EVERCOSS telah lama masuk dalam daftar perusahaan lokal yang menjual ponsel pintar (smartphone) terbanyak di Indonesia, yang menandakan perusahaan ini mampu bersaing dengan rival dari luar negeri. Keberhasilan tersebut didasarkan pada strategi yang tepat dalam merancang, memproduksi, memasarkan, dan menjual produk-produknya.

Merek lokal yang sudah go international ini menurut data lembaga riset IDC berhasil mengapalkan 1.874.709 unit ponsel pintar di Indonesia pada tahun 2014. Menurut lembaga riset lainnya yakni Counterpoint, EVERCOSS dinobatkan sebagai produsen ponsel lokal terbesar di Indonesia. EVERCOSS juga memiliki lini produk komputer tablet dan ponsel fitur.

Ponsel pintar menjadi salah satu bisnis yang amat penting, tidak hanya bagi EVERCOSS tetapi bagi kebanyakan perusahaan teknologi besar, karena sejauh ini ponsel pintar dianggap sebagai perangkat yang sifatnya sangat personal dan permintaannya terus meningkat dari tahun ke tahun, bahkan jumlahnya telah menyalip permintaan komputer pribadi.

Produk berkualitas dan harga terjangkau

strategi evercoss

Komitmen utama EVERCOSS adalah menyediakan produk berkualitas dengan harga yang tetap terjangkau agar bisa dikonsumsi semua masyarakat Indonesia. Produk berkualitas akan memberi kepuasan kepada pelanggan dan meminimalkan risiko perangkat rusak.

Sejauh ini EVERCOSS sukses menjaring segmen pasar mid to low-end. Salah satu perangkat yang laris manis di pasaran adalah ponsel pintar Android One, EVERCOSS One X, yang berhasil terjual 30 ribu unit dalam waktu tiga bulan sejak diluncurkan pada awal Februari 2015.

Di bulan ini, EVERCOSS akan kembali meluncurkan ponsel pintar Android dengan kualitas mumpuni namun dengan harga yang sangat terjangkau bernama Winner T. Dengan harga di bawah Rp 800 ribuan, masyarakat Indonesia sudah bisa mencicipi performa ponsel pintar 4 inci dengan prosesor quad core (empat otak), RAM 1 GB, kamera mumpuni 5MP (belakang) dan 2MP (depan), dukungan dual-SIM card, dan slot memori eksternal hingga 32 GB.

Di tahun ini pula EVERCOSS merilis ponsel pintar berteknologi 4G Long Term Evolution (LTE) untuk mendukung aktivitas mengakses internet berkecepatan tinggi.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Wajib Memiliki Smartphone Android!

Nilai tambah bagi pengguna

strategi evercoss

EVERCOSS terus berupaya memberi nilai tambah kepada konsumen. Mereka telah bermitra dengan perusahaan Opera Software asal Norwegia dalam menyediakan aplikasi peramban (browser) Opera Max. Aplikasi ini melakukan kompresi data di internet ketika mengakses konten teks, gambar, dan video, yang pada akhirnya menguntungkan konsumen karena bisa mengirit kuota internet di ponsel pintar.

Sejauh ini Opera Max hanya tersedia di ponsel pintar EVERCOSS dan belum tersedia di toko aplikasi Google Play Store.

Meski telah ada Google Play Store, EVERCOSS menawarkan alternatif dalam menyediakan aplikasi Android di toko aplikasi Everstore yang menjalin kemitraan bersama perusahaan Baidu asal Tiongkok. Everstore tidak dirancang untuk menyaingi Google Play Store, namun lebih sebagai pelengkap. Di Everstore, aplikasi berbayar dapat dibeli dengan metode potong pulsa dari berbagai operator seluler.

Toko aplikasi ini tentu ditujukan kepada para konsumen EVERCOSS dan terbuka bagi para pengembang aplikasi yang ingin menjual aplikasinya di sini.

Pembangunan pabrik ponsel

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=uDTtiLlJ44Y&w=560&h=315]

Salah satu strategi EVERCOSS mempertahankan eksistensi pasar adalah keberadaan pabrik perakitan di Semarang, Jawa Tengah. Dengan kemampuan produksi yang ditargetkan mencapai 1 juta unit per bulan, EVERCOSS bisa secara leluasa mengendalikan waktu produksi dan distribusi untuk memenuhi kebutuhan pasar. EVERCOSS pun memiliki laboratorium pengujian ponsel bertaraf internasional untuk dapat memastikan kualitas ponsel yang tinggi.

Pembangunan pabrik juga telah lama menjadi strategi EVERCOSS dalam menyambut regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang mewajibkan sebuah ponsel pintar berteknologi 4G LTE memakai komponen lokal sebesar 30 persen pada setiap unit perangkat. Sekarang, regulasi itu sedang disiapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian, dan rencananya berlaku efektif pada awal tahun 2017.

Pemasaran dan edukasi

strategi evercoss

Sumber gambar: Flickr

Ibarat pepatah sambil menyelam minum air, EVERCOSS berupaya melakukan kegiatan pemasaran sambil mengedukasi konsumen. Upaya pemasaran yang dilakukan tidak sekadar membuat merek EVERCOSS semakin dikenal, tetapi juga mengedukasi agar semakin banyak konsumen yang beralih dari ponsel fitur ke ponsel pintar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.

Ponsel pintar dan internet saat ini tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk berdagang, belajar, menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, hingga melakukan transaksi keuangan.

EVERCOSS baru-baru ini mendorong ekosistem teknologi realitas virtual (virtual reality) bersama IndoCardboard yang membuat kacamata virtual reality dari kardus atau populer disebut Cardboard. Ponsel pintar EVERCOSS One X yang dibekali Sensor Gyroscope dapat memproyeksikan konten virtual reality jika disisipkan ke kacamata Carboard.

Tujuan besar edukasi ini adalah memberi tahu konsumen bahwa ponsel pintar Android One kini dapat dimanfaatkan untuk menikmati konten virtual reality bersama Cardboard, karena sebelumnya konten semacam itu hanya bisa dinikmati jika Cardboard dipasangkan dengan ponsel pintar seri Nexus milik Google yang lebih mahal.

Baca juga: Menikmati Konten Virtual Reality dengan EVERCOSS One X dan Cardboard

Memperluas layanan purnajual

strategi evercoss

Sumber gambar: IFixit

Mendekati konsumen merupakan suatu kewajiban EVERCOSS dan hal itu dilakukan dengan cara memperluas jaringan layanan purnajual. Sampai awal tahun 2015 ini EVERCOSS memiliki sebanyak 90 pusat layanan purna jual di seluruh Indonesia dan jumlahnya akan terus bertambah.

Tim teknisi yang berpengalaman siap memberi solusi atas masalah peranti lunak ponsel pintar sampai memperbaiki jika ada peranti keras yang rusak. Untuk mengetahui lokasi dan alamat pasti layanan purnajual EVERCOSS, konsumen dapat mengeceknya di situs web resmi kami.

Share This: