Sebelum Dijual, Semua Produk EVERCOSS Sudah Lewati Uji Ketahanan

Uji Ketahanan Evercoss

Ketangguhan produk ponsel pintar (smartphone) dan komputer tablet sangat tergantung dari tahap penelitian dan pengembangan, di mana salah satunya adalah tahap uji coba yang ketat untuk mengukur kualitas dan daya tahan produk. Sebagai produsen ponsel pintar terdepan di Indonesia, EVERCOSS berupaya memberikan yang terbaik sebelum produk sampai ke tangan konsumen.

Untuk merealisasikannya, semua produk EVERCOSS yang sedang dikembangkan akan melewati proses uji daya tahan dari segala skenario ketidaksengajaan yang dapat membuat kerusakan. Uji ketahanan ini dilakukan di Laboratorium Uji Ketahanan Produk EVERCOSS.

Mau tahu bagaimana setiap produk EVERCOSS diuji? Ini dia kisahnya.

Tahan terhadap bantingan dan guncangan

EVERCOSS tidak ingin ponsel pintar atau komputer tablet rusak begitu saja hanya karena terjatuh. Kami memastikan hal itu tidak terjadi dengan melakukan uji coba membanting perangkat dari jarak pendek.

Perangkat juga dibanting dari jarak yang tinggi hingga menghantam lantai yang keras. Setelah uji banting dilakukan, EVERCOSS akan memerhatikan semua sisi yang berpotensi rusak. Mulai dari sisi layar, sisi atas-bawah, sisi samping kanan-kiri, dan sisi belakang. Jika potensi rusak itu ada, maka EVERCOSS akan memperbaikinya atau mengubah desain luar untuk meminimalkan risiko produk rusak akibat terbanting.

Ponsel juga diuji agar tahan terhadap guncangan. Kami membayangkan akan ada banyak konsumen yang mendengarkan musik dari ponsel pintar ketika melakukan olahraga lari di pagi hari. Atau ada pula konsumen yang menaruh ponselnya di tas saat pergi ke kampus atau kantor. Semua aktivitas ini akan membuat ponsel terguncang, dan detail seperti ini akan diperhatikan agar ponsel tidak terganggu oleh guncangan sekecil apapun.

Tahan terhadap tekanan dan pemakaian intens

EVERCOSS memperhitungkan pula kebiasaan konsumen yang sering meletakkan ponsel di saku celana bagian samping dan belakang. Untuk menghindari ponsel bengkok, semua produk ponsel pintar EVERCOSS akan diuji ketahanannya terhadap tekanan. Ponsel akan ditekan oleh beban yang melebihi bobotnya, misalnya 5 kilogram, selama berkali-kali. Tes tersebut berbuah manis karena sejauh ini semua produk EVERCOSS tidak pernah mengalami masalah bengkok secara fisik.

Setiap lubang koneksi tak luput dari perhatian, seperti lubang Micro USB dan lubang untuk menghubungkan alat penyuara kuping (earphone). Sebuah mesin yang dirancang khusus akan menancapkan kedua lubang tersebut dengan kabel data Micro USB dan kabel earphone lalu melepasnya, menancapkan lagi dan melepasnya lagi, begitu seterusnya selama ratusan kali.

Uji ini dilakukan guna mengetahui seberapa tangguh dan awet lubang Micro USB yang akan menjadi sumber penghubung ketika ponsel diisi daya baterainya atau ketika dihubungkan ke komputer pribadi.

Setiap tombol yang ada di ponsel turut diuji. EVERCOSS memiliki mesin khusus yang tugas utamanya adalah menekan secara terus menerus tombol daya dan tombol pengatur volume sebanyak puluhan ribu kali untuk memastikan tidak ada masalah jika nanti produk sudah sampai ke tangan konsumen.

Tahan terhadap berbagai kondisi alam

Kami juga menyesuaikan fungsi ponsel pintar dan komputer tablet pada faktor cuaca. Seperti diketahui, Indonesia memiliki iklim tropis yang cuacanya cenderung panas. Oleh karena itu, EVERCOSS telah mengantisipasi dan dipastikan semua produk kami tahan terhadap cuaca panas yang ekstrem, bahkan mencapai 60 derajat Celcius.

Uji ketahanan pada faktor cuaca ini dilakukan EVERCOSS dengan cara memasukkan produk ke sebuah tabung yang di dalamnya mencapai suhu sangat panas. Tes ini juga berguna mengetahui ada tidaknya gangguan jika ponsel berada dalam kondisi panas ketika konsumen bermain game kelas berat di ponsel.

Setelah itu, produk juga diuji agar tahan terhadap debu. Caranya dengan menyemprotkan debu ke ponsel pintar atau tablet. Dari sana dapat dilihat bagaimana daya tahan ponsel terhadap debu dan angin kencang.

Terakhir, EVERCOSS membekali semua layar ponsel pintar dan tablet dengan lapisan anti gores untuk mencegah segala bentuk goresan di layar agar tidak menganggu kenyamanan bernavigasi.

Setelah semua uji ketahanan itu dilakukan, tim teknis EVERCOSS bakal meninjau segala bentuk potensi kerusakan. Kami akan melakukan perubahan desain luar jika ditemukan potensi kerusakan, bahkan tak menutup kemungkinan dilakukan perubahan pada peranti keras dan peranti lunaknya. Jika semua masalah sudah teratasi, baru lah masuk pada tahap produksi massal.

Proses panjang itu dilakukan EVERCOSS untuk memastikan bahwa semua produk yang ditawarkan ke konsumen adalah kualitas terbaik dan selalu mendapat kepercayaan.

Berikut ini cuplikan video dari laboratorium uji ketahanan produk EVERCOSS. Selamat menonton!

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=uDTtiLlJ44Y&w=560&h=315]

Share This:

2 Comments

  1. wah keren, jadi inget berita ttg uji ketahanan philips
    maju terus evercoss, semoga semakin maju ke depannya
    memang keawetan sering menjadi kendala dan keluhan user pada ponsel merk lokal, sehingga orang cenderung anti terhadap produk lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2019 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑