa melihat siapa saja anggota keluarga yang berada di setiap zona aman. Anggota keluarga yang terhubung juga dapat berbagi foto di dalamnya dan memasukkan informasi dalam fitur “to do list”.

Familo tersedia di Google Play Store secara gratis dan bisa EVers unduh di sini.

5. Famy

aplikasi untuk melacak lokasi

Ya, Famy memang memiliki aplikasi dengan bahasa Inggris yang cukup memprihatinkan, namun aplikasi asal Korea Selatan ini memilki beberapa fungsi yang bisa dipertimbangkan. Salah satu fitur khusus yang dimiliki Famy ialah kemampuan untuk mengatur secara sangat detil kapan orang tua mendapatkan notifikasi.

Pertama, orang tua bisa mendapatkan notifikasi bila sang anak tiba dan pergi dari zona aman. Kedua, orang tua juga bisa mengatur untuk jam berapa saja dan hari apa saja sang anak sebaiknya berada di zona aman (cocok untuk jadwal tempat les). Bila sang anak tidak berada di zona aman pada waktu yang telah ditentukan, orang tua akan mendapatkan notifikasi. Ketiga, orang tua juga bisa mendapatkan notifikasi setiap kurun waktu tertentu (seperti setiap 3 jam) untuk mendapatkan update tentang lokasi si anak.

Tidak hanya itu, orang tua juga bisa membeli aksesoris tambahan berbentuk lingkaran kecil bernama Link (harganya sekitar Rp 300.000 di Korea Selatan) yang dapat dilacak lokasinya menggunakan sinyal bluetooth. Link ini dapat diletakkan pada benda-benda tertentu atau sebagai kalung untuk binatang peliharaan.

Selain itu, Famy juga memiliki fungsi umum seperti pelacakan lokasi anak, berkirim pesan, tombol SOS, dan penetapan zona aman.

Famy tersedia di Google Play Store secara gratis dan bisa EVers unduh di sini.


Semoga artikel ini membantu para orang tua untuk dapat menjaga keamanan anak-anaknya dengan lebih baik.

Sumber gambar utama: Flickr

Share This: