Tanda Baterai Smartphone Android Kamu Bocor

Sebuah ponsel pintar (smartphone) Android tanpa baterai ibarat sebuah mobil tanpa roda. Dengan kata lain, ponsel pintar akan menjadi tidak berguna karena tidak bisa dioperasikan oleh pemakai.

Sudah menjadi rahasia umum jika kekuatan baterai ponsel pintar akan menurun dari waktu ke waktu, kemudian kehilangan muatan kapasitas, dan pada akhirnya “bocor.” Kata “bocor” sudah jadi istilah umum untuk menunjukkan kondisi daya baterai yang cepat habis.

Ada tanda-tanda yang memberi petunjuk kondisi baterai sudah tidak sehat bahkan beberapa bisa dikenali dengan mata telanjang. EVERCOSS akan berbagai tipsnya kepada EVers.

baterai smartphone

Sumber gambar: Forbes

Pertama, jika baterai ponsel pintar EVers bisa dilepas, coba matikan perangkat dan cabut baterai dari rumahnya. Cek terminal logam yang biasanya berwarna emas, apakah ada korosi dan noda berwarna hijau dan putih di sana? Kalau itu semua ada berarti sel-sel dalam baterai sudah tidak bekerja optimal.

baterai smartphone

Sumber gambar: Wikimedia

Kedua, raba permukaan baterai untuk melihat gejala baterai membengkak atau gembung. Cara mudah mengukur gembung tidaknya sebuah baterai adalah dengan cara memutarnya di permukaan datar. Jika berputar, itu sudah pertanda buruk dan waktunya ganti baterai.

Jangan terlalu lama memakai baterai yang gembung pada ponsel pintar karena bahan kimia jahat yang keluar dari baterai dapat merusak sirkuit elektronik pada ponsel pintar. Segera pergi ke pusat layanan purnajual untuk membeli baterai pengganti. EVERCOSS mengingatkan agar EVers selalu pakai baterai orisinal, ya.

Baca juga: 7 Tips Merawat Baterai Smartphone Android Agar Tetap Awet

baterai smartphone

Sumber gambar: Gawker

Ketiga, ukur lama waktu baterai dalam menopang hidup ponsel pintar. EVers tentu ingat berapa jam ponsel pintar bisa bertahan ketika masa awal pemakaian dari kondisi baru. Waktu tersebut bisa dibandingkan dengan pemakaian saat ini. Jika kondisi daya dari 100 persen menuju nol persen sangat cepat habis, itu pertanda baterai bocor.

Perlu diketahui baterai ponsel pintar berbasis teknologi lithium biasanya kehilangan sekitar 20 persen dari kapasitas aslinya setelah siklus pengisian daya sudah lebih dari 500 kali.

baterai smartphone

Sumber gambar: MacroPinch

Keempat, EVers yang memakai ponsel pintar Android bisa mengetahui kesehatan baterai dengan cara memasukkan kode *#*#4636#*#* pada aplikasi panggilan telepon. Rincian informasi soal baterai akan tampil di sana. Tetapi jika itu tidak bekerja, EVers bisa unduh aplikasi gratis Battery hasil karya perusahaan pengembang MacroPinch, yang memantau status kesehatan baterai ponsel pintar lengkap dengan tegangan dan suhu.

Tak lupa EVERCOSS mau berbagi tips mengisi daya baterai agar kesehatannya awet. Pertama, selalu mengisi daya baterai dengan kabel data dan alat pengisi (charger) yang orisinal. Jika ponsel pintar Android sudah memberi notifikasi baterai lemah, biasanya pada posisi 20 persen, sebisa mungkin segera isi ulang daya baterai. Terakhir, selalu cabut alat pengisi daya jika baterai sudah berada pada posisi 100 persen.

Share This:

1 Comment

  1. Evercoss patut dipertimbangkan juga, sudah lumayan bagus untuk dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2017 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑