5 Rekomendasi Aplikasi Alquran untuk Smartphone Android

Alquran merupakan salah satu rukun iman bagi para umat muslim. Oleh karena itu, EVers yang beragama islam wajib untuk percaya, membaca, dan mengamalkan isi kitab suci Alquran yang Allah SWT telah wariskan kepada Rasulullah SAW.

Di era teknologi seperti saat ini, Alquran telah hadir dalam versi digital, atau kita lebih familiar dengan menyebutnya aplikasi Android. Kini, EVers dapat senantiasa membaca Alquran di waktu senggang melalui ponsel pintar (smartphone) berkat hal itu. Selain itu, tidak sedikit aplikasi Alquran yang menawarkan lebih dengan menyertakan terjemahan bahasa Indonesia, hingga fitur untuk memutar rekaman bacaan Alquran.

Berikut adalah lima rekomendasi aplikasi Alquran untuk ponsel pintar Android yang dapat EVers unduh.

1. Al’Quran Bahasa Indonesia

 

Aplikasi Alquran

Al’Quran Bahasa Indonesia adalah aplikasi Alquran yang wajib EVers miliki di ponsel pintar. Aplikasi ini menghadirkan fitur terjemahan bahasa Indonesia dari setiap ayat, sehingga EVers juga tahu makna dari setiap ayat yang kamu baca. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur andalan lainnya, seperti membesarkan atau mengecilkan ukuran huruf, mencari ayat-ayat Alquran, menandai surat favorit, dan membagikan sebuah ayat ke media sosial atau aplikasi pesan instan lain. EVers juga dapat melanjutkan membaca Alquran dari ayat terakhir yang kamu baca hanya dengan satu klik saja.

Aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia juga dapat mengunduh file audio rekaman bacaan Alquran oleh Abdullah Basfar, kemudian memutarnya. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelengkap berupa pengingat waktu salat yang dapat EVers temukan di bagian pengaturan. Nantinya, aplikasi ini akan memunculkan notifikasi pada ponsel pintar EVers apabila telah memasuki waktu salat.

Download aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia untuk Android di sini (gratis).

2. MyQuran Al Quran Indonesia

 

Aplikasi Alquran

MyQuran Al Quran Indonesia adalah aplikasi Alquran yang sangat menarik. Aplikasi ini memiliki desain yang khas dan benar-benar memaksimalkan fitur layar sentuh pada ponsel pintar dengan navigasi menunya yang interaktif. Selain memiliki terjemahan bahasa Indonesia dari setiap ayatnya, aplikasi ini juga memberikan bantuan berupa huruf latin bagi yang belum lancar membaca huruf hijaiyah yang dapat EVers nyalakan dan matikan ketika membaca.

Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur lain yang bermanfaat. EVers dapat mengakses kumpulan do’a-do’a, jadwal salat, Asmaul Husna, makhraj (cara membaca) huruf hijaiyah, dan tugas untuk mengkhatamkan Alquran selama 30 hari. Namun, fitur-fitur penunjang seperti tajwid berwarna, dan rekaman bacaan Alquran di semua surat hanya dapat EVers gunakan apabila kamu membeli versi lengkap dari aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia ini.

Download aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia untuk Android di sini (gratis).

3. Quran for Android

 

Aplikasi Alquran

Quran for Android adalah aplikasi Alquran nomor satu di toko aplikasi Play Store dengan lebih dari 10 juta kali unduhan di seluruh dunia. Meskipun aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur seperti dua aplikasi Alquran sebelumnya, Quran for Android dapat menjadi pilihan aplikasi Alquran yang benar-benar memberikan pengalaman layaknya membaca Alquran versi cetak.

Ketika pertama kali menjalankan aplikasi ini, EVers diharuskan mengunduh file yang berukuran cukup besar, yaitu sekitar 100 MB. Setelah itu, EVers dapat langsung memilih surat atau juz yang ingin kamu baca. Aplikasi ini juga menyediakan terjemahan bahasa Indonesia bagi EVers yang ingin mengunduhnya. Terlebih lagi, EVers dapat menikmati rekaman bacaan Alquran oleh qari-qari dari seluruh dunia, seperti Abdurrahman as-Sudais yang merupakan seorang imam besar di Masjidil Haram, yang tersedia untuk seluruh surat.

Download aplikasi Quran for Android untuk Android di sini (gratis).

4. MP3 Quran

 

Aplikasi Alquran

MP3 Quran adalah aplikasi dengan fitur utama yang menyediakan rekaman bacaan Alquran oleh lebih dari 100 qari di dunia, salah satunya adalah qari muda yang terkenal, Ahmad Saud. EVers dapat mengunduh rekaman bacaan surat-surat Alquran oleh qari pilihan kamu dalam format .mp3, dan memutarnya untuk kamu dengarkan. Aplikasi ini juga memungkinkan EVers untuk membuat daftar putar (playlist) dari rekaman bacaan Alquran yang telah kamu unduh sebelumnya.

Tidak terbatas pada rekaman bacaan Alquran saja, aplikasi ini juga menyediakan fitur lain untuk membaca Alquran dengan tampilan seperti Alquran versi cetak. Namun, karena ini bukanlah fitur utama dari aplikasi ini, EVers tidak dapat melakukan banyak hal dari fitur membaca Alquran yang tersedia.

Download aplikasi MP3 Quran untuk Android di sini (gratis).

5. Quran Tajwid Indonesia

 

Aplikasi Alquran

Apabila EVers mencari aplikasi Alquran yang memberikan petunjuk tajwid dengan lengkap, aplikasi Quran Tajwid Indonesia adalah jawabannya. Aplikasi ini memberikan tajwid berwarna dan penjelasannya lengkap untuk seluruh 114 surat.

Selain tajwid, aplikasi ini juga memiliki fitur terjemahan resmi dari Departemen Agama Republik Indonesia, dan tafsir ayat Alquran dari buku Tafsir Al-Muyassar yang mudah untuk dipahami. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkin EVers untuk mengunduh rekaman bacaan Alquran per surat yang dapat kamu putar per ayat.

Download aplikasi Quran Tajwid Indonesia untuk Android di sini (gratis).


Semoga lima aplikasi Alquran ini dapat membantu EVers dalam melakukan ibadah membaca Alquran dan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Share This:

1 Comment

  1. Bagus artikelnya, Bagi bapak / ibu yang sedang mencari Les Privat di Pamulang dan Les Privat di Bintaro SD, SMP, SMA bisa hubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2017 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑