5 Kiat Memaksimalkan Ibadah di Bulan Ramadan dengan Smartphone

Ponsel pintar (smartphone) rasanya sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari. Sulit sekali rasanya melepaskan ponsel pintar dari genggaman tangan kita. Memasuki bulan Ramadan, banyak orang beranggapan ponsel pintar hanya dapat menghambat ibadah di bulan suci ini. Namun, apabila EVers menggunakan ponsel pintar dengan tepat, sebenarnya dapat membantu memaksimalkan ibadah yang kamu lakukan.

Beginilah cara EVERCOSS memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan dengan ponsel pintar yang juga dapat EVers lakukan.

1. Download aplikasi islami yang membantu EVers beribadah

Ramadan dengan Smartphone
Sumber gambar: Wikimedia

Banyak sekali aplikasi yang dapat EVers unduh di toko aplikasi Android. Mulai dari game hingga aplikasi penunjang produktivitas lengkap tersedia di sana. Tidak terkecuali aplikasi islami yang dapat memudahkan EVers dalam menjalankan ibadah puasa, dan ibadah-ibadah lainnya.

Di toko aplikasi Google Play, EVers dapat menemukan aplikasi yang berfungsi sebagai pengingat waktu salat, lengkap dengan informasi waktu imsak dan penunjuk arah kiblat, yaitu aplikasi Muslim Pro. Selain itu, EVers juga dapat membaca ayat-ayat Alquran di mana saja dengan aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia.

2. Mendengarkan lagu-lagu bernuansa islami lewat pemutar musik smartphone

Ramadan dengan Smartphone
Sumber gambar: Wikimedia

Selama bulan Ramadan, tidak ada salahnya untuk mengganti daftar lagu yang biasa EVers dengarkan di ponsel pintar dengan lagu-lagu bernuansa islami. Lagu-lagu islami memang kental dengan alunan nadanya yang menyejukkan hati. Tidak hanya itu, dengan mendengarkan lagu-lagu islami ini, EVers akan senantiasa ingat dengan Sang Pencipta dan insya Allah dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kamu.

EVers dapat mencoba mendengarkan lagu-lagu islami musisi Indonesia seperti Opick, Snada, Bimbo, dan tidak terbatas juga grup musik yang meluncurkan album religi seperti Ungu, Gigi, dan Wali. Bagi EVers yang ingin mencicipi alunan nada hasil garapan musisi kelas internasional, Maher Zain, Irfan Makki, dan Sami Yusuf dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

3. Follow dan like akun-akun media sosial para ulama di Indonesia

Ramadan dengan Smartphone

Penggunaan media sosial yang benar selama bulan Ramadan pun dapat berbuah menjadi amalan ibadah. EVers dapat mengikuti akun Twitter para ulama terkenal di Indonesia seperti @Yusuf_Mansur, @aagym, dan @felixsiauw untuk mendapatkan informasi tentang syariat islam dan kalimat motivasi yang berlandaskan Alquran dan hadis.

Tidak hanya Twitter, EVers juga dapat memanfaatkan media sosial Facebook dengan menyukai halaman resmi para ulama. K. H. Muhammad Arifin Ilham, KH. Abdullah Gymnastiar, dan Ustadz Felix Siauw aktif memberikan tausiah melalui halam Facebook mereka.

4. Menonton video-video ceramah ulama terkemuka melalui YouTube

Ramadan dengan Smartphone
Sumber gambar: Flickr

Di sela-sela waktu senggang, EVers dapat menonton video-video ceramah para ulama terkemuka Indonesia melalui aplikasi YouTube di ponsel pintar kamu. EVers dapat menemukan banyak sekali video-video ceramah dari ulama favorit kamu di sini.

Apabila EVers ingin menonton ceramah yang jenaka, mulailah pencarian dengan kata kunci ‘Ustad Maulana’ di aplikasi YouTube untuk menonton video-video ceramah dari Ustad M. Nur Maulana yang terkenal dengan perkataan ‘Jama’aaah? Alhamdulillah…’

Bagi EVers yang belum mengunduh aplikasi YouTube di ponsel pintarnya, kamu dapat melakukannya di sini.

5. Meninggalkan smartphone sejenak di saat beribadah malam hari

Ramadan dengan Smartphone
Sumber gambar: Flickr

Tidak menggunakan ponsel pintar ketika sedang beribadah di malam hari (tarawih dan witir) adalah salah satu cara memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan dengan (tidak menggunakan) ponsel pintar. Tinggalkanlah ponsel pintar EVers sejenak di rumah selagi kamu sedang melakukan sholat tarawih dan witir berjamaah di masjid atau musala. EVers dapat meninggalkan ponsel pintar kamu di rumah dalam kondisi mati untuk menghemat daya baterai ponsel pintar kamu sekaligus membuat baterai ponsel pintar kamu lebih awet.


Semoga dengan lima cara di atas, EVers dapat benar-benar memaksimalkan ibadah puasa dan amalan lainnya di bulan Ramadan ini. Apabila EVers memiliki kiat lain yang belum disebutkan di atas, kamu dapat menyampaikannya lewat kolom komentar di bawah ini. Selamat berpuasa!

Share This:

1 Comment

  1. Bagus artikelnya, Bagi bapak / ibu yang sedang mencari Les Privat di Pamulang dan Les Privat di Bintaro SD, SMP, SMA bisa hubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2017 Evercoss Blog

Theme by Anders NorenUp ↑